5 Syarat Penting dalam Pengajuan Kredit Mobil

Saat ini mendapatkan mobil impian lebih mudah karena ada fasilitas kredit. Tetapi ketahuilah lima persyaratan penting ini jika ingin cepat disetujui.

 Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor)

Fasilitas kredit memudahkan seseorang yang ingin membeli mobil tetapi dana yang tersedia belum mencukupi. Terlebih lagi saat ini sudah banyak bank ataupun lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas cicilan untuk hampir seluruh jenis mobil di Indonesia.

Menurut survei yang dilakukan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) pada tahun 2015 pembelian mobil secara kredit menginjak angka 85%. Cukup besar bukan? Menurunnya daya beli yang disebabkan banyak faktor mendorong lebih banyak konsumen membeli mobil dengan cara angsuran alias kredit.

Saat Anda memutuskan untuk membeli mobil baru dengan fasilitas kredit atau cicilan ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, terutama adalah syarat-syarat pengajuan kredit mobil tersebut. Pengajuan kredit mobil tidak semudah yang dibayangkan, adakalanya kredit mobil disetujui tanpa prosedur lama.

Namun sering juga membutuhkan beberapa kali pengajuan baru disetujui. Agar pengajuan kredit mobil Anda disetujui peuihilah 5 syarat dibawah ini:

1. Tentukan Tipe Mobil yang Sesuai

pilihlah tipe mobil

Saat ini ada beragam jenis mobil yang bisa Anda pilih mulai dari merek, warna, ukuran, dan tipe mobil. Masing-masing menawarkan keuntungan tersendiri, tetapi pilihlah tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli mobil berdasarkan dengan penilaian subjektif saja.

Menentukan tipe mobil yang Anda beli sangat penting sebab itu dapat berguna untuk mempersingkat waktu persetujuan kredit. Pihak dealer ataupun lembaga pembiayaan akan mengerti kebutuhan Anda yang sagat mendesak dan alasan yang kuat menginginkan mobil impian tersebut.

2. Pilihlah Mobil yang Sesuai Anggaran

Setiap jenis kredit akan mempengaruhi stabilitas keuangan Anda, terutama jika periode cicilan kredit yang diambil lebih dari satu tahun. Jadi sebelum Anda mengajukan kredit pilihlah tipe mobil yang sesuai dengan budget Anda dan sampai dimana kemampuan Anda untuk membayar cicilan tersebut

Jangan hanya karena penawaran DP yang murah lantas Anda tergiur untuk membeli mobil tersebut tanpa memperhatikan harga mobilnya. Nantinya setelah membayar beberapa kali angsuran Anda merasa keberatan sehingga tidak dapat lagi membayar angsuran.

Jika begitu maka Anda akan mengalami kredit macet, dan jika sudah mengalaminya kredibilitas Anda akan turun di mata leasing maupun dalam catatan Bank Indonesia. Sehingga akan mempersulit Anda ketika mengajukan pengajuan kredit selanjutnya, karena rekam jejak keuangan Anda negatif.

3. Uang Muka dan Besar Cicilan

Uang Muka dan Besar Cicilan

Pengajuan kredit mensyaratkan uang muka sebesar 20%-30%. Pastikan Anda sudah menyiapkan uang muka berdasarkan persentase dari harga mobil tersebut. Misalnya jika harga mobil Rp 200 juta berarti uang muka yang harus dipersiapkan adalah Rp 40 juta – Rp 60 juta.

Bersarnya uang muka sangat berpengaruh pada besar cicilan dan tenor kredit Anda. Semakin besar uang muka yang dibayarkan maka semakin besar pula peluang bagi Anda untuk memilih tenor cicilan dan besarnya cicilan.

4. Rekening Pribadi

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil kredit mobil sebaiknya buatlah sebuah rekening yang sehat. Artinya pemasukan dan pengeluaran dalam rekening Anda harus berimbang dan surplus aktif. Jadi walaupun pemasukan tidak terlalu banyak, secara nominal pemasukan terus meningkat.

Hal ini menjadi acuan dasar pengajuan kredit di lembaga pembiayaan, mereka akan lebih percaya dengan semua laporan pribadi yang Anda miliki.

5. Kelengkapan Data Administrasi

Kelengkapan Data Administrasi

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah berkas administrasi. Berkas administrasi yang lengkap menjadi bagian penting dalam tahap pengajuan kredit mobil. Selain itu kelengkapan dokumen juga merupakan syarat penentu pengajuan kredit Anda cepat disetujui.

Berkas-berkas yang harus dimiliki sebelum mengajukan kredit adalah, Kartu Keluarga, KTP, Slip Gaji, Rekening Tabungan, Rekening Listrik/Telepon/Pajak Bumi Bangunan, dan dokumen penunjang lainnya sesuai persyaratan di lembaga pembiayaan tersebut.

Jangan lupa untuk memeriksa dokumen yang akan diberikan, pastikan jika data tersebut merupakan data terbaru dan sesuai dengan tempat tinggal sekarang. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Apabila kelima persyaratan diatas sudah bisa Anda penuhi pengajuan kredit Anda akan aman dan cepat disetujui. Asalkan segala prosedur dan persyaratan dilengkapi dengan baik maka kredit Anda tidak akan terhambat.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa DP Kredit Kendaraan Harus Besar

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Insan

    Met sore mau tanya saya sudah mengajukan kredit mobil avanza dp 50 juta selama 35 bulan data ktp kk buku nikah resi ktp istri yg sedang proses pbb setelah dp kenapa tiba2 minta data baru di karnakan pbb rumah nama yg tercantum di kk sehingga mereka minta copy an sertifikat rumah namun orng tua tidak ijinkan itu di karnakan hal lain

    Reply