Membeli Motor dengan Program Cicilan 0%

Ketika kebutuhan akan kendaraan semakin mendesak membeli motor dengan fasilitas cicilan adalah pilihan tepat. Tapi tahukah Anda jika program cicilan 0% pun tersedia untuk kredit motor?

man searching for new bike

Belakangan ini penjualan sepeda motor terus bergairah, semakin banyak masyarakat yang memiliki motor. Salah satu penyebabnya adalah semakin banyaknya kebutuhan masyarakat untuk mobilisasi dan semakin mudah layanan pembiayaan untuk pembelian sepeda motor.

Untuk membeli sepeda motor ada beberapa pilihan pembayaran yang bisa konsumen pilih yaitu pembelian secara tunai, dan kredit. Masing-masing pilihan pembayaran memberikan keuntungan tersendiri. Yang perlu Anda ketahui adalah kebutuhan akan sepeda motor tersebut.

Biasanya pilihan membeli motor secara tunai dilakukan apabila konsumen memiliki cukup uang untuk langsung membayar tunai. Keuntungannya adalah harganya tidak ditambah bunga dan jauh lebih murah dari pada kredit.

Namun, jika dana masih terbatas maka kredit menjadi alternatif lain untuk memiliki sepeda motor. Sistem kredit merupakan pilihan rasional jika uang belum cukup sedangkan motor adalah keperluan yang mendesak.

Membeli Motor Secara Kredit

Membeli motor secara kredit hingga sekarang memang masih disukai masyarakat dibandingkan membeli motor secara tunai. Saat ini banyak leasing atau perusahaan pembiayaan yang menawarkan kredit motor dengan beragam penawaran menarik.

Dengan sistem kredit ini konsumen akan lebih dimudahkan dalam memiliki sepeda motor. Namun beberapa hal juga perlu diperhatikan jika Anda ingin membeli motor secara kredit. Seperti yang sudah diketahui pada sistem kredit unsur bunga, uang muka dan cicilan adalah satu kesatuan

Ketika Anda ingin membeli motor dengan kredit Anda perlu menyiapkan uang muka kurang lebih 20% -30%. Kemudian sisa pembayaran akan dibayarkan secara kredit dalam jangka waktu tertentu. Anda akan mengangsur setiap bulannya dan jumlah angsuran sudah dibebankan bunga.

Baca juga : 5 Hal Penting Sebelum Mencicil Barang dengan Kartu Kredit

Beberapa leasing menawarkan cicilan angsuran yang ringan dengan jangka waktu 12, 36, 48 bulan. Namun apabila Anda tidak cermat dalam memili jangka waktu dan besarnya cicilan, uang yang Anda keluarkan bisa lebih mahal bahkan bisa dua kali lipatnya.

Hal itu tidak lain karena semakin kecil jumlah cicilan dan panjang jangka waktu kredit besarnya uang yang dikeluarkan menjadi semakin besar dari harga awalnya. Contoh kasusnya Anda ingin membeli motor dengan harga pasaran Rp 23 juta dengan uang muka sebesar Rp 5 juta.

Maka sisa pembayaran adalah sebesar Rp 18 juta yang akan dicicil selama 36 bulan. Agar berasa meringankan, cicilan pun dibuat Rp 750 ribu per bulan. Jadi, berapa total cicilan ke leasing?

Rp 750.000 X 36 bulan = Rp 27.000.000

Artinya, utang yang awalnya Rp 18 juta membengkak jadi Rp 27 juta. Selisihnya sampai Rp 9 juta! Ada tambahan lagi sampai 50%.

Kadang perusahaan leasing tidak menjelaskan secara terperinci besaran bunga ini. Mereka lebih mencatumkan besaran cicilan per bulan dan jangka waktu kredit. Strategi itu paling ampuh memikat calon nasabah. Untuk itu jangan terpaku pada besaran cicilan dan mengabaikan jangka waktu kredit.

Selain sistem kredit, cara lain untuk membeli motor adalah dengan menggunakan kartu kredit. Cara ini menawarkan hal yang berbeda, bagi Anda pengguna kartu kredit banyak penawaran menarik salah satunya adalalah cicilan 0% alias tanpa bunga.

Menggunakan Kartu Kredit, Cicilan Bebas Bunga

Jika Anda memilih fasilitas kredit pada leasing atau lembaga pembiayaan akan dikenakan bunga, namun berbeda halnya dengan menggunakan kartu kredit. Program cicilan 0% memungkinkan Anda untuk membeli sepeda motor tanpa bunga.

Anda tidak perlu membayar uang muka, hanya membayar cicilan pertama, sudah dapat menenteng pulang motor yang diidam-idamkan. Khusus program cicilan 0% biasanya jangka waktunya lebih cepat yakni berkisar antara satu hingga dua tahun.

Saat ini juga ada penawaran menarik yang berbeda dari sebelumnya yaitu membeli unit sepeda motor melalui situs belanja online. Cara ini lebih mudah karena tidak perlu mengunjungi diler, dengan pembayaran menggunakan kartu kredit konsumen tidak perlu lagi mengajukan permohonan kredit

Prosesnya juga sederhana, konsumen hanya perlu menentukan unit mana yang akan dibeli, kemudian memilih pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Setelah itu, pihak bank akan melakukan verifikasi data dan limit untuk memastikan konsumen memiliki dana yang cukup.

Jadi sebelum Anda membeli pastikan lagi limit kartu kredit Anda. Untuk melakukan pembelian motor dengan kartu kredit Anda membutuhkan kartu kredit dengan limit besar sesuai dengan jenis dan tipe motor yang diinginkan.

Apabila Anda mengambil promo cicilan 0% dengan menggunakan kartu kredit yang perlu diingat adalah jangan pernah telat membayar tagihan. Anda tidak mau kan dikenakan denda akibat pembayaran melewati jatuh tempo. Selain itu Dengan Anda bayar tepat waktu, total cicilan 0% Anda akan tetap jadi 0%.

Namun sebelum membeli motor dengan menggunakan kartu kredit Anda tetap perlu memperhatikan kondisi keuangan dan bijaksanalah dalam menentukan pilihan dalam berbelanja.

Baca juga: Mau Kredit Motor? Hindari Kesalahan Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • chris

    Menarik juga cicilan 0%nya, tetapi bagaimana KK dengan limit yang kecil pasti hanya impian saja. KK yang cocok apa ya jika ingin beli motor seharga 25juta?

    Reply
    • robbi

      Mohon tanggapi dengan serius bagaimana klo saya ingin mengajukan kredit untuk renovasi rumah?

      Reply
      • yulianty

        pakainya kartu kredit apa?

        Reply
        • ari

          Mohon info untuk dealer yang bisa menggunakkan kartu kredit wlyah jak bar

          Reply
          • KreditGoGo

            Rata-rata dealer besar di Indonesia telah bekerja sama dengan bank/lembaga pemberi pinjaman terkait. Anda bisa coba datangi salah satu dealer langganan atau yang terdekat dari rumah untuk langsung menanyakan penawaran program-nya :)

            Reply
          • Venny

            Mohon petunjuk untuk kota Bandung yg bs 0% menggunakan kartu kredit.. karena di situs online area nya terbatas hanya Jabotabek. Tq

            Reply
            • ayyu

              Pak saya mau kridit motor pake kartu kridit g mna cranya y

              Reply
              • YOPI ALYUSUF SIREGAR

                bank apa yang paling banyak program cicilan 0 persen nya ?

                Reply
                • KreditGoGo

                  Halo, kami merekomendasikan beberapa bank berikut: Bukopin, HSCB, Standard Chartered, dan Citibank. Anda juga bisa langsung melihat penawaran menarik dari bank-bank tersebut dalam laman promosi kami, https://kreditgogo.com/promosi/ :)

                  Reply