Anda Ingin Beli Motor? Baca Dulu Informasinya dari Kami

Anda ingin membeli kendaraan roda dua? Eits, jangan terburu-buru. Perhatikan terlebih dahulu informasi yang kami sajikan untuk Anda mengenai seluk-beluk motor, yang mungkin belum Anda ketahui.

Motor sebagai kebutuhan sekunder

Motor memang menjadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Selain, praktis, motor menjadi primadona karena mudah digunakan. Dilihat dari harganya juga, kendaraan roda dua ini memang terjangkau. Sehingga, tidak aneh banyak orang yang memilikinya.

Dari data yang didapatkan dari Kompas, sebesar 72% keluarga di Indonesia adalah pengguna sepeda motor. Dari setiap 1.000 penduduk di Indonesia terdapat 210 motor atau berskala 4,7:1. Kendaraan roda dua ini sudah menjadi kebutuhan sekunder, bukan lagi kebutuhan tersier. Ditambah menjamurnya berbagai macam merek motor yang mendominasi penjualan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Masyarakat berpindah ke motor karena transportasi umum yang buruk?

Pada awal tahun 2000an, pemilik sepeda motor masih sedikit, karena pada waktu itu harga motor masih mahal. Dan sistem pengajuan kredit masih dinilai terlalu sulit. Kondisi tersebut berbanding jauh dengan sekarang. Berbagai fasilitas kredit untuk pemilikan kendaraan roda dua ini semakin tak terkendali. Karena di era sekarang, motor telah berubah menjadi kendaraan alternatif yang disukai oleh masyarakat.

Tak dapat dipungkiri, salah satu alasan orang menggunakan sepeda motor adalah karena buruknya transportasi umum yang ada di Indonesia. Sedangkan kebutuhan masyarakat akan tranportasi harus selalu terpenuhi.

Seluk-beluk kredit motor

Nah, apa Anda juga sedang mencari-cari kendaraan roda dua untuk dijadikan transportasi Anda setiap hari? Kami akan memberikan Anda beberapa tips mengenai seluk-beluk kredit motor yang tepat.

1. Keinginan

Ini yang terpenting. Anda harus memutuskan jenis motor apa yang Anda inginkan. Jenis motor ada 2, yaitu jenis manual dan matic. Pastikan itu adalah keinginan Anda sendiri, dan tentunya sesuai dengan budget. Usahakan Anda mempunyai dp yang besar sebelum memutuskan beli. Karena dengan begitu otomatis angsuran Anda tidak akan banyak.

2. Hunting

Ya, jika Anda sudah memantapkan pilihan, maka langkah selanjutnya adalah berburu kendaraan itu. Apakah jenis motor yang Anda inginkan tersedia di dealer atau tidak? Anda juga harus memutuskan apakah Anda hendak membeli motor baru atau bekas. Jangan terburu-buru memutuskan. Lebih baik Anda pikirkan secara masak tentang keuntungan dan kerugian membeli motor baru dan bekas.

3. Cara pembelian

Akan terasa lebih ringan rasanya membeli motor dengan tidak mencicilnya. Karena Anda tidak akan mempunyai beban pembiayaan dalam setiap bulannya. Akan tetapi, jika membelinya dengan cicilan, Anda akan diringankan, namun pembayarannya akan dibagi dalam setiap bulan. Pastikan Anda memilih tanggal yang tepat dalam membelinya. Pembelian di hari yang tepat akan menguntungkan Anda untuk menghindari tanggal jatuh tempo.

4. Fasilitas kredit

Pastikan Anda memiliki fasilitas kredit yang mudah dan cepat. Kredit GoGo memiliki banyak perbandingan mengenai produk bank yang dapat Anda gunakan untuk cicilan kendaraan bermotor. Kami juga menawarkan pinjaman cepat cair bunga rendah yang dapat Anda gunakan untuk membayar uang muka.

5. Pelajari mengenai denda

Biasanya denda dan biaya sangat berlaku dalam hal angsuran pembiayaan kendaraan. Mengenai besarannya Anda perlu pelajari secara langsung. Sehingga dikemudian hari Anda tidak akan dirugikan, jika terlambat membayar, kemudian biaya penalti yang harus dibayar.

Prosedur pembelian kendaraan roda dua ini memang tidak rumit. Bahkan dealer sepeda motor pun bisa kita temukan di daerah terpencil sekalipun. Akan tetapi, Anda harus mempelajari mengenai hal-hal detail sekalipun, hanya untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan di masa yang akan datang.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama