Dana untuk Berobat, Pilih KTA atau Kredit Multiguna?

Bingung ingin mengajukan KTA atau kredit multiguna untuk membiayai pengobatan? Artikel ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Seseorang yang tidak memiliki asuransi kesehatan dan kemampuan finansial yang bagus bisa mendapat pinjaman dana cepat untuk biaya pengobatan. Dua contohnya adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan kredit multiguna. Namun bagaimana jika dana cepat yang Anda pinjam untuk berobat berujung pada petaka?

Bagi yang telah memiliki asuransi kesehatan, perlu Anda ketahui kalau pihak asuransi tidak memberikan 100% perlindungan kesehatan. Beberapa contoh biaya pengobatan yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi adalah kecanduan narkoba atau alkohol, percobaan bunuh diri, dan operasi plastik untuk kecantikan.

Lalu, mana yang harus Anda pilih untuk membiayai pengobatan? Dana cepat seperti KTA atau kredit multiguna? Berikut adalah perbandingannya:

KTA Sebagai Dana Cepat untuk Berobat

Jika Anda berhadapan dengan kondisi kritis dan tidak dapat menunda pengobatan, Anda bisa mendapat dana cepat dengan mengajukan KTA. Pinjaman dana KTA dapat cair dalam beberapa hari sehingga waktu yang terbuang tidak banyak.

Sayangnya, dana cepat ini tidak terikat jaminan sehingga bunga pinjamannya tinggi. Selain itu, jangka waktu pelunasan utang juga sangat pendek, sekitar 1-2 tahun. Karena itu, KTA sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan dana cepat dengan jumlah yang tidak terlalu besar serta sanggup membayar kembali dalam waktu singkat.

Jika biaya pengobatan Anda tidak sampai milyaran rupiah dan penghasilan bulanan Anda tinggi, KTA adalah pilihan yang tepat. Beberapa pilihan KTA yang bisa Anda ajukan secara online adalah CTBC Bank KTA Dana Cinta, Standard Chartered Bank KTA, Bank DBS Dana Bantuan Sahabat dan KTA KEB Hana Bank.

Kelebihan KTAKekurangan KTA
Syarat mudahBunga tinggi
Pencairan dana cepatPlafon pinjaman tidak terlalu besar
Tidak membutuhkan jaminanMelihat profesi dan besar gaji
Tersedia hampir di semua bankJangka waktu pembayaran pendek
Harus memiliki kartu kredit (untuk sebagian bank)

Kredit Multiguna Sebagai Dana Berobat

Untuk Anda yang tidak dikejar waktu dan membutuhkan dana pengobatan yang sangat besar, bisa memilih kredit multiguna. Syarat untuk mengajukan kredit multiguna adalah memberikan aset sebagai jaminan, meskipun begitu resiko ini dimaklumkan karena pinjaman yang Anda dapat bisa mencapai milyaran rupiah. Selain itu, jangka waktu pembayaran pun panjang, hingga puluhan tahun.

Pencairan dana kredit multiguna cenderung lebih lama daripada KTA. Misalnya Bank Mega Guna dengan pencairan dana 7 hari dan Standard Chartered Bank Kredit Multiguna dengan pencairan dana 14 hari.

Namun, sekarang Anda juga bisa mendapat dana cepat dari kredit multiguna! Contohnya, Bank DBS Pinjaman dengan Jaminan dengan pencairan dana 3 hari dan Bank OCBS-NISP Kredit Multiguna dengan pencairan dana 5 hari.

Kelebihan Kredit MultigunaKekurangan Kredit Multiguna
Bunga rendahHarus memiliki jaminan
Plafon pinjaman besarResiko aset disita jika gagal membayar
Fungsi pinjaman beragamProses pengajuan cenderung lama
Jangka waktu pembayaran panjangNilai pinjaman yang diberikan mungkin tidak sesuai dengan nilai jaminan

Antara KTA dan kredit multiguna, sekarang Anda bisa membandingkan mana yang cocok untuk Anda. Pikirkan baik-baik jenis pinjaman yang Anda pilih agar tidak terjerat utang. Untuk Anda yang sehat dan belum punya asuransi, segera bandingkan asuransi kesehatan mana yang cocok untuk Anda. Lebih baik berjaga-jaga daripada harus berutang, bukan? 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama