Inilah Jumlah Pinjaman Dana dengan Agunan Mobil

Kira-kira berapa jumlah pinjaman dana maksimal yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga multifinance jika menggunakan agunan mobil? Simak artikelnya

Kredit Multiguna Mobil

Agunan atau jaminan adalah syarat utama dalam pengajuan Kredit Multiguna. Agunan harus mempunyai nilai yang setara dengan jumlam pinjaman. Ada beberapa jenis aset yang dapat diagunkan mulai dari property, kapal, mesin, deposito sampai mobil.

Di Indonesia, kendaraan roda empat ini sangat umum dijadikan agunan kredit. Anda bisa menjaminkan aset ini hanya dengan memberikan BPKB asli kendaraan kepada kreditur.

Berapa Maksimal Pinjaman yang Didapat?

Pinjaman Tunai Cepat Cair

Jenis aset seperti mobil biasanya, plafon yang diberikan tidak tinggi. Plafon tertinggi yang diberikan oleh bank hanya mencapai Rp100 juta. Berbeda dengan jenis aset seperti properti yang bisa mencapai Rp2 miliar.. 

Tetapi ada beberapa lembaga keuangan yang menawarkan kredit multiguna lebih besar sampai dengan Rp500 juta, contohnya Radana Finance dapat mencairkan jumlah dana sebesar 75% dari harga barang yang diagunkan. 

Jadi, dana yang dicairkan ditentukan dari jenis agunan Anda semakin bagus jaminannya, maka semakin besar pula nilai penjaminannya. Jika melihat jenis mobilnya besarnya dana yang dicairkan pun berbeda-beda.

Jumlah pinjaman untuk mobil buatan Jepang sampai dengan 75% dari harga seken sedangkan jumlah pinjaman untuk mobil buatan Eropa sampai dengan 65% dari harga seken. 

Hal tersebut dikarenakan mobil bukanlah barang investasi dan nilainya akan terus turun dari tahun ke tahun. Untuk Tenor maksimal yang diberikan adalah selama 5 tahun tidak bisa lebih.

Syarat dan Ketentuan

Syarat pengajuan Kredit Multiguna

Anda perlu ketahui tidak semua jenis mobil dapat dijadikan agunan. Pasalnya mobil harus memiliki syarat-sayarat tertentu. Mobil yang diagunkan harus bernilai di atas Rp100 juta.

Batas usia kendaraan pun menjadi syarat penentuan kredit biasanya bank menawarkan maksimal usia kendaraan berumur 10 tahun, sedangkan lembaga Multifinance usia mobil maksimal berumur 12 tahun setelah usia kredit.

Kondisi mobil pun harus dalam keadaan prima. Hal ini bisa diketahui saat analis kredit datang memeriksa kondisi kendaraan Anda. Jika tidak memenuhi kriteria di atas, maka pihak bank selaku kreditur akan menolaknya. Untuk persyaratannya, kreditur sering meminta jaminan BPKB asli.

Itu sebabnya, sangat penting untuk menjaga kondisi mobil terus dalam kondisi terbaik. Beberapa bank dan lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman KDA ini adalah Bank Dinar, Radana, SMS Finance, dan lain sebagainya.

Pada umumnya dokumen yang disyaratkan oleh bank bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman dengan jaminan adalah :

  1. Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga
  2. Akta nikah/cerai/kematian/perjanjian pranikah
  3. Nomor pokok wajib pajak/surat pemberitahuan pajak
  4. Rekening 3 bulan terakhir
  5. Slip gaji karyawan/surat keterangan penghasilan
  6. Dokumen jaminan (BPKB/STNK, SHM/SHGB, IMB, AJB, PBB terakhir)

Jenis Mobil yang Dapat Diagunkan

Kredit Multiguna Mobil

Jenis mobil apa saja yang bisa diagunkan? biasanya bank memiliki Kriteria tersendiri. Kriteria tersebut mulai dari tahun, kondisi kendaraan, jenis dan merek kendaraan.

Mobil Sedan produksi Jepang dengan meerk apa saja minimal keluaran tahun 1998 ke atas, sedangkan mobil Sedan produksi Eropa minimal keluaran tahun 2000 ke atas.

Selain mobil Sedan Anda juga bisa mengunkan jenis mobil Pick Up, untuk produksi Jepang minimal keluaran tahun 2002 keatas. Selain mobil Pick Up jenis mobil Truk juga bisa menjadi agunan, mobil truk produksi Jepak seperrti Isuzu, Mitsubishi atau Hyno minimal keluaran tahun 2002 ke atas.

Biasanya bank memiliki kriteria tersendiri terhadap jenis mobil yang diagunkan, contohnya hanya mobil jepang saja seperti Toyota atau mobil keluaran amerika seperti Ford. Jadi sebelum mengajukan Kredit Multiguna sebaiknya pelajari dulu syarat dan ketentuan kredit dari masing-masing kreditur.

Nah, Sekarang cek jenis mobil Anda, kondisi dan tahun keluaraan mobil, apakah sudah memenuhi semua persyaratannya? Jika sudah Anda bisa mengajukan Kredit Multiguna.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Indra Setiawan

    Menarik dan sangat menbantu..thanks..Have a nice day

    Reply