5 Mobil Terbaru Ini Siap Ramaikan Pasar Otomotif

Setiap tahunnya, dunia otomotif terus mengalami perkembangan pesat. Tahun 2016 ini akan bermunculan mobil baru yang siap menjadi pilihan pecinta otomotif Tanah Air.

Menurunnya daya beli masyarakat terhadap kendaraan roda empat akhir-akhir ini, tidak menyurutkan niat para pabrikan mobil dunia untuk menghadirkan produk terbarunya di Tanah Air.

Ya, berbagai pabrikan mobil dunia sudah siap memamerkan jargon terbaru. Tentunya dengan menawarkan segudang fitur baru, perubahan tampilan eksterior, hingga desain interior yang lebih mewah.

Berbagai tipe mobil mulai dari Low Cost Green Car (LCGC), Multi Purpose Vehicle (MPV), hingga Sport Utility Vehicle (SUV) siap diluncurkan ke masyarakat Indonesia. Penasaran mobil apa saja yang akan meramaikan pasar otomotif tahun 2016? Berikut kami hadirkan ulasannya.

Honda BR-V

Di tahun 2016, Honda menghadirkan mobil terbaru di segmen low SUV atau mobil crossover, yakni Honda BR-V. Kehadiran mobil ini sangat dinanti-nantikan peminatnya, bahkan jumlah indennya mencapai ribuan unit.

Daya pikat mobil baru buatan Honda tersebut memang sangat besar, karena menawarkan mesin canggih dengan teknologi mesin i-VTEC dengan empat silinder berkapasitas 1.500 cc.

Mesin tersebut diklaim mampu mengeluarkan tenaga mencapai 120 ps dan torsi 14.8 kg.m yang membuatnya mampu berakselerasi lebih bertenaga.

Untuk harganya, Honda BR-V akan ditawarkan dengan 3 pilihan model, yaitu S (MT), E (MT, CVT) dan E CVT Prestige dengan harga jual termurah mulai Rp 226.500.000 hingga paling mahal Rp 261.500.000.

All New Fortuner

Setelah sukses merilis All New Innova pada akhir tahun 2015, Toyota kembali menyiapkan mobil baru bernama All New Fortuner. Mobil berjenis SUV tersebut menawarkan banyak perubahan pada bagian interior dan ekteriornya.

Dibandingkan Toyota Fortuner generasi sebelumnya, tampilan luar All New Fortuner tentu lebih sporty. Begitu pun dengan jantung pacunya yang dilengkapi mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 174 Hp pada 3.000 rpm, serta torsi mencapai 450 Nm pada 1.600-2.400 rpm.

Sementara pada tipe manual, menghasilkan torsi lebih rendah, yaitu 420 Nm pada kisaran putaran mesin 1.400-2.600 rpm yang disalurkan oleh transmisi 6 percepatan.

Untuk harga, All New Fortuner dibanderol mulai dari Rp 442.000.000.

Suzuki Ertiga Dreza

Tahun ini, Suzuki menghadirkan mobil baru untuk segmen low MPV, yaitu Suzuki Ertiga Dreza. Kesan mewah memang ditonjolkan pada varian ini. Tujuannya adalah sebagai penawaran opsi kepada masyarakat yang ingin memiliki Ertiga lebih dari sekadar low MPV biasa.

Dibandingkan New Ertiga GX generasi sebelumnya, Ertiga Dreza tentu memiliki banyak perubahan yang cukup signifikan, baik dari sisi eksterior maupun interior. Desain bemper baru, gril berlapis krom, dan lampu LED membuat wajah Ertiga semakin mewah.

Mobil berkapasitas silinder 1.373 cc dengan dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis ini dibanderol mulai dari Rp 216.900.000.

All-New Pajero Sport

Mitsubishi menghadirkan generasi terbaru di Pajero Sport dengan desain lebih modern dan interior lebih mewah, yakni All-New Pajero Sport. Mobil baru 2016 ini akan bersaing ketat melawan Toyota All New Fortuner dalam merebutkan posisi sebagai mobil SUV menengah terbaik di Indonesia.

Untuk mesin, All New Pajero Sport mengandalkan 4 liter MIVEC turbo diesel yang dipadukan dengan tranmisi otomatis 8 percepatan. Sehingga mampu mengeluarkan daya maksimal mencapai 154 ps dan torsi mencapai 380 nm.

Selain itu, adapula varian lain dengan mesin bertenaga 181 ps dan torsi 420 nm.

All New Pajero Sport menawarkan empat varian dengan masing-masing sepsifikasi dan harga yang berbeda, yaitu GLX 4x4 MT (Rp 495.000.000), Exceed 4x2 AT (Rp 446.000.000), Dakar 4x2 AT (Rp 496.000.000), dan Dakar 4x4 AT (Rp 623.000.000).

Datsun GO-Cross

Kesuksesan Go Panca dan Go+ diharapkan akan menular pada mobil baru Datsun GO-Cross. Mobil bertipe crossover tersebut sudah diperkenalkan konsepnya pada ajang Tokyo Moto Show 2015.

Di Indonesia sendiri, Datsun GO-Cross diperkirakan akan segera rilis pada pertengahan tahun ini.

Datsun GO-Cross akan memberikan sensasi baru yang stylish, seru, dan penuh petualangan pada line-up produk Datsun. Agar kian menonjol, mobil ini dihadirkan dalam warna kuning menyolok.

Untuk segmennya sendiri, pihak PT Nissan Motor Indonesia masih memiliki waktu untuk memutuskan apakah Datsun GO-Cross akan masuk di segmen LCGC atau tidak. Sedangkan dari sisi harga, diperkirakan akan berada diatas Rp 150 jutaan.

Mobil manakah yang menjadi favorit Anda? Jika berniat memilikinya, sesuaikanlah dengan kebutuhan, kemampuan budget, dan tentunya selera.

Baca juga: Kredit Mobil Cicilan 0% Bisa Tidak Ya?


0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama