Beli Mobil Bekas Tunai atau Baru Tapi Kredit

Mobil dapat melengkapi akomodasi untuk keluarga kecil Anda. Kira-kira Anda akan lebih memilih beli mobil bekas tunai atau baru tapi kredit? Pertimbangkan mana yang berikan keuntungan lebih.

Mobil merupakan kebutuhan yang dapat melengkapi keluarga kecil Anda. Apalagi sebuah keluarga yang tinggal di Jakarta kebanyakan membutuhkan mobil sebagai alat transportasi pribadinya. Ketika ingin membeli mobil konsumen akan dihadapkan pada dua pilihan tergantung dari kemampuan finansialnya.

Pertama apabila kondisi keuangan memungkinkan ada pilihan untuk membeli mobil baru secara tunai maka. Namun jika dananya terbatas, ada pilihan membeli mobil baru dengan sistem kredit atau membeli mobil bekas secara tunai. Bagaimana menentukan pilihan bijak terkait masalah yang satu ini?

 Cara Membeli Mobil

Perbandingan Cara Membeli Mobil

Untuk membeli mobil antara mobil baru dengan kredit atau bekas dengan tunai,  sangat sulit menentukan mana yang paling baik. Semua pilihan bergantung pada keinginan konsumen. Ada yang berpikir lebih baik membeli mobil bekas karena dengan dana yang terbatas, tapi tenang sudah tidak terbebani utang. Ada juga yang memilih, walaupun kredit tapi lebih baik beli baru.

Membeli mobil bekas walaupun dengan pembayaran tunai cukup berisiko, terlebih lagi jika konsumen kurang memahami soal teknis kendaraan. Jika mendapat mobil yang kondisinya tidak bagus, maka yang bersangkutan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menservis atau mengganti komponen.

Sementara untuk mobil baru maka kecil kemungkinan produk tersebut cacat. Pemilik hanya cukup melakukan servis berkala, apalagi saat ini seluruh mobil baru masih mendapat servis gratis dalam jangka waktu atau jarak kilometer tertentu.

Ketika membeli mobil bekas Anda harus biasa membuat skala prioritas. Misalnya, bulan depan servis bagian apa, bulan berikutnya ganti komponen yang berbeda. Nah, apabila dihitung sebenarnya sama dengan membayar cicilan mobil baru.

Untuk memudahkan Anda membandingkannya KreditGoGo mencoba memberikan keuntungan dari masing-masing pilihan tersebut.

 Membeli Mobil Bekas Secara Tunai

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Secara Tunai

Bagi konsumen yang punya dana terbatas, membeli mobil bekas bisa jadi alternatif. Tak cuma murah, mereka pun terkadang mendapatkan kendaraan dengan kondisi yang bagus. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Anda akan lebih senang kalau membeli mobil bekas.

1. Hemat Dana & Depresiasi

Mobil bekas lebih murah,  Itu pasti. Selain itu, ada faktor lain seperti nilai depresiasi. Nilai sebuah mobil pasti turun begitu sudah keluar dari showroom. Nah, jika mobil baru memiliki depresiasi yang tinggi setelah tiga tahun, maka mobil bekas tidak akan turun sebanyak mobil gress dari dealer.

Yang harus Anda perhatikan adalah seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan mobil bekas. Karena itu, perhatikan betul mobil dan siapa penjualnya. Namun ingat juga, biaya yang Anda

2. Daya Tahan

Anda boleh berargumen bahwa mobil bekas pasti banyak masalahnya. Tetapi, pertimbangkan hal ini bergantung kepada mobil tahun berapa yang Anda beli. Pilihlah mobil bekas yang umurnya tidak lebih dari lima tahun. Kenapa? Karena mobil-mobil dengan umur seperti itu biasanya memiliki daya tahan yang lebih baik ketimbang mobil, katakanlah, buatan tahun 2001 .

3. Bisa Dapat Mobil Bagus dengan Harga Murah

Dengan budget yang kurang lebih sama, biasanya Anda bisa mendapatkan mobil lebih mewah. Ambil contoh, harga Toyota Sienta ternyata lebih mahal dari sebuah NAV1 bekas buatan tahun 2013.

Anda tentunya paham, NAV1 adalah MPV yang posisinya berada di bawah Alphard, dan Sienta posisinya berada di bawah Toyota Innova. Paling tidak, dengan mobil ini masih menarik perhatian saat Anda turun di lobby mall.

 Membeli Mobil Baru dengan Kredit

Keuntungan Membeli Mobil Baru dengan Kredit

Penjualan mobil secara kredit meningkat karena mobil telah berubah fungsi dari gaya hidup menjadi kebutuhan. Lantas, apa saja keuntungan dari membeli mobil secara kredit?

1. Kemudahan Membayar

Kesulitan membeli mobil secara tunai adalah konsumen harus memiliki tabungan yang cukup besar untuk bisa membeli mobil, dan itu terbilang sulit. Sementara membeli secara kredit, konsumen tidak perlu menabung dan mengumpulkan uang dalam nominal banyak karena pembayaran dilakukan dengan cicilan.

Secara psikologis membeli mobil secara kredit akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Hal ini karena Anda tidak harus langsung mengeluarkan uang dalam jumlah besar, barang bisa dibawa pulang meski pembayaran belum lunas.

2. Asuransi

Ketika memilih mobil kredit, maka konsumen akan diarahkan untuk memiliki asuransi. Dengan demikian mobil akan menjadi lebih aman. Sementara membeli mobil secara cash, pelanggan tidak akan terlalu didorong untuk mengasuransikan kendaraan sehingga pembeli cenderung ‘dilepas’.

3.Syarat Mudah

Membeli mobil secara kredit sebenarnya cukup mudah. Seorang pembeli tinggal menyiapkan beberapa kelengkapan wajib untuk bisa melakukan transaksi. Sebagaimana syarat kredit yang diberikan oleh bank, konsumen tinggal menyediakan dokumen berikut: Fotokopi KTP Suami Istri, Kartu Keluarga, Rekening Koran 3 bulan terkahir, dan Slip Gaji.

4. Menjaga Kondisi Keuangan

Keuntungan terakhir yang diperoleh apabila membeli mobil dengan kredit adalah, dapat menjaga kondisi pengeluaran dan pendapatan bulanan Anda. Kredit bisa membantu Anda jika membutuhkan suatu barang dalam waktu mendesak.

Jadi pilih yang mana, beli mobil bekas secara tunai atau kredit mobil baru? Bandingkanlah dari keuntungan di atas, dan temukan produk kredit mobil terbaik hanya di KreditGoGo. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan pembiayaan yang paling tepat untuk kebutuhan pembelian mobil baik baru atau bekas.

Baca juga: 
Penghasilan Minim Tapi Ingin Beli Mobil? Simak Tipsnya di Sini!
6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama