6 Syarat Pengajuan Kredit Motor

Membeli motor secara kredit menjadi solusi bagi banyak orang. Anda ingin mengajukannya? Perhatikan hal-hal berikut ini agar pengajuan Anda disetujui secara cepat.

kredit motor

Bagi sebagian orang, membeli motor secara tunai mungkin terasa memberatkan. Solusi tepat yang banyak dipilih adalah membeli motor secara kredit. Hal ini dikarenakan uang muka (DP) yang ditawarkan cenderung murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

Namun, pengajuan kredit motor belum tentu disetujui oleh perusahaan pembiayaan atau leasing. Oleh karena itu, KreditGoGo akan berikan tips agar pengajuan kredit motor Anda pasti disetujui. Berikut adalah 6 syarat yang harus dipenuhi.

Pastikan Tidak Masuk Blacklist

Blacklist BI Checking

Hal paling penting saat mengajukan kredit motor adalah memastikan bahwa nama Anda tidak masuk dalam daftar blacklist di perusahaan pembiayaan. Pastikan juga Anda memiliki track record pembayaran yang baik.

Apabila mempunyai kemampuan untuk membayar, tapi nama Anda sudah di-blacklist oleh perusahaan pembiayaan, maka kemungkinan besar tidak dapat mengajukan kredit lagi.

Data-Data Lengkap

Mengajukan kredit motor

Data wajib yang harus dilengkapi adalah KTP asli dan fotokopinya. Namun, data tersebut terkadang kurang cukup untuk mengajukan kredit. Terkadang, pihak perusahan pembiayaan akan meminta data pendukung lainnya. Hal ini dilakukan tergantung dengan kondisi Anda pada saat disurvei.

Contoh data pendukung lainnya adalah slip gaji 3 bulan terakhir (khusus karyawan/pegawai), rekening listrik/telepon, dan lain-lain. Apabila Anda dapat melengkapi data pendukung yang diminta oleh perusahaan pembiayaan, maka kemungkinan besar pengajuan kredit akan disetujui.

Memiliki Pekerjaan/Penghasilan Tetap dan Dapat Dibuktikan

Hal ini juga berperan penting saat pengajuan kredit motor. Karena apabila data-data sudah lengkap tetapi tidak mempunyai penghasilan tetap, maka kemungkinan pengajuan kredit sulit untuk disetujui.

Sebaiknya, bagi yang berprofesi sebagai karyawan dapat mengajukan kredit motor setelah masa kerja minimal 3 bulan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda yang bekerja baru 1-2 bulan.

Hal tersebut kembali lagi kepada penghasilan setiap bulannya. Apabila penghasilan sudah cukup untuk mengajukan kredit, maka tidak menutup kemungkinan pengajuan kredit akan disetujui.

Jika seorang pengusaha/wiraswasta, maka juga dapat mengajukan kredit motor. Disetujui atau tidaknya kembali lagi kepada penghasilan setiap bulannya.

Mengajukan DP Lebih Besar

DP Motor

Mulai 18 Juni 2015, nilai Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) atau disebut Loan to Value (LTV) dinaikkan, sehingga DP yang dibayar konsumen lebih ringan yakni sebesar 20%.

Kendati begitu, apabila mengajukan kredit dengan uang muka lebih besar, maka pengajuan kredit motor kemungkinan besar akan lebih disetujui.

Misalnya saja DP 30% dari harga on the road (OTR). Jika ingin mengajukan kredit motor dengan harga Rp 13.850.000, maka DP 30% adalah sebesar Rp 4.155.000.

Semakin besar DP, semakin besar pula peluang pengajuan kredit motor disetujui. Selain itu, besaran angsuran juga sangat dipengaruhi oleh besarnya DP dan juga masa kredit. Semakin besar DP, maka semakin kecil biaya angsuran dan semakin cepat pula masa kredit.

Memiliki Tempat Tinggal Jelas

Dengan memiliki tempat tinggal jelas/tetap (tidak sewa), maka lebih memudahkan dalam pengajuan kredit motor. Dan bagi yang tempat tinggalnya masih sewa, tidak perlu berkecil hati karena juga dapat mengajukan kredit.

Namun, jika tempat tinggal masih sewa dan kurang dari 3 bulan (masih baru), maka kemungkinan akan sulit mengajukan kredit motor. Usahakan agar mendiami tempat tinggal tersebut dengan kurung waktu di atas 3 bulan.

Hal ini memudahkan perusahaan pembiayaan untuk menyetujui pengajuan kredit motor.

Usia Minimal 21 Tahun dan Maksimal 60 Tahun

Age Ilustration

Apabila usia belum mencapai 21 tahun, maka belum bisa mengajukan kredit motor. Namun, Anda dapat mengantinya dengan orangtua sebagai pemohon kredit yang usianya belum mencapai 60 tahun.

Dan jika usia lebih dari 60 tahun, maka tidak dapat mengajukan kredit. Namun, dapat menggantinya dengan anak Anda yang usianya di atas 21 tahun dan sudah mempunyai pekerjaan/penghasilan tetap untuk dijadikan pemohon kredit.

Apabila sudah memiliki 6 syarat di atas, maka pengajuan kredit motor pasti akan lancar. Kini, Anda tak perlu bingung jika mau motor baru.

Baca juga: Mau Kredit Motor? Hindari Kesalahan Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama