Ingin Memilih Leasing Kredit Motor? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Sebelum memutuskan mengambil pembiayaan kredit untuk motor, ada baiknya memperhatikan 5 hal berikut ini agar Anda mendapatkan pihak leasing yang tepat dan terpercaya.

Ingin memiliki motor impian tetapi dana belum mencukupi? Maka kredit motor bisa menjadi solusinya. Sistem pembiayaan kredit memang sangat memudahkan masyarakat yang menginginkan motor baru namun secara kondisi keuangan masih belum siap untuk membayar tunai.

Saat ini, banyak perusahaan leasing (pembiayaan) menawarkan berbagai paket kredit motor cukup menggiurkan. Namun, jangan sampai asal pilih leasing untuk mendanai kredit motor. Anda tetap harus teliti sebelum memutuskan membeli motor dengan sistem kredit.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui 5 hal berikut ini agar mendapatkan pihak leasing yang tepat dan tepercaya.

1. Pilih Perusahaan Leasing dengan Reputasi Baik

Pastikan Anda memilih perusahaan leasing dengan reputasi baik. Carilah beberapa perusahaan leasing yang cukup dikenal dan memiliki cabang cukup tersebar. Hal ini untuk memastikan perusahaan leasing tersebut masih terus berjalan pada saat masa kredit motor selesai.

Ini juga untuk memastikan bahwa Anda akan dipermudah pihak leasing saat ingin mengambil Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Sebab, kejadian dipersulit saat ingin mengambil BPKB pernah dialami oleh salah seorang pembeli motor. Dimana, ia mempercayakan kredit motornya didanai oleh pihak leasing.

2. Perhatikan Kantor Terdekat Leasing Tersebut

Secara logika, semakin dekat jarak rumah Anda dengan sebuah kantor leasing, maka semakin mudah pula aksesnya. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk datang dan bertanya langsung apabila memiliki masalah dalam masa kredit.

Ini juga penting untuk perihal pengambilan BPKB. Karena pada saat masa kredit selesai, Anda perlu datang langsung ke kantor leasing untuk mengambil BPKB. Jadi, pastikanlah nyaman dan tidak perlu menempuh jarak jauh untuk datang langsung ke kantor leasing tersebut.

Baca juga: 6 Syarat Pengajuan Kredit Motor

3. Sesuaikan Penawaran dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Saat ini, banyak perusahaan leasing kredit motor menawarkan kredit dengan DP serta cicilan cukup rendah dan bersaing.

Namun, harga menggiurkan tersebut justru akan merugikan di kemudian hari apabila Anda tidak cermat dalam menghitung besarnya cicilan dan waktu pelunasan kredit motor.

Sebelum menyetujui tawaran dari dealer bersangkutan, ada baiknya bertanya tentang berbagai jenis motor, jumlah cicilan, bunga, serta tenornya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan motor dengan kesanggupan Anda dalam membayarnya setiap bulan.

Setelah merasa nyaman dengan sistem kredit sedemikian rupa, Anda dapat mulai mengikuti serangkaian proses kredit motor yang diperlukan.

4. Pastikan Cara Pembayaran Sesuai dengan Kondisi

Pilihlah dealer dan perusahaan leasing yang menawarkan beberapa fitur serta kemudahan dalam melakukan kredit motor.

Anda dapat bertanya mengenai sistem pembayarannya, apakah cukup fleksibel dan dapat diakses selain melalui kantor cabang, misalnya ATM, kantor pos, atau minimarket.

Selain itu, tanyakan pula tentang tingkat konsekuensi yang harus dibayarkan ketika Anda terlambat membayar cicilan.

Untuk hal tersebut, usahakan agar mencari sistem pembayaran cicilan dengan bunga lebih rendah dan denda cukup ringan. Ini dilakukan supaya mengantisipasi ketika Anda terpaksa harus terlambat dalam membayar cicilan karena berbagai hal mendesak.

5. Tanyakan Mengenai Asuransi

Pastikan perusahaan leasing tersebut memberikan jaminan asuransi atau tidak selama masa kredit. Tanyakan pula bagaimana prosedur klaimnya.

Dengan adanya asuransi selama masa periode cicilan, maka bisa membantu menutup risiko jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada motor misalnya hilang.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam memilih leasing terbaik untuk kredit motor. Bisa dibilang, perusahaan leasing adalah ‘teman’ selama Anda mencicil motor. Jadi, pastikanlah memilih leasing yang tepat dan tepercaya.

Baca juga: Mau Kredit Motor? Hindari Kesalahan Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama