Pengajuan Kredit Motor Ditolak, Ini Alasannya

Saat ini pengajuan kredit motor terbilang sangat mudah, tetapi mengapa masih banyak sebagian dari kita yang pengajuan kreditnya ditolak ? Ini alasannya.

Kendaraan motor sekarang ini menjadi suatu kebutuhan bagi hampir setiap orang. Bisa Anda lihat begitu banyak jumlah sepeda motor di jalan raya saat ini. Laju pertumbuhan sepeda motor di Indonesia bisa dibilang paling tinggi dibandingkan negara Asean lainnya, yakni sekitar 13,2% dibanding alat transportasi lainnya.

Penyebab meningkatnya pengguna sepeda motor, karena alat transportasi ini merupakan sarana transportasi yang murah dan terjangkau. Jadi tidak hearan kenapa banyak konsumen membeli kendaraan ini. Selain itu membeli sepeda motor pun lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli mobil.

Kini bukan menjadi hal yang sulit untuk memiliki sepeda motor. Banyak perusahaan leasing menawarkan kemudahan pembelian sepeda motor dengan sistem kredit atau cicilan. Tentunya penawaran ini menarik bagi para konsumen yang ingin membeli motor.

Namun terkadang pengajuan kredit ini tidak semulus yang diharapkan, masih banyak sebagian dari konsumen yang ada pengajuan kreditnya ditolak. Sebenarnya jika kulifikasi memenuhi pengajuan kredit motor terbilang mudah.

Tetapi hal tersebut jangan membuat Anda berfikir bahwa setiap permohonan bisa langsung disetujui oleh perusahaan leasing. Resiko gagal dalam mengajukan permohonan kredit pun juga bisa terjadi. Ada beberapa alasan kenapa pengajuan kredit motor Anda ditolak.

Terkadang konsumen pun juga tidak mengetahui poin penting dalam mengajukan kredit yang bisa menyebabkan penolakan pengajuan kredit. Nah berikut ini kami berikan empat alasan kenapa pengajuan kredit motor ditolak.

1. Penghasilan Anda Belum Cukup

Pada setiap pengajuan kredit hal pertama yang dilihat oleh perusahaan leasing dalam menentukan disetujuinya permohonan kredit Anda atau tidak adalah besarnya penghasilan yang Anda dapatkan selama sebulan. Idealnya untuk pengajuan kredit motor, penghasilan yang Anda peroleh setiap bulannya adalah 3x dari total pengeluaran.

Jadi, ketika Anda ingin mengajukan kredit motor di leasing sebaiknya Anda menghitung dulu dana yang masuk perbulan dan bandingkan dengan kebutuhan perbulan Anda. Pada setiap pengajuan kredit, ada team analyst yang akan menghitung pendapatan dan pengeluaran anda.

Biasanya pihak leasing akan menghitung besarnya penghasilan kemudian dikurangi dengan pengeluaran rutin dan dari sisa tersebut haruslah sepertiga dari penghasilan sehingga dirasa cukup untuk membayar angsuran atau cicilan setiap bulannya.

Baca juga: 6 Syarat Pengajuan Kredit Motor

2. Masuk dalam Daftar Blacklist

Alasan kedua yang bisa menyebabkan pengajuan kredit motor Anda ditolak adalah masuk dalam daftar blacklist dari Bank Indonesia.Misalnya saja pihak leasing menolak pengajuan Anda karena melihat catatan kredit Anda sebelumnya buruk dan itu masuk dalam BI Checking.

Hal ini memang tidak bisa dilihat oleh para konsumen. Tetapi faktor ini menjadi salah satu faktor yang sangat fatal. Jadi jangan berharap pengajuan diterima jika nama Anda masuk dalam daftar blacklist. Nama Anda bisa masuk dalam daftar blacklist jika Anda pernah melakukan kredit namun Anda tidak mampu melakukan pembayaran dengan baik.

3. Persyaratan tidak Lengkap

Selanjutnya adalah yang juga harus diperhatikan persyaratan dan dokumen yang diminta oleh leasing atau bank. Persyaratan yang kurang lengkap menjadi pemicu terjadinya pengajuan anda ditolak. Walaupun sepele tetapi ini perlu diperhatikan untuk memperlancar pengajuan Anda.

4. Tidak Kooperatif

Terakhir alasan yang bisa menyebabkan pengajuan kredit motor Anda ditolak adalah tidak adanya niat baik atau kurang koopertaif saat proses survei yang dilakukan oleh pihak leasing. Misalnya saja konsumen tidak ada niat baik dan bekerjasama dalam hal memberikan informasi data diri secara lengkap dan benar.

Bagian yang paling fatal adalah jika Anda memberikan keterangan palsu. Jika Anda melakukannya, pihak leasing tidak segan untuk menolak pengajuan kredit Anda karena hal itu akan menyebabkan resiko jika menerima permohonan kredit tersebut.

Mengajukan kredit motor memang memberikan kemudahan bagi Anda. Namun Anda juga perlu ketahui ada beberapa syarat dan hal-hal yang berpengaruh terhadap persetujuan kredit. Jadi pastikan Anda tidak masuk dalam empat alasan diatas.

Setiap pengajuan kredit motor membutuhkan proses untuk mempertimbangkannya. Jadi jika pengajuan Anda belum disetujui coba lihat kembali besar penghasilan, catatan kredit Anda sebelumnya dan persyaratan yang diminta.

Baca juga: Ingin Memilih Leasing Kredit Motor? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama