Cari Kredit Beragunan Mobil, Ke Mana Baiknya?

Ke manakah mencari Kredit Multiguna beragunan mobil? Ke dealer/multifinance abal-abal, bank/perusahaan pendanaan resmi, atau situs pembanding kredit?

Kredit Multiguna bisa menjadi jawaban tepat kalau Anda sedang membutuhkan dana segar. Namun, jenis pinjaman ini membutuhkan aset berharga untuk dijadikan jaminan bank sebelum memberikan uang. Di Indonesia sendiri, ada banyak barang yang sering diagunkan, salah satunya adalah mobil.

Maklum, nilai produk tersebut cukup besar sehingga bisa meyakinkan lembaga keuangan kalau si calon debitur pernah memiliki dana cukup untuk membelinya, meski sekarang mereka sedang membutuhkan dana.

Mengapa mesti mobil?

Meski mobil merupakan barang konsumsi yang nilainya terus turun. Tapi aset ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi bila masih dalam kondisi baik dan baru. Selain itu, dia juga memenuhi kriteria yang rata-rata kreditur inginkan sebelum menerima sebuah jaminan:

  • Mempunyai nilai ekonomis, yaitu aset dapat dinilai dengan uang dan dapat dijadikan uang.
  • Marketable, yaitu kepemilikan barang dapat dipindahtangankan dari pemilik semula kepada pihak lain.
  • Mempunyai nilai yuridis, artinya dapat diikat secara sempurna berdasarkan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga kreditur memiliki hak yang didahulukan terhadap hasil likuidasi aset tersebut.

Namun, dari semua kriteria yang disebutkan, ada satu alasan lain mengapa banyak perusahaan pendanaan menginginkan mobil sebagai jaminan pinjaman. Yaitu mudah untuk dihargai. Ya, berbeda dengan rumah, seorang analis kredit biasanya sudah bisa menerka banderol kendaraan roda empat ini hanya dengan menyebutkan merek, tipe, dan tahun edar yang disebutkan calon debitur.

Kalaupun masih harus melakukan survei, biasanya angka yang disetujui tidak akan jauh berbeda dari prediksi awal dia. Biasanya, plafon tertinggi yang diberikan bank untuk agunan mobil adalah Rp 100 juta dengan tenor maksimal 5 tahun, jarang ada yang melebihi angka tersebut.

Ke Mana Saya Harus Mengagunkan Mobil?

Dalam hal ini, KreditGoGo ingin membandingkan tiga buah tempat Anda bisa mendapat Kredit Multiguna dengan agunan mobil. Yaitu adalah dealer/multifinance abal-abal, bank/multifinance resmi, dan situs pembanding pinjaman. Seluruhnya memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing yang mesti diperhatikan.

1. Dealer/Multifinance Abal-Abal

Pernah lihat iklan pinjaman cepat yang suka ditempel di tiang listrik atau tembok pinggir jalan? Ya, itu adalah promosi yang dilakukan oleh mereka. Namun, namanya juga abal-abal, jangan pernah berharap mendapat kemudahan bila meminjam uang dari tempat kredit seperti ini.

Mengapa begitu? Sekarang maukah Anda meminjam uang dengan kondisi yang tidak jelas peraturannyadan tidak memiliki izin dari pemerintah? Pasti tidak bukan. Karena itu, jadikan tempat ini sebagai pilihan terakhir ketika ingin memperoleh kredit.

Namun, ada satu keunggulan dari tempat ini, yaitu pencairan dana yang sangat cepat. Tidak sampai satu jam, uang pinjaman sudah bisa cair. Sebagai saran, bila ingin mencari kreditan dari dealer multifinance abal-abal ini, jangan dalam jumlah besar (di bawah Rp 5 juta). Agar tidak menyulitkan ketika suatu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Bank/Multifinance Resmi

Ini adalah kebalikan dari dealer multifinance abal-abal. Biasanya orang-orang selalu mencari Kredit Multiguna dari tempat-tempat ini. Selain jelas peraturannya dan sudah berizin resmi dari pemerintah, keamanan dari aset Anda juga lebih terjamin karena langsung dijaga oleh perusahaan.

Untuk informasi, bila menyerahkan BPKB kendaraan ke dealer multifinance abal-abal. Ada kemungkinan dokumen tersebut akan dijaminkan lagi kepada pihak ketiga agar mereka bisa mendapat dana untuk dipinjamkan lagi. Hal inilah yang membuat sering terjadi tindak kejahatan di tempat pendanaan tersebut.

Dengan meminjam dana dari kreditur resmi, tentu Anda akan merasa lebih aman dan nyaman. Belum lagi nilai plafon yang didapat bisa cukup tinggi sesuai dengan kebutuhan sekitar Rp 100 juta dengan jangka waktu pelunasan maksimal 5 tahun.

Ada satu kekurangan dari meminjam dana KMG di bank atau perusahaan resmi. Terkadang, mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproses aplikasi kredit Anda, yaitu hingga 2 minggu. Meskipun ada beberapa yang hanya sekitar 2-3 hari, namun hal ini bisa menyulitkan debitur yang membutuhkannya sebagai dana darurat.

3. Situs Pembanding Kredit

Nah, ini dia tempat mencari pinjaman beragunan yang paling direkomendasikan oleh KreditGoGo. Bila bicara fungsi, pada dasarnya situs perbandingan hanyalah sebagai perantara antara calon nasabah yang sedang mencari kredit dengan pihak bank. Namun, keistimewaannya adalah Anda bisa membandingkan produk KMG dari berbagai lembaga keuangan, mulai dari bunga yang rendah, proses pencairan cepat, sampai yang tidak memiliki penalti kalau melakukan pelunasan awal.

Lalu Anda tinggal memilih yang terbaik di antara mereka, dan terakhir ajukan aplikasi secara online. Setelah itu, pihak pengelola situs akan melanjutkan formulir pendaftaran tersebut kepada pihak lembaga keuangan. Dengan begitu, kita jadi tidak perlu repot-repot berkeliling bank atau perusahaan finance untuk mencari brosur dan bertanya pada pihak marketing mengenai produk KMG yang mau digunakan.

Namun kekurangan dari layanan ini adalah belum banyak dikenal dan merupakan bisnis yang relatif baru, apalagi di Indonesia. Karena itu kepercayaan masyarakat terhadap mereka masih sangat kurang. Padahal, kalau ditelaah lagi, keberadaan situs pembanding tak ubahnya toko online yang menjual berbagai produk di dalamnya.

Mana yang Harus Saya Pilih?

Kalau muncul pertanyaan tersebut, maka jawaban yang paling pas adalah Bank/Multifinance Resmi dan situs pembanding. Jangan jadikan perusahaan abal-abal sebagai tempat utama mencari Kredit Multiguna. Daripada meminjam di sana, lebih baik Anda berutang pada kerabat terdekat. Meski terkadang muncul perasaan malu atau tidak enak pada mereka.

Namun, bila mencari Kredit Multiguna yang aman dan tidak mau repot ke bank, maka jawaban yang terbaik adalah lewat situs pinjaman. Karena itu, buka situs KreditGoGo.com, bandingkan, dan ajukan aplikasinya secara online sekarang juga.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Rohmat

    Ngejaminin bpkb ke multifinance abal-abal emang sering jadi pilihan utama bagi masyarakat yang lagi butuh duit. Padahal duitnya ga seberapa, keamanan diragukan, kreditnya juga paling dibawa 10 juta.

    Reply