Kiat Membeli Mobil Bekas Taksi

Membeli mobil bekas taksi kadang kala disepelekan. Tetapi jika Anda teliti dan mengetahui kiatnya bisa jadi akan menguntungkan dari pada mobil bekas lainnya.

beli mobil bekas taksi

Semakin mahalnya harga mobil membuat masyarakat beralih untuk membeli mobil bekas. Selain membeli dari penggunanya langsung dan dealer mobil bekas, Anda juga bisa membeli mobil-mobil bekas yang dulunya digunakan untuk angkutan umum taksi.

Mobil-mobil yang digunakan untuk angkutan taksi biasanya jenis Soluna atau Toyota Limo yang termasuk sebagai mobil pekerja keras karena dipakai setiap hari mencari rejeki, jarak pemakaiannya mencapai ratusan ribu kilometer. 

Biasanya perusahaan taksi menjual limo setelah masa berlaku STNK dan garansi produsen selama lima tahun berakhir. Jikalau Anda memang berminat untuk membeli mobil bekas taksi, bagian yang perlu dicek sebelum membeli adalah mesinnya, kaki-kaki dan kondisi bodi. 

Harga jual standar Limo dipukul rata, untuk produksi 2009 seharga Rp 70 juta dan produksi 2010 Rp 78 juta.

Kiat Sebelum Membeli

Syarat kredit mobil bekas

Biasanya, unit yang dijual sudah direkondisi, jadi dengan harga sekian semestinya Anda bisa mendapatkan kondisi mobil yang maksimal. Nah sebelum membeli Anda bisa menerapkan kiat-kiat berikut ini:

1. Lakukan riset pada siang hari

2. Hindari taksi bandara, mengapa? Karena unit ini mempunyai kilometer tempuh lebih tinggi dibanding yang lain.

3. Unit rekondisi, pilihlah unit yang mendekati Vios dengan tambahan pelapis jok, kaca film, head unit power window, spion elektrik cat bodi dan velg.

4. Bandingkan harga dengan harga standar di pasaran.

5. Cek keseluruhan bagian mesin. Telitilah memeriksa segala konsidi seperti cairan, busi, dan lainnya yang masih visual. Bila perlu Anda bisa mengajak montir langganan yang paham dengan mesin.

6. Garansi. Jika membeli mobil bekas taksi belum tentu mendapatkan garansi, Anda bisa meminta penjual untuk memberikan jaminan kondisi dalam jangka waktu tertentu.

7. Siapkan dana perbaikan untuk perawatan awal dan perbaikan tidak terduga

8. Test drive wajib dilakukan untuk mengetahui dan mendeteksi kondisi mesin termasuk pada kopling, rem serta operasional mekanis seperti buka-tutup pintu, tombol-tombol dan gerak roda.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

beli mobil bekas taksi murah

Ada beberapa keuntungan jika Anda membeli mobil bekas taksi terutama untuk urusan harga. Harga jual mobil bekas taksi jauh lebih murah. Keuntungan lainnya, untuk menjamin pembeli memperoleh mobil bekas taksi dengan kualitas yang memuaskan, maka perusahaan taksi mengizinkan calon pembeli memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan.

Saat akan menjual taksinya biasanya perusahaan taksi akan membawa mobil tersebut ke bengkel mereka untuk dilakukan pengecekan. Saat proses pengecekan ini pembeli diperkenankan untuk datang dan memeriksa kondisi mobil.

Jika Anda setuju dengan mobil yang dipilih selanjutnya masuk proses pengecetan dan Anda bisa memilih warna mobil sesuai dengan keinginan. Hal ini tidak bisa Anda dapatkan di dealer mobil bekas biasa. Setelah semua proses selesai Anda dapat melakukan uji coba.

Apabila Anda merasa kurang nyaman dan merasakan ada bunyi-bunyi tidak wajar pada mobil, Anda bisa meminta pengecekan kembali. Bahkan, terkadang Anda diizinkan untuk mengganti beberapa komponen bila diperlukan.

Kekurangan Membeli Mobil Bekas Taksi

waspada mobil bekas taksi

Keuntungan yang ditawarkan memang ada tetapi membeli mobil bekas taksi juga tidak luput dari kekurangan. Kekurangan tersebut diantaranya adalah Ada beberapa pengurangan fitur seperti power window, central lock, dan beberapa bagian bodi yang kualitas bahannya lebih rendah.

Selain itu untuk ordometenya sangat tinggi daya tahannya tentu tidak sebaik mobil-mobil yang jarak tempuhnya lebih sedikit. Mobil bekas taksi juga memiliki kelemahan dalam hal kaki-kaki mobil yang sudah lemah karena sering digunakan di jalanan yang tidak mulus. Akibatnya berpengaruh pada kekurangan rangka mobil.

Kekurangan lainnya adalah korosi kerap kali ditemukan di mobil bekas taksi. Biasanya karat dapat ditemukan dibagian–bagian bawah mobil yang sering terkena air. Untuk itu Anda harus lebih teliti memperhatikan bagian-bagian tersebut.

Untuk bagian interior mobil bekas taksi juga memiliki kekurangan karena dahulunya penumpang sering keluar masuk sehingga interior menjadi kurang apik. Selain goresan-goresan di beberapa bagian interior, engsel, dan karet pintu juga makin lemah karena kerap dibuka-tutup. Jadi, jangan mengharapkan interior yang bersih pada mobil ini.

Jadi Anda harus pintar-pintar memilih dan siapkan kocek untuk menambahkan bagian-bagian yang kurang tersebut agar performa mobil kembali prima.

Baca juga: 6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama