5 Hal yang Harus di Waspadai Ketika Mengadaikan BPKB

Tren pinjaman cepat dengan menggadaikan BPKB dalam masyarakat saat ini semakin populer. Namun Anda harsus berhati-hati, perhatikan hal-hal berikut ini.

 menggadaikan BPKB

Meminjam uang dengan menggadaikan BPKB bisa menjadi solusi cepat mendapatkan dana instan tanpa proses berbelit-belit. Apalagi saat ini marak sekali jasa pinjaman yang menawarkan fasilitas pinjaman dengan mengadaikan BPKB kendaraan.

Kemudahan yang diberikan oleh jasa pinjaman dengan jaminan BPKB bisa jadi mampu menjerat Anda pada hal yang merugikan di masa mendatang. Keputusan terburu-buru, tergiur atas bunga rendah atau bahkan tingginya nilai pencairan, menjadikan Anda terlena.

Akibatnya Anda terlilit utang ataupun risiko kejahatan dapat terjadi dikemudian hari. Kesalahan fatal ini sebenarnya dapat dihindari jika Anda cermat memilih layanan. Berikut ini adalah hal yang cukup penting untuk diwaspadai sebelum mengadaikan BPKB Anda.

1. Jeli dalam Memilih Tempat Gadai

 Memilih Tempat Gadai

Hal pertama yang perlu Anda waspadai adalah perusahaan pembiayaan yang akan memberikan pinjaman harus terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK). Jeli lah dalam memilih lembaga pembiayaan, ketahui identitas kreditur seperti nama, lokasi kantor, nomor telepon, badan hukum yang menaungi, dan izinnya.

Zaman sekarang banyak sekali lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas pinjaman dengan berbagai penawaran menarik. Sebelum Anda tertarik periksa kembali stastus perusahaan tersebut.

Perusahaan finance yang resmi biasanya akan selalu tunduk dan mengikuti aturan yang diberikan Menteri Keuangan melalui Surat Keputusannya (SK). Hal ini untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan proses bisnis terkait usaha jasa pembiayaan.

2. Hati-Hati dengan Pencairan yang Tinggi

Pencairan yang tinggi belum tentu menguntungkan Anda, justru Anda harus waspada. Jangan terpaku pada iklan penawaran pencairan dana yang tinggi, hal tersebut tidak berlaku mutlak untuk setiap pengajuan pinjaman.

Biasanya pencairan dana tunai yang tinggi dapat terjadi pada tenor tertentu, merek kendaraan, atau kondisi fisik kendaraan yang baik. 

Jadi, bukan berlaku mutlak pada setiap permohonan pinjaman gadai BPKB yang masuk. Nilai harga jual kembali sebuah kendaraan berperan menentukan besarnya nilai pencairan uang yang dipinjam.

Baca juga: Inilah Jumlah Pinjaman Dana dengan Agunan Mobil

3. Jangan Tergiur Penawaran Bunga Rendah Cepat Cair

Bunga Rendah Cepat Cair

Penawaran bunga rendah tentunya akan membuat calon debitur tertarik, namun hal ini perlu Anda waspadai. Hati-hati dengan penarawan bunga yang rendah, bisa jadi ini adalah promo sementara dan setelah masa promosi berakhir bunga menjadi lebih tinggi.

Selain itu perhatikan juga jangka waktu pencairan. Pinjaman yang pencairannya cepat  hanya1 jam cair, perlu Anda waspadai. 

Secara logika ini adalah proses kredit instan yang sulit dilakukan mengingat proses mengumpulkan berkas, survey domisili dan usaha, apraisal jaminan dan analisa kelayakan tentu tidak bisa selesai dalam waktu 1-3 jam.

4. Jangan Menyerahkan BPKB Saat Survei

Jangan coba-coba untuk menyerahkan jaminan BPKB saat survei sebelum Anda memastikan pengajuan pinjaman disetujui atau ditolak. Jika BPKB yang digadaikan diserahkan sebelum ada keputusan resmi bahwa kredit Anda disetujui, maka berpotensi kehilangan surat resmi kendaraan Anda mungkin terjadi.

Kesalahan ini menjadi sangat fatal jika ternyata pihak leasing pegadaian memiliki aturan yang jelas mengenai penyerahan jaminan. Mereka tidak dapat disalahkan, terlebih jika penyerahan jaminan BPKB tidak menggunakan tanda terima resmi.

5. Menggadaikan Fisik Mobil Bukan BPKB

Dalam hal ini Anda juga perlu berhati-hati, memang ada banyak orang yang menggadaikan fisik mobil dibandingkan BPKB. Layanan ini sah saja dilakukan namun perhatikan kembali kredibilitas lembaga pembiayaan tersebut.

Akankah mobil Anda dirawat dan disimpan dengan baik. Tetapi cobalah pikir kembali, jika mobil Anda disimpan di gudang mereka, apakah ada jaminan bahwa kondisinya akan tetap sama di akhir periode? Jadi pahami tempat dan kredibilitas mereka terlebih dahulu.

Gadai BPKB kendaraan memang memberikan solusi cepat dalam mendapatkan dana darurat. Namun Anda harus pintar dalam memilih tempat dan memahami transaksi bisnis yang terjadi. Jika tidak maka potensi terjadi masalah di tengah jalan saat kredit sudah berlangsung bisa terjadi pada Anda.

Baca juga: Alasan Mengapa BPKB Motor Lebih Sering Digadaikan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Wahyudin

    Setuju

    Reply