Ingin Ajukan Kredit Mobil? Ini Pertimbangannya

Ingin membeli mobil tetapi belum memiliki dana yang cukup? Tidak perlu pusing karena kredit mobil akan membereskan masalah Anda.

  1. strategi 1
  2. strategi 2
  3. strategi 3
  4. strategi 4
  5. strategi 5
  6. strategi 6

Anda baru saja dari sebuah gerai mobil, tapi pusing mau pilih mobil tipe yang mana? Di satu sisi, keluarga besar Anda memang membutuhkan mobil untuk bepergian. Baik itu antar orang tua ke rumah sakit. Antar anak pergi sekolah. Atau, Anda sendiri sudah waktunya membutuhkan mobil sebagai transportasi bisnis. Tidak perlu pusing karena kredit mobil akan membereskan masalah itu. Salah satunya coba telusuri MobilGoGo. Di tempat itu, coba cari mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membeli mobil dengan cara kredit memang sudah hal wajar sekarang ini. Melihat transportasi publik yang kian memburuk dari hari ke hari, pilihan memiliki kendaraan pribadi menjadi tak terelakkan. Bahkan, sebagian orang yang memiliki cukup dana pun masih bisa memafaatkan fasilitas kredit mobil sebagai salah satu cara pembayarannya.

Bahkan beberapa lembaga penyalur kredit pun memberikan berbagai macam hadiah tambahan jika memberi mobil secara kredit. Itu membuat calon peminjam semakin tergiur akan tawaran tersebut. Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit mobil, ada baiknya Anda simak informasi penting di bawah ini.

Kondisi finansial

Seperti mengajukan kredit atau pinjaman perorangan lainnya, kondisi keuangan Anda harus diperhatikan terlebih dahulu. Baik itu kondisi keuangan Anda secara pribadi maupun kondisi keuangan keluarga. Jika nantinya Anda membeli mobil secara kredit, pastikan keluarga besar mendukung pilihan tersebut. Karena orang terdekat itulah yang nantinya bisa membantu keuangan Anda secara maksimal. Contohnya begini, jika keluarga besar Anda memiliki bidang usaha sendiri, tentu pihak penyalur kredit akan dengan senang hati memberikan penawaran cicilan kredit mobilnya kepada Anda. Mereka melihat kemampuan Anda dan pengelolaan keuangan Anda cukup maksimal.

Hitung jumlah pendapatan Anda dan bikin simulasi pengeluaran dengan mempehitungkan elemen seperti;

- Biaya kredit mobil bulanan

- Biaya bahan bakar

- Pengeluaran rutin Anda setiap bulan

Jika Anda berencana mengajukan kredit mobil lebih dari 3 (tiga) tahun, bikinlah suatu perencanaan keuangan jangka panjang. Mengapa? Itu dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak terduga, misalnya kelahiran anak bagi Anda yang baru saja menikah. Segala macam perencanaan keuangan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang, akan sangat berguna. Pastikan Anda melakukan itu agar pengeluaran tidak melebihi pendapatan Anda. Satu tips, jangan tergoda untuk melakukan pelebihan pendapatan (mark-up) pada formulis isian pengajuan kredit mobil. Itu akan merugikan Anda sendiri. Lembaga penyalur kredit mobil umumnya sudah bisa memperhitungkan kesanggupan Anda untuk melunasi kredit mobil tersebut.

Jenis dan tipe mobil

Jika Anda belum belum menentukan mobil macam apa yang akan dibeli, lakukan terlebih dahulu semacam survei kecil untuk itu. Cari informasi tipe dan jenis mobil macam apa yang Anda butuhkan. Di pasaran ada banyak tipe dan jenis, misalnya mobil keluarga (family car), tipe kompak (compact car), atau jenis sedan (sedan car). Sesuaikan pilihan mobil dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Jika kondisi keuangan Anda pas-pasan, coba pilih mobil dengan kategori low-cost green car (LCGC), atau bisa juga memilih city car

Tipe ini biasanya memiliki harga rendah dan irit bahan bakar. Gengsi? Sebaiknya Anda jangan memaksakan diri hanya karena gengsi. Jangan karena tetangga membeli mobil yang tampak mewah, Anda juga melakukan hal yang sama. Hasilnya bisa ditebak, Anda malah membeli mobil yang kredit bulanannya melebihi pendapatan. Padahal belum tentu Anda sanggup melunasi di beberapa bulan ke depan. Jangan ragu untuk bertanya perihal kredit dan layanan purna jual pada gerai resmi merek mobil tersebut. Dengan begitu, Anda akan merasa aman dan yakin untuk jatuh hati pada pilihan mobil tersebut.

Lembaga pembiayaan

Ketika Anda mengajukan kredit mobil, pada umumnya ada 2 (dua) lembaga yang bisa dipilih, yaitu bank atau lembaga pembiayaan (leasing). Kedua lembaga ini memiliki persyaratan masing-masing yang tentu saja bisa berbeda dalam hal kredit mobil. Bank biasanya menawarkan bunga yang lebih rendah, namun prosesnya rumit. Mengapa? Itu karena calon peminjam harus mengurus sendiri semua prosedur dan persyaratan. Sementara itu untuk pihak lembaga pembiayaan (leasing), prosedurnya tidak serumit bank. Persyaratannya pun tergolong mudah. Bahkan terjangkau. Tapi, tingkat suku bunga yang ditawarkan cenderung lebih tinggi bila dibanding dengan bank.

Uang muka dan biaya lain

Jika sudah menentukan dari lembaga peminjaman mana Anda ingin ajukan kredit mobil, siapkan uang muka (down payment). Saat ini, uang muka untuk kendaraan bermotor mensyaratkan pembayaran DP sebesar 30 persen dari total harga mobil. Persyaratan minimal uang muka tersebut sesuai dengan regulasi pemerintah. Tentu saja, semakin besar uang muka yang Anda berikan, semakin ringa cicilan bulanan yang harus dibayar.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah besaran pajak, cicilan bulanan, serta suku bunga. Dalam hal suku bunga, Anda bisa memilih tipe suku bunga mana yang lebih cocok. Misalnya Anda ingin membeli mobil dengan merek Toyota dari Bank A. Bank A menawarkan mobil tersebut dengan tingkat suku bunga tetap (flat rate).

Lalu, Anda kemudian cari informasi tentang tipe mobil yang sama ke Bank B. namun Bank B menawarkan dengan tingkat suku bunga mengambang (floating rate) yang nilainya bisa berubah mengikuti suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Untuk hal ini, Anda bisa konsultasikan dengan lembaga peminjam yang terpercaya. Tujuannya agar biaya tersebut tidak terlalu membebankan atau melebihi pendapatan Anda.

Asuransi

Tidak semua lembaga peminjam mensyaratkan peminjam untuk mengasuransikan mobilnya. Baik mobil baru maupun mobil bekas pasti memiliki asuransi. Tujuannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses cicilan masih berlangsung. Jika Anda memutuskan untuk mengasuransikan mobil yang dipilih, ada biaya tambahan yang harus diperhitungkan. Umumnya ada 2 (dua) macam asuransi yang bisa dipilih, Total Loss Only (TLO) dan All Risk. Total Loss Only hanya menanggung kehilangan mobil dan kerusakan mobil lebih dari 70 persen, atau ada juga minimum 75 persen, sementara All Risk dapat menanggung kerusakan akibat berbagai macam musibah hingga kehilangan mobil.

Persyaratan yang mudah

Hal lain yang mesti diperhatikan adalah persyaratan. Baik lembaga perbankan dan perusahaan pembiayaan pasti mensyaratkan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk, slip gaji, dan rekening tabungan. Namun, beberapa lembaga peminjam lainnya mungkin mensyaratkan dokumen lain seperti rekening listrik atau telepon, atau Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dalam mengajukan cicilan mobil, ada beberapa lembaga peminjam yang memberikan kemudahan serta kecepatan dalam pelayanannya. Itu bertujuan agar Anda tidak lagi disibukkan dengan kelengkapan dokumen lainnya. Pastikan semua persyaratan tersebut lengkap. Untuk informasi pengajuan kredit mobil, Anda bisa klik di sini.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama