Kredit Mobil Cicilan 0% Bisa Tidak Ya?

Ketika kredit mobil selain tenor yang diperhatikan adalah bunganya. Kredit mobil dengan cicilan 0% mulai banyak ditawarkan, tetapi apakah keuntungan yang diberikan.

Program cicilan selalu ditawarkan oleh toko dan bank sebagai promosi menarik bagi konsumen. Saat ini sudah banyak program cicilan 0% untuk pembelian barang seperti gadget dan elektronik. Anda pasti sering melihat banner promosi di pusat perbelanjaan yang menawarkan cicilan 0% untuk beragam produk handphone, laptop, elektronik dan peralatan rumah tangga buksn.

Lalu pernahkah Anda melihat program cicilan 0% untuk mobil? Ternyata saat ini sudah banyak beredar program cicilan 0% untuk kredit mobil. Beberapa pabrikan dan bank menawarkan program cicilan seperti ini untuk pembelian mobil. Seperti apakah program cicilan 0% untuk kredit mobil ini? Mari kita lihat penjelasannya lebih jauh.

kredit mobil cicilan 0%

Contoh Program Cicilan 0%

Jika biasanya kredit kendaraan dikenakan bunga ada beberapa program promosi yang menawarkan cicilan dengan bunga 0%. Biasanya program cicilan ini dijadikan salah satu strategi untuk menarik konsumen. Bunga cicilan 0% berlaku untuk masa tenor yang lebih pendek misalnya hanya 3 bulan, 1 tahun atau 3 tahun.

Sebagai contoh beberapa pabrikan mobil berlomba-lomba menawarkan program cicilan ini. Pada ajang Jakarta Auto Show 2015 kemarin Honda menawarkan promo cicilan 0% melalui program YES (Year End Special), bunga 0% untuk 2 tahun. 

Biasanya pabrikan mobil menggelar promosi seperti ini di akhir tahun. jika Anda ingin membeli mobil dengan memanfaatkan banyak promosi tandailah akhir tahun Anda sebagai target untuk membeli mobil.

Program Kredit Mobil Cicilan 0% dari Bank

Tidak hanya pabrikan mobil yang menawarkan program cicilan 0%, perbankan juga menawarkan program ini untuk memudahkan nasabahnya mendapatkan mobil impian contohnya seperti Bank BII dan Mandiri.


1. BII FInance

Melalui BII Finance Kredit, Bank BII menawarkan kredit mobil dengan cicilan 0% selama 6bulan. Ketentuan untuk program ini adalah uang muka minimal 35% dari harga kendaraan . Kendaraan dikhususkan untuk jenis mobil diatas harga Rp 200 juta. 

Dikenakan beberapa biaya administrasi, asuransi allrisk lengkap, dan biaya provisi sebesar 1%.

2. Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance adalah sebuah lembaga keuangan hasil kerja sama antara Bank Mandiri dan Tunas Finance. Mandiri Tunas Finance menawarkan pilihan fasilitas kredit dengan nilai Bunga 0% dengan tenor 6 bulan, ditambah lagi dengan perlindungan ekstra.

Ketentuannya adalah uang muka minimal 50% dari harga kendaraan. Selain itu jenis mobil yang bisa memanfaatkan program ini adalah mobil-mobil untuk kelas premium. Program cicilan ini dibuat untuk mengedukasi konsumen tentang kemampuan konsumen untuk membeli mobil secara tunai.

Syarat dan Ketentuan

Biasanya program cicilan dengan bunga 0% hanya diberlakukan untuk mobil baru. Tenor yang tersedia pun relatif pendek minimal hanya 6 bulan, ada yang sampai 3 tahun tetapi hanya dalam masa promosi. 

Selain itu untuk merasakan manfaat cicilan 0% ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi konsumen, apa saja kah syaratnya:

1. Asuransi kendaraan dibayar dimuka

2. Angsuran pertama dibayar saat kendaraan diterima

3. Uang pembayaran pertama dibayarkan ke pihak Bank

4. Pembayaran (biasanya) cover giro, terkadang bisa dinegosiasikan

5. Hanya untuk mobil keluarga (pribadi), bukan mobil niaga (truk, pick up, bus, dll).

Kredit mobil dengan cicilan 0% ini juga berlaku untuk mobil-mobil tertentu saja. Ada beberapa pabrikan mobil yang bekerja sama dengan bank contohnya seperti Chevrolet Spin, Honda Mobilio, Ford Fiesta tipe TiVCT trend dan sport, dan masih banyak lagi.

Kekurangan dari kredit mobil cicilan 0% ini adalah tenornya yang pendek, dan uang muka yang tinggi. Jadi sebelum memanfaatkan promosi ini sebaiknya Anda pelajari dahulu lebih jelasnya karena setiap penawaran selalu ada syarat dan ketentuannya.

Baca juga:Mau Cari Cicilan Mobil? Perhatikan Hal Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama