3 Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Barang-barang apa saja sih yang bisa digadaikan di Pegadaian? Ternyata tidak semua barang bisa diterima. Berikut kami berikan 3 barang yang bisa digadaikan di Pegadaian.

Kebutuhan untuk meminjam uang pasti pernah dilakukan oleh setiap orang. Baik dalam jumlah kecil ataupun bersar. Sering kali orang terjebak dengan kebutuhan sehingga tidak memperhatikan hal-hal penting ketika meminjam uang.

Seperti dengan gegabah dan tanpa pikir panjang meminjam pada rentenir. Ini justru sangat membahayakan karena bukanya menjadi solusi malah menambah masalah baru. Mencari pinjaman disarankan ke tempat yang aman seperti keluarga, bank ataupun pegadaian.

Jika Anda sulit mengajukan pinjaman ke bank dan memiliki barang yang bisa digadaikan maka tempat yang aman dan terpercaya adalah Pegadaian. Selain resmi Pegadaian merupakan Badan Usaha Milik Pemerintah yang memiliki hukum dan ketentuan yang jelas tidak seperti pegadaian-pegadaian pinggir jalan.

Meminjam uang di Pegadaian syaratnya adalah memiliki jaminan atau barang yang ingin digadaikan. Lalu kira-kira barang apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian? Berikut ini barang-barang yang umumnya dapat digadaikan di Pegadaian.

1. Kendaraan

Honda

Kedaraan yang bisa digadaikan adalah mobil ataupun motor. Untuk motor minimal keluaran produksi 5 tahun terakhir dan harus merupakan merek pabrikan yang pada pada umumnya masyarakat gunakan seperti Honda, Yamaha, dan lain-lain, tidak menerima motor pabrikan Cina.

Sementara itu untuk mobil minimal keluaran produksi 10 tahun terakhir. Untuk gadai kendaraan bermotor, harus membawa kelengkapan dari barang Anda seperti BPKB, faktur pembelian, dan STNK. Kendaraan bermotor yang masih dalam masa kredit tidak dapat digadaikan.

2. Barang Elektronik

barang-barang elektronik

Selanjutnya barang yang bisa digadaikan adalah barang-barang elektronik seperti televisi, kulkas, laptop, radio dan barang elektronik lainnya. Umumnya barang yang digadaikan merupakan tipe terkini minimal keluaran satu tahun terakhir.

Untuk menggadaikan barang elektronik, selain membawa jaminan dan fotokopi KTP dan KK, Anda diharuskan membawa kuitansi pembelian dan kartu garansi (bila ada) dari barang yang akan digadaikan dan barang-barang tersebut harus dalam keadaan baik dan utuh tidak ada cacat atau kerusakan.

3. Perhiasan

kalung, cincin, dan gelang

Semua jenis emas bisa Anda gadaikan baik itu perhiasan seperti kalung, cincin, dan gelang, ataupun emas batangan. Selain emas Anda juga bisa mengadaikan berlian. Untuk gadai perhiasan, Anda cukup membawa emas beserta surat emas (jika ada) dan KTP & KK serta fotokopinya.

Bagaimana sih Prosesnya?

Meminjam uang di Pegadaian, prosedur pengajuannya terbilang cukup mudah dan cepat. Calon nasabah atau debitur hanya perlu membawa agunan berupa perhiasan emas dan barang berharga lainnya ke outlet Pegadaian.

Prosesnya adalah nasabah datang ke kantor Pegadaian, kemudian mengambil nomer antrian. Setelah itu Anda dapat langsung mengisi formulir permintaan kredit, jangan lupa membawa KTP asli dan fotokopiannya. 

Jika formulir pengajuan sudah dilengkapi customer service akan menaksir barang yang akan digadai. Lalu ditetapkan berapa pinjaman yang disetujui.

Bagaimana dengan Biaya Administrasi

Biaya administrasi awal gadai adalah 1% dari jumlah pinjaman. Untuk urusan bunga (sewa modal kalau sebutan Pegadaian), terdiri dari 4 golongan, yaitu Gol A-D.

a. Golongan A, pinjaman dari Rp. 50.000 - 500.000 (bunga 0,75%/15 hari)

b. Golongan B, pinjaman dari Rp. 500.001 – 5.000.000 (bunga 1,15%/15hari)

c. Golongan C, pinjaman dari Rp. 5.000.001 – 20.000.000 (bunga 1,3%/15hari)

d. Golongan D, pinjaman dari Rp. 20.000.001 – keatas (bunga 1%/15hari).

Jangka Waktu Pinjaman

Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman. Tetapi untuk meminta waktu perpanjangan sebaiknya sebelum jatuh tempo supaya barangnya tidak keburu di lelang.

Nah, itulah barang-barang yang bisa Anda gadaikan untuk mendapatkan pinjaman di Pegadaian. Perhatikan persyaratannya agar prosesnya tidak terkendala dan dana bisa digunakan dengan tepat.

Baca juga: Alasan Mengapa BPKB Motor Lebih Sering Digadaikan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama