Membeli Mobil dalam Setahun dengan Gaji 3 Juta, Bisa Tidak Ya?

Mobil merupakan kebutuhan sekunder yang menjadi impian banyak orang. Bagaimana jika Anda hanya memiliki gaji 3 juta, bisakah membeli mobil dalam satu tahun?

beli mobil dengan gaji 3 juta

Memiliki gaji 3 juta tetapi bisa membeli mobil? Bagaimana caranya? Ini terlihat seperti hal yang mustahil. Bagi sebagian orang khususnya masyarakat perkotaan, mobil merupakan suatu barang yang dapat meningkatkan kualitas hidup.

Belum lagi dengan kondisi angkutan kota yang amburadul memaksa orang untuk membeli mobil terutama bagi yang menginginkan kenyamanan. Sehingga saat ini mobil menjadi kebutuhan sekunder yang paling diimpikan banyak orang.

Bahkan tidak dipungkiri orang dengan pendapatan pas-pasan ingin memiliki mobil untuk menunjang keperluan sehari-hari ataupun meningkatkan kualitas hidup mereka. Disini kami mencoba memberikan pandangan bahwa memiliki gaji yang kecil pun bisa membeli mobil.

Salah satu kunci agar Anda bisa membeli mobil walaupun gaji pas-pasan adalah kerja keras dan tekun. Tetapi ada beberapa alternatif cara lainnya yang dapat Anda lakukan. Berikut ini tips bisa membeli mobil dengan pendapatan Rp 3 juta per bulan

1. Tentukan Tipe Mobil

tipe mobil murah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan tipe mobil yang ingi dibeli. Sebisa mungkin Anda harus membuat target yang realistis jangan merencanakan membeli mobil mahal seperti BMW atau Mercedes.

Ada beberapa mobil baru yang memiliki harga lebih terjangkau, seperti mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC). Rata-rata mobil di segmen ini dibanderol senilai Rp 80 juta-Rp 130 jutaan. Pilihan merek dan modelnya pun beragam, jadi Anda tidak perlu pusing memilih.

2. Memilih Fasilitas Kredit Jangka Panjang

cicil mobil angsuran lama

Ini adalah alternatif bagi Anda yang memiliki dana pas-pasan tetapi ingin membeli barang dengan cepat. Jadi Anda tidak perlu menunggu waktu sampai uang tunai terkumpul untuk membeli suatu barang. Saat ini bank atau lembaga pembiayaan menyediakan fasilitas kredit mobil.

Pilihlah fasilitas kredit dengan tenor yang panjang, dengan jangka waktu cicilan mulai dari 7 hingga 8 tahun. Tenor panjang berguna untuk membantu Anda dalam mencicil karena lebih menawarkan cicilan yang ringan dan uang muka kecil.

3. Simulasi Rencana

financial plan

Setelah Anda menentukan jenis mobil yang ingin dibeli carilah kisaran harga pasarannya. Selanjutnya Anda dapat membuat simulasi rencana berupa besarnya uang muka dan cicilan yang akan dibayarkan dalam masa kredit nanti.

Simulasi harga adalah, jika harga mobil Rp 100 jutaan, dan uang muka 20 persen, maka angka yang diperoleh Rp 20 jutaan. Itu masih terlalu mahal, Anda bisa mencari promo yang menawarkan cashback potongan uang muka. Sehingga total uang muka bisa ditekan hingga Rp 10 juta saja.

Setelah itu cicilan perbulannya, cicilan minimal tidak boleh lebih dari 30% penghasilan Anda. Misalnya dengan gaji Rp 3 juta berarti Anda harus menyisihkan Rp 900 ribu – Rp 1,5 juta. Jika bunga cicilan diasumsikan 6% maka angka cicilan yang Anda bayarkan adalah Rp 1,4 juta per bulan. Ini masih realistis

Nah, untuk mendapatkan uang muka tersebut berarti satu-satu cara awal yang bisa dilakukan adalah menabung hingga mendapat uang muka Rp 10 juta-Rp 20 juta. Anda bisa menyisihkan Rp 1 juta – 1,5 juta, sihingga dalam satu tahun Anda sudah memiliki uang yang cukup untuk membayar uang muka.

4. Mengerem Pengeluaran

hemat pengeluaran per bulan

Salah satu cara untuk bisa membeli mobil dengan gaji pas-pasan adalah mengerem pengeluaran. Dari gaji Rp 3 juta, sisihkan separuhnya untuk kebutuhan per bulan dan separuhnya lagi untuk kebutuhan cicilan mobil. Susunlah Anggaran kebutuhan Anda Rp1,5 juta per bulan.

Alokasikan anggaran kebutuhan seperti makan sederhana Rp 800 ribu per bulan, transportasi kerja Rp 300 ribu per bulan, kebutuhan pulsa Rp 50 ribu per bulan, untuk senang-senang Rp 250 ribu per bulan dan sisanya Rp 100 ribu kamu simpan sebagai uang darurat.

5. Cari Pekerjaan Sampingan

Agar keuangan lebih stabil Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan. Usahakan bisa memperoleh setidaknya Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta per bulan. Pekerjaan yang bisa dilakukan misalnya berjualan makanan ringan, berbisnis secara online, pernak pernik secara online atau menjadi pengemudi ojek online jika punya motor pribadi.

Baca juga: 5 Syarat Penting dalam Pengajuan Kredit Mobil

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • imron rosadi

    Langkah yang bijaksana, salut

    Reply