Mobil Mewah Yang Selalu Diburu

Tahukah Anda, meski harganya selangit, mobil-mobil mewah tetap mendapat tempat di hati konsumennya. Jangan heran, bila Indonesia menjadi sasaran pasar industri mobil-mobil mewah dunia.

Pada pertengahan tahun ini, pasar mobil mewah di Indonesia menunjukkan pertumbuhan signifikan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa penjualan roda empat nasional pada Januari-April secara umum menurun 3,3% menjadi 363.944 unit. 

Namun justru penjualan ritel mobil dengan harga di atas Rp600 juta, naik 14,7 persen ketimbang tahun lalu, menjadi lebih dari 2.190 unit.

Gaikindo 2016

Angka tersebut menggambarkan bahwa mobil-mobil mewah yang dilempar ke pasar Indonesia selalu laku, terutama pasca membaiknya ekonomi dan kondisi politik Tanah Air. 

Terbukti dengan banyaknya jumlah kendaraan kelas premium terjual. Walaupun harga jual mobil-mobil mewah ini cukup fantastis, konsumen mobil mewah di Indonesa masih cukup banyak.

Pasar Indonesia memang memiliki potensi yang menjanjikan. Hal inilah yang memicu produsen mobil premium menciptakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar mobil premium di Indonesia, sehingga pasar pun terus bertumbuh. 

Para konsumen juga dimanjakan dan diuntungkan dengan sistem kredit yang cepat dan harga bahan bakar murah.

Bagi para konsumen yang tertarik untuk membeli mobil-mobil dan membutuhkan pinjaman, situs KreditGoGo siap membantu mendapatkan pembiayaan yang paling tepat untuk kebutuhan pembelian kendaraan. 

Seperti yang ditawarkan Mandiri Tunas Finance, yang merupakan fasilitas pembiayaan bersama antara Bank Mandiri dan Tunas Finance untuk keperluan pembelian mobil baru atau bekas.

Paket bunga khusus 3,99% (flat) yang ditawarkan untuk nasabah dengan tenor 1 tahun untuk kredit mobil baru. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan tertentu. 

Mandiri Tunas Finance juga menyediakan fasilitas kredit dengan tenor 2 tahun, bunga 4,65% flat (min DP net 20%). Untuk tenor 3 tahun, bunga 4,99% flat (min DP net 20%) dan untuk tenor 4 tahun dengan bunga 5,99% flat (min DP net 20%).

Dengan kemudahan pembayaran dan makin banyaknya konsumen, produsen mobil premium ini pun tak ragu menerjunkan produk andalannya di Indonesia. 

Sebut saja Mercedes-Benz, Ferrari, Bentley hingga Rolls-Royce yang memang telah lama bermain di pasar otomotif Tanah Air dan merajai pasaran. Sekadar catatan saja, dari sekian banyak mobil mewah, harga-harga termahal masih dipegang oleh Lamborghini dan Ferrari.

Untuk tahun ini, pertumbuhan yang signifikan disumbang oleh tiga dari tujuh merek premium anggota Gaikindo. Yakni, Mercedes Benz, BMW, dan Lexus. Chrysler dan Jaguar-Land Rover (JLR) berada di posisi ketiga dan keempat. 

Sementara merek Audi dan Infiniti, dari Nissan Corp justru menurun penjualannya.

Jawara Mobil Mewah

Mercedes Benz

Mobil manakah yang paling diburu konsumen? Jawabnya adalah Mercedes-Benz. Mobil ini masih yang paling perkasa di pasar premium. Banyak pembeli yang terus memburunya. 

Sebagai gambaran, pada bulan April 2016 lalu, Mercedes Benz ini terjual lebih dari 1.100 unit, naik 27,3% dari periode yang sama tahun lalu.

Nilai ini ditegaskan oleh Roelof Lamberts sebagai President dan CEO Mercedes-Benz Distribution Indonesia. Dia bilang, mobil mewah asal Jerman tersebut masih merajai segmen mobil mewah dengan pengiriman lebih dari 1.100 unit.

Jumlah yang fantastik. Indikasi ini terlihat nyata pada tahun 2015 lalu. Saat itu, kondisi pasar otomotif Indonesia tengah turun dratis. Penjualan otomotif secara keseluruhan menurun sampai 18%. 

Tetapi penjualan Mercedes-Benz Indonesia malah naik melebihi angka tersebut.

Pada Oktober tahun 2015 lalu, Mercedes-Benz terjual hingga mencapai 2.764 unit atau naik 18% bila dibandingkan dengan periode yang sama di 2014. 

Dengan angka itu Mercedes-Benz mengklaim penguasaan pangsa pasarnya di Indonesia berada di urutan nomor satu pada segmen mobil premium dengan pangsa pasar 49%.

Akan halnya Lexus, menurut data wholesales Gaikindo, angka penjualannya mencapai 347 unit, naik dua kali lipat dari tahun lalu. Sementara BMW berkisar dari 767 unit di caturwulan pertama 2016 ke 776 unit. 

Sedangkan ngka penjualan Jaguar-Land Rover, Audi, Chrysler, dan Infiniti stagnan.

Harga Mobil Mewah Kesukaan Konsumen

Mau tahu berapa harga mobil mewah yang beredar di tanah air?

Mercedes-Benz Maybach S-Class harganya mencapai Rp5,339 miliar, off the road atau sebelum pajak. 

Spesifikasi mobil yang ditujukan untuk para konglomerat Indonesia ini adalah mesin bensin V8 biturbo 4663 cc dengan menghasilkan daya 445 tk dan torsi maksimum 700 Nm pada 1.800-3.500 rpm. 

Juga dilengkapi dengan transmisi 9G-Tronic Plus yang menggabungkan kendaraan yang bertenaga, kenyamanan berkendara, dan mengurangi dampak lingkungan dengan konsumsi bahan bakar 8,9 liter per 100 km.

Mercedes-Benz Maybach S-Class

Mercedes-Benz Maybach S-Class

Sementar Lamborghini Aventador Lp720 dibandrol seharga Rp16 miliar. Menggunakan mesin dengan kapasitas 6.498 cc sehingga mampu mencapai kecepatan 370 km/jam bahkan diketahui mampu menuju 97 km dalam waktu 2.9 detik

Chevrolet Camaro RS dibandrol dengan kisaran harga Rp2,2 miliar. Mobil ini dilengkapi dengan mesin bertipe V8 dengan yang memiliki power hingga 455 tenaga kuda dan mampu menembus kecepatan 60 km hanya dalam waktu 4 detik.

Ferrari memiliki varian harga yaitu California T, sekitar Rp8,8 miliar, 458 Italia sekitar Rp10,3 miliar, 458 Spider sekitar Rp11,1 miliar, 458 Speciale sekitar Rp11,6 miliar, Ferrari Four (FF) sekitar Rp12,03 miliar dan F12 Berlineta sekitar Rp12,5 miliar.

Lexus. All new Lexus 570 dipatok harga sekitar Rp3,015 miliar, GS200T Luxury Rp1,185 miliar, dan GS200t F-Sport Rp1,245 miliar dengan status on the road (OTR) Jakarta. 

Memiliki panjang 5.065 mm, lebar 1.980 mm, dan tinggi 1.910 mm, Lexus mempunyai spindle grille dan headlamps berteknologi LED. Mesin 3UR-FE berkapasitas 5.700 cc.

#MobilMewah

Baca juga:
Inilah Momen-Momen Tepat untuk Kredit Mobil
Renault Kwid Siap Senggol Pasar Mobil Murah Indonesia

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • shandy

    bagus ulasannya

    Reply
    • Arifin

      Artikel yang cukup bagus untuk dijadikan referensi perkembangan otomotif di Indonesia.
      Lanjutkan!!

      Reply