Mau Mobil Bekas Anda Dihargai Tinggi? Ini Nih Caranya.

Jangan jual dulu mobil Anda! Informasi di bawah ini bisa membuat kondisi mobil seken Anda jadi lebih mahal.

  1. masalah mekanikal
  2. tune up berkala
  3. simpan catatan servis
  4. pertahankan cat sebenarnya
  5. kebersihan interior
  6. car with it selfie
  7. jujur

tips menjual mobil bekas

Banyak di antara kita berniat menjual mobil. Mengapa? Kenapa fenomena ini menjadi semakin sering mengingat kemacetan Jakarta sudah sampai pada titik jenuh. Apakah masyarakat kita sudah bosan memiliki mobil. Atau, mereka punya alasan lain menjual mobil mereka. Apa pun alasannya, menjual mobil pribadi adalah hak. Tapi, sebelum menjual mobil Anda, simak dulu beberapa hal yang wajib diketahui agar mobil Anda bisa dihargai tinggi oleh sang pembeli.

Menurut Michael Bor, pendiri dari gerai mobil CarLotz, seperti dimuat New York Times, memberikan beberapa hal yang patut disimak jika Anda menginginkan harga mobil seken Anda sedikit menjadi sedikit lebih tinggi.

tips merawat mesin mobil

Masalah Mekanikal

Perhatikan masalah mekanikal pada mobil yang ingin Anda lego. Masalah yang kurang diperhatikan pada bagian mekanikal dalam mobil Anda, pastinya membuat calon pembeli sedikit urung diri. Itu juga membuat kita sebagai penjual kurang bisa menaikkan harga mobil menjadi lebih tinggi. 

Di lain pihak, perhatian yang kurang terhadap sistem mekanikal ini mengundang penawaran rendah dari calon pembeli. Dalihnya, “Wah, bagian mesinnya kurang dirawat ya? Bisa mahal nih perawatan mesinnya. Turunin sedikit harganya ya, Pak?

Tune-up berkala

Lakukan penyetelan secara rutin (periodical tune-up) di bengkel terpercaya Anda. Lakukan juga pemeriksaan komponen keselamatan. Untuk sebagian besar mobil buatan Eropa, pemeriksaan komponen keselamatan ini umumnya juga termasuk kantung udara keselamatan (safety airbag). Ban, lampu, dan rem harus dalam kondisi baik dan sempurna. Pastikan juga oli dan pelumas tidak boleh dalam kondisi kurang.

Simpan catatan servis

Untuk hal ini, biasakan Anda selalu menyimpan buku servis mobil Anda di tempat yang aman. Jangan sampai basah atau pun terlipat. Catatan servis yang masih Anda simpan membuktikan Anda, sebagai pemilik mobil sebelumnya, memang merawat dengan baik mobil tersebut. Buku catatan servis tersebut juga merupakan nilai tambah. Mengapa? Itu karena calon pembeli dapat mengetahui komponen apa saja yang telah diperbaiki, bagian apa saja yang pernah rusak, dan sistem apa yang masih sangat berfungsi dengan baik.

Pertahankan cat sebenarnya

Menurut MobilGoGo, mobil yang mulus tidak terkena goresan atau baretan apa pun masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Perlengkapan eksterior di dalam mobil yang masih orisinal pun meningkatkan nilai tambah pada mobil yang ingin Anda jual. Jika anak Anda pernah main di dalam kabin dan merusak bagian eksterior mobil, bawa segera ke salon mobil untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Kebersihan Interior

jual mobil bekas

Jika kita sebagai pembeli, tentu kita ingin membeli mobil dengan kebersihan interior yang baik dan bagus. Orang lebih suka interior mobil yang bersih dan wangi, jadi kotor dan bau sudah pasti mengurangi minat membeli. Jangankan membeli, melihat dan merasakan aroma bau bagi calon pembeli sudah pasti akan mengubah kesan pertama mereka. Selalu bersihkan karpet, bikin wangi interior mobil Anda, dan kilapkan ban juga velg tersebut.

Car with Its Selfie

Ini yang menjadi aktivitas utama para pembawa kamera. Tampilkan foto yang banyak dan perlihatkan keunggulan kendaraan mobil yang ingin dijual. Ini pastinya tidak sulit dilakukan. Kenapa? Saat ini, orang banyak memotret diri sendiri di samping kendaraan favorit mereka. Kenapa tidak lakukan pada kendaraan yang akan Anda jual? Ambil foto setiap sendi mobil Anda, misal ban yang hitam, pelek yang berkilau, fitur di dalam interior seperti DVD Player atau GPS, mesin yang kinclong, atau lampu depan yang terlihat mulus. Sekadar saran, sesi foto yang paling bagus untuk mobil adalah siang hari. Di waktu itulah cahaya bagus matahari dapat terpantul dengan baik dari mobil Anda.

Jujur

Biasakanlah jujur dalam berbicara terhadap calon pembeli mobil Anda. Jujur dalam hal ini adalah termasuk memberitahukan kepada calon pembeli bilamana kendaraan pernah mengalami kecelakaan, terkena goresan dan perbaikan yang pernah dilakukan. Mengungkapkan kekurangan dari kendaraan bukan berarti menjadikan kendaraan tidak laku. Yang membuat tidak laku adalah ketidakjujuran Anda terhadap calon pembeli. Kejujuran Anda terhadap mereka membuat hubungan menjadi semakin nyaman untuk ke depan.

Oke, sudah siap untuk melego mobil Anda?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama