KMG Non Bank? Seperti Apa Tuh?

Kredit dengan agunan merupakan jawaban bagi Anda yang membutuhkan bantuan dana tapi berulang kali ditolak KTA. Nah, apa aja sih pilihan KMG yang ada?

Kebutuhan hidup kian meningkat. Harga elpiji yang dahulu Rp 129.000, kini bisa mencapai Rp 139.000.  Apalagi sekitar dua atau tiga bulan ke depan sudah waktunya untuk mendaftarkan anak sekolah. Hal ini semakin menambah daftar pembiayaan Anda .

Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisa memenuhi seluruh kebutuhan pembiayaan tersebut? Bagi Anda yang berkecukupan tentulah hal ini bukan perkara yang besar. 

Namun, jika dana yang Anda miliki untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut terbatas, Anda bisa mencoba mengajukan KMG untuk mendapatkan sokongan dana.

Apa Itu KMG?

Sebelum Anda mengajukan KMG, ada baiknya Anda memahami istilah ini terlebih dahulu. KMG merupakan singkatan dari Kredit Multi Guna, ini juga dikenal dengan sebutan Kredit dengan Agunan (KDA). 

Jenis ini termasuk ke dalam kredit yang membutuhkan agunan sebagai jaminan. Agunan yang digunakan bisa bermacam-macam, seperti rumah, mobil, motor, emas, kapal atau pesawat, mesin pabrik, corporate atau personal guarantee, biji kopi, dan juga hewan ternak.

Namun, umumnya dijadikan sebagai agunan hanya berupa rumah, mobil dan juga motor. Mengapa? Ini dikarenakan hampir semua masyarakat memiliki ketiga jenis benda tersebut. Dengan begitu, semua orang memiliki kemungkinan untuk mengajukan KMG.

Kemana Mengajukannya?

Jika Anda tertarik untuk mengajukan Kredit Multiguna, Anda bisa mengunjungi beberapa bank penyedia program KMG dan penyedia KMG lain yang tidak berasal dari bank. Bank yang memberikan penawaran Kredit Multiguna, diantaranya seperti BTN, Bank Danamon, Bank Mega, dan Bank DKI

Sedangkan yang dimaksud dengan penyedia KMG non bank merupakan sebuah lembaga keuangan resmi yang bukan berbasis bank, seperti SMS Finance, BFI Multiguna, dan Kresna Reksa Finance.

Selanjutnya Anda dapat memilih KMG yang berasal dari bank atau non bank. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, tergantung dari kepentingan Anda ketika hendak melakukan peminjaman.

Pembahasan mengenai produk KMG dari bank pasti sudah cukup banyak dan jelas. Lantas bagaimana dengan penjelasan mengenai produk KMG yang berasal dari lembaga non bank? Untuk memahami hal tersebut, mari kita simak ulasan berikut ini.

KMG Non Bank

Kredit Multiguna non bank merupakan produk multifinance yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan non bank. Akan tetapi, persyaratan yang harus dimiliki untuk mengikuti multiguna ini juga sama seperti produk multiguna yang dikeluarkan oleh bank. 

Fungsi dari KMG non bank ini pun sama seperti KMG pada bank umumnya, yaitu bisa digunakan untuk biaya pendidikan, modal menikah, dan juga renovasi rumah. Sayangnya, banyak orang yang beranggapan lembaga ini bukanlah lembaga yang resmi dan terpercaya. 

Ya, hal ini dikarenakan ada beberapa penyelenggara KMG non bank ‘nakal’ yang telah merugikan konsumen. Namun, tidak semua penyedia produk multiguna non bank ini bersifat nakal dan tidak resmi. 

Berikut ini merupakan daftar-daftar penyedia KMG non bank yang bisa Anda jadikan acuan:

Kresna Reksa Finance KMG

Kresna Reksa Finance KMG merupakan sebuah produk multiguna yang dikeluarkan oleh PT. Kresna Reksa Finance.  Penyedia KMG yang satu ini telah memiliki beberapa cabang di kota-kota besar Indonesia.

Berbeda dengan penyedia produk multiguna lainnya, Kresna Reksa Finance menerima agunan berupa BPKB motor dan mobil meskipun itu tergolong kendaraan tua. 

Tak hanya itu, Kresna Reksa Finance KMG juga sanggup memberikan bantuan dana bagi Anda hingga Rp 30 juta.

BFI Multiguna

Penyedia jasa KMG yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1982 dan memiliki ratusan outlet di Indonesia. BFI Multiguna ini dinaungi oleh BFI Finance yang telah terdaftar sebagai perusahaan pembiayaan pertama di Indonesia sejak tahun 1990.

KMG BFI ini juga menerima agunan berupa mobil dan motor. Proses pencairannya pun terbilang cepat dan bunga yang ditawarkan cukup rendah. Selain itu, BFI Multiguna sanggup mendanai hingga Rp 150 juta.

SMS Finance SOBAT

SMS Finance SOBAT memberikan jumlah pinjaman yang terbilang cukup besar, yaitu mulai dari Rp 20 juta hingga 70% dari nilai kendaraan yang dijaminkan. 

Sayangnya, SMS Finance tidak menerima agunan berupa kendaraan roda dua, sehingga tidak cocok untuk kalangan menengah kebawah.

Terlepas dari semua itu, Kredit Dengan Agunan dibuat untuk membantu Anda yang sedang membutuhkan dana mendesak. Jasa ini bisa Anda nikmati baik itu pada penyedia KMG yang berasal dari bank maupun non bank. 

Keduanya sama-sama memiliki keunggulan, sesuai dengan tingkat kebutuhan Anda. Namun, Anda tetap harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai tempat penyedia KMG yang hendak Anda ajukan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama