Penghasilan Minim Tapi Ingin Beli Mobil? Simak Tipsnya di Sini!

Ingin beli mobil, tapi penghasilan per bulan minim? Bagaimana caranya agar impian tersebut dapat terwujudkan? Tenang, di sini kami berikan tipsnya untuk Anda!

Saat ini, banyak yang menganggap mobil bukan lagi sebagai kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan primer. Ya, memiliki kendaraan roda empat menjadi impian setiap orang, terutama bagi penduduk di kota besar.

Namun sayangnya, impian memiliki mobil tidak bisa langsung diraih begitu saja. Apalagi, kini harga mobil tergolong mahal. Sedangkan tabungan belum cukup, ditambah lagi penghasilan minim. Selain itu, banyak pula kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Lantas, bagaimana mewujudkan impian ingin beli mobil dengan penghasilan minim? Jangan khawatir, kami berikan tipsnya!

Simulasi DP dan Cicilan Mobil Baru

Kami simulasikan pembelian mobil baru dengan penghasilan rata-rata Rp 4,5 juta. Untuk membeli mobil baru, cicilan harus dibawah dari 30 persen dari penghasilan yakni Rp 1,5 jutaan. Cara ini bertujuan agar si pembeli mobil masih memiliki sisa gaji untuk kebutuhan lainnya selama sebulan.

Lantas, mobil baru apa yang bisa dicicil semurah itu? Jawabannya adalah mobil LCGC. Rata-rata mobil di segmen ini dipatok Rp 80 juta-an hingga Rp 150 juta-an. Anda bisa memilih salah satu diantara merek mobil seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go+ Panca dan Go hatchback, Suzuki Karimun Wagon R, hingga Honda Brio Satya.

Sebagai contoh, jika harga tunai mobil Rp 98,4 juta, maka Anda harus menabung terlebih dahulu untuk membayar uang muka sebesar Rp 30 juta. Banyak lembaga pembiayaan/bank yang menawarkan DP rendah dengan cicilan maksimal sampai 5 tahun.

Jika memilih opsi ini, lalu berapa kisaran cicilan per bulan? Jika bunga diasumsikan sebesar 7 persen per tahun, maka angka cicilan yang didapat adalah Rp 1.539.000 per bulan selama 5 tahun.

Tentu bagi orang dengan penghasilan Rp 4,5 juta, maka angka tersebut masih bisa diperhitungkan untuk menjadi pertimbangan dalam mencicil kendaraan.

Diskon Akhir Tahun di Showroom

Tahun Baru menjadi momen tepat bagi yang ingin membeli mobil baru. Pasalnya menjelang akhir tahun, banyak showroom mengadakan cuci gudang untuk beberapa merek mobil. Jangan lupa untuk mengecek Daftar Diskon Mobil Jelang Akhir Tahun 2015.

Selain itu, Anda juga bisa datang ke pameran mobil dan bertanya langsung kepada sales mobil mengenai penawaran diskon. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui penawaran diskon yang sedang berlangsung, baik di pameran ataupun showroom mobil terkait.

Beli Mobil Bekas

Apabila membeli mobil baru dirasa berat karena harus melunasi cicilan bertahun-tahun, maka bisa memilih opsi ini. Tidak ada salahnya membeli mobil bekas, asalkan Anda mengetahui Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas.

Sama halnya dengan mobil baru, mobil bekas pun mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Terlebih bagi mereka yang berpenghasilan minim, tentunya dapat memilih mobil bekas yang lebih murah dibandingkan dengan harga mobil baru.

Dengan cara ini, kendati berpenghasilan minim, keinginan memiliki mobil tetap mungkin diwujudkan. Langkah pertama untuk menggapai impian tersebut adalah rutin menabung.

Setelah mengalokasikan penghasilan untuk biaya operasional hidup, tentukanlah jumlah uang yang bisa disisihkan. Misalkan penghasilan per bulan Rp 3,5 juta, sisihkan setidaknya Rp 1,5 juta untuk ditabung.

Jika menabung Rp 1,5 juta per bulan selama 36 bulan, maka uang akan terkumpul adalah Rp 54 juta. Maka, Anda bisa memiliki sebuah mobil bekas dengan kisaran harga Rp 50 juta-an. Namun, mobil itu tentu tak lagi muda, sesuai dengan harganya.

Ada beberapa mobil di bawah Rp 50 juta yang ditawarkan, di antaranya adalah mobil pabrikan asal Jepang, yakni Toyota Kijang tahun 1990-an, lalu Toyota Starlet tahun 90-an, dan Honda Accord Maestro 1991.

Untuk mobil asal Korea Selatan, terdapat merek Hyundai, yakni Accent awal tahun 2.000-an dan Hyundai Cakra 90-an. Sementara itu, untuk mobil Eropa, terdapat BMW Seri 5 tahun 90-an, dan Mercedes Benz Boxer 300 E tahun 90-an.

Ternyata, penghasilan minim bukan berarti tidak bisa beli mobil, bukan? Jika Anda mengetahui perhitungan DP dan cicilan kredit mobil secara saksama serta konsisten menabung, maka impian memiliki mobil bakal terwujudkan!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama