Selain Ramah Lingkungan, Harga Motor Injeksi Terjangkau

Perusahaan motor Indonesia mulai menerapkan mesin injeksi pada sistem pengabutan bahan bakarnya. Selain ramah lingkungan, harga pun cukup terjangkau.

motor injeksi murah

ramah lingkungan

harga motor

harga motor injeksi murah

sistem injeksi

Robert Bosch

keunggulan motor injeksi

Kredit Motor Injeksi

Di Indonesia, kendaraan beroda dua ini paling banyak diminati untuk menebus kemacetan. Karena banyak peminatnya, wajar jika teknologinya terus dikembangkan, seperti mesin injeksi. 

Selain inovasi tercanggih yang dimiliki oleh kendaraan beroda dua, sistem injeksi juga disebut sebagai mesin yang ramah lingkungan. Kenapa? Karena mesin dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi ini sudah lolos uji emisi gas buang Euro 3, yaitu standar emisi hidrokarbon dan karbon monoksida bagi kendaraan baru yang dapat diterima di negara-negara uni Eropa.

Standar lolos uji emisi gas buang Euro 3 untuk kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder kurang dari 150 cm3 hanya boleh menghasilkan 0,8 gr/km hidrokarbon (C, 0,15 gr/km nitrogen oksida (NOx), dan 2 gr/km karbon monoksida (CO). Sedangkan kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder lebih dari 150 cm3 hanya boleh menghasilkan 0,3 gr/km HC, 0,15 gr/km NOx, dan 2 gr/km CO.

Sejarah Sistem Injeksi

Robert Bosch, bapak teknologi fuel injection, menemukan sistem ini ketika merancang pompa injeksi untuk di terapkan pada mesin diesel putaran tinggi pada tahun 1939, yang langsung direalisasikan pada pesawat terbang Messerschmitt BF-109.

Setelah sistem injeksi di pesawat sukses, sistem ini mulai dikembangkan untuk digunakan pada mobil-mobil mewah seperti Mercedes Benz 300SL 2T tahun 1957, Mercedes Benz 200 SE tahun 1958, dan mobil VW tahun 1967.

Lalu kapan sistem injeksi ini mulai diterapkan pada kendaraan roda dua? Tepatnya tahun 1982, sistem ini mulai diaplikasikan pada motor-motor gede, seperti Yamaha XJ750D dan Honda CX500 turbo. Dari sinilah mulai banyak bermunculan motor berkapasitas kecil menggunakan teknologi mesin injeksi, sepert:

Injeksi Suzuki DCP-FI

Cara Kerja Teknologi Injeksi

Injeksi merupakan sebuah inovasi sistem yang memberikan atau menyuplai bensin sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan cara menyemprotkan bahan bakar yabg sudah tertakar oleh sensor-sensor di dalamnya, ternyata membuat sistem ini jauh lebih irit dibandingkan dengan motor menggunakan sistem karburator. Teknologi injeksi memang tengah diterapkan di semua motor, entah itu jenis sport, bebek, bahkan matic.

Keunggulan Motor Injeksi

Selain hemat konsumsi BBM dan ramah lingkungan, motor injeksi juga memiliki berbagai kelebihan lain, seperti:

1. Perawatan yang mudah. Dibandingkan dengan karburator, perawatan motor injeksi ini lebih mudah. Cukup dengan menyemprotkan injection cleaner motor dengan sistem injeksi langsung bisa digunakan kembali tanpa harus membongkar motor.

2. Tidak memakan banyak waktu saat servis. Ini nih yang nggak bikin bete, motor dengan sistem injeksi akan lebih cepat waktu servisnya, karena memang sudah diatur dengan bebas perawatan. 

Hanya dengan membersihkan bagian filter udara dan busi serta klep. Motor kembali siap digunakan. Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan, motor dengan teknologi injeksi ini harus di servis di bengkel resmi.

3. Tidak butuh pemanasan mesin. Sistem injeksi ini pun berbeda dengan sistem karbu, motor tak membutuhkan pemanasan mesin yang terlalu lama untuk memulai perjalanan. Pemanasan secara menyeluruh pada mesin mempunyai pengaturan suhu yang terdapat pada bagian sensor mesin. sederhananya, nyalakan motor dan langsung gas.

Motor Injeksi Murah

1. Suzuki Shooter 115 FI

Suzuki Shooter 115 FI diklaim sebagai motor injeksi murah di Indonesia. Kendaraan roda dua ini terdiri dari 3 tipe, yaitu Suzuki Shooter 115 FI dengan harga Rp 11,9 juta, Suzuki Shooter R 115 FI dengan harga Rp 13,1 juta, dan Suzuki Shooter SR 115 FI dengan harga Rp 13,9 juta.

Warna yang tersedia untuk masing-masing model pun berbeda-beda, seperti Shooter 115 FI memiliki warna Macho Bright Blue, Summer Red, Brilliant White, dan Titan Balck. Warna Shooter R 115 FI, yaitu Flash Green, Macho Bright Blue, Summer red, dan Titan Black. Dan yang terakhir Shooter SR 115 FI, yaitu Cummer Red, Macho Bright Blue, Flash Green, dan titan Black.

2. Yamaha Force Injeksi

Motor jenis ini sebelumya pernah dikeluarkan tahun 1992 dengan sistem mesin karburator. Sekarang Yamaha Force telah mengadopsi sistem injeksi dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 13,3 juta (OTR) Jakarta dengan dua seri, yaitu Force Sporty dan Force Elegant.

Warna yang tersedia untuk Force Sporty adalah White Force, Red Active, dan White Shadow. Sedangkan untuk Force Elegant adalah Black Action, Red Spirit, White Power, dan Blue Energy (biru).

Jadi, Sudahkah Anda menentukan motor injeksi mana yang akan Anda pilih? Pertimbangkan juga berapa nilai jualnya jika ingin menjual kendaraan roda dua Anda kembali. Jangan sampai salah ambil keputusan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama