5 Cara Mewujudkan Target Memiliki Mobil di 2016

Anda memiliki target untuk punya mobil di tahun depan? Sebelum awal tahun tiba mari buat dulu resolusinya dan lakukanlah 5 langkah berikut ini.

Kredit Mobil baru

Kebutuhan mobilitas yang meningkat menjadikan kendaraan sebagai kebutuhan setiap orang. Selain itu faktor cuaca, debu dan polusi udara menjadikan mobil sebagai kendaraan dambaan setiap orang. Walaupun kondisi jalanan di kota-kota besar semakin padat, tidak menyurutkan niat orang untuk membeli mobil.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda menjadi salah satu orang yang ingin membeli mobil di tahun 2016 nanti? Sebelum tahun 2016 tiba susunlah terlebih dahulu resolusi untuk tahun depan agar target memiliki mobil pribadi tercapai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mewujutkan resolusi membeli mobil baru. Kami merangkumnya untuk Anda

1. Jenis Mobil yang Dibutuhkan

tipe city car

Beberbagai jenis mobil tersedia dipasaran, maka dari itu cermati kembali kebutuhan Anda. Jenis mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan mobil untuk mobilitas bersama dengan jumlah lebih dari 4 orang dan dapat memuat banyak barang, maka mobil jenis MPV dapat menjadi pilihan.

Kalau kebutuhan Anda untuk mobilitas sehari-hari seperti mengantar anak bersekolah, atau kerja serta tidak digunakan oleh jumlah orang yang banyak tipe city car atau hatchback paling cocok karena kapasitasnya sesuai dan irit bahan bakar. 

Sedangkan jika Anda mencari mobil yang dapat menempuh medan berat maka tipe seperti SUV yang lebih tepat, hanya saja konsusmsi bahan bakarnya cukup besar. Jadi kenali dulu kebutuhan Anda, mobil jenis apa yang paling diperlukan. Hal inilah yang menjadi hal pertama saat menyusun resolusi untuk membeli mobil

2. Sesuaikan Anggaran yang Dimiliki

Kredit Mobil Bekas

Setelah menentukan mana jenis mobil yang ingin dibeli, kemudian lihat berapa besarnya harga mobil tersebut. Sudah sesuai atau belum dengan Anggaran yang Anda miliki? Dari harga mobil berapa besar dana yang tersedia saat ini

Jika dana yang dimiliki masih belum mencukupi harga beli mobil dan Anda ingin membeli mobil di tahun 2016 maka perlu menyusun anggaran baru di tahun 2016 dengan berbagai penghematan.

3. Menghemat Pengeluaran

Hemat pengeluaran

Agar dapat memenuhi harga beli mobil yang diinginkan maka harus lebih menghemat pengeluaran. Anda bisa melakukan penghematan dalam segala hal. Susun kembali anggaran Anda, jika ingin fokus pada tujuan maka perhatikanlah pos-pos pengeluaran yang tidak diperlukan selama ini. 

Kurangi pengeluaran yang tidak penting, pos-pos yang tidak dikeluarkan lebih baik dihilangkan. Berhemat itu memang hal yang sulit tetapi Anda pasti tidak akan menyangka seberapa besar dana yang akan didapat dari berhemat.

4. Buatlah Tabungan dan Investasi

Tabungan dan Investasi

Sebelum memasuki awal tahun 2016 tentukan kembali target untuk menabung. Masih tersisa 12 bulan di tahun depan untuk mengumpulkan dana yang cukup. Anda harus menyisihkan sebagian dari gaji bulanan. Dalam hal menabung kedisiplinan sangat diperlukan agar sesuai dengan rencana. 

Tetapi jika jumlah dana yang dibutuhkan tidak sedikit maka menabung saja tidak akan memungkinkan untuk bertambah nilainya dalam waktu singkat. Untuk itu selain menabung Anda bisa memilih investasi, pelajarilah jenis investasi yang tepat, Anda bisa berkonsultasi dengan financial planer tentang kelemahan, kelebihan dan risiko setiap instrumen investasi. 

Jika tidak mau mengambil risiko tinggi pilihan investasi emas sangat cocok. Atau pilihlah yang paling mudah, misalkan dengan membeli hewanternak seperti sapi, kambing, dsb untuk dijual kembali. Dengan demikian uang Anda akan bertambah lebih cepat.

5. Ajukan Kredit Mobil

Memang lebih baik membeli mobil dengan cara tunai, sebab nilai mobil selalu menurun dan tidak sebanding dengan bunga kredit yang harus dibayar. Namun jika kebutuhan mobil memang mendesak sedangkan dana tunai belum mencukupi, menggunakan fasilitas kredit dari bank ataupun lembaga pembiayaan (multifinance) patut dipertimbangkan.

Dalam kerangka perencanaan keuangan, maksimum total cicilan yang masih bisa ditoleransi adalah 30% dari penghasilan bulanan Anda. Jika Anda sudah memiliki cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), maka total cicilan KPR dan cicilan mobil Anda maksimum 30% dari penghasilan.

Sebagai contoh, penghasilan per bulan Anda Rp 10 juta, maka total cicilan yang masih bisa ditoleransi adalah Rp 3 juta per bulan. Jika sebelumnya sudah memiliki cicilan KPR sebesar Rp 2 juta, maka saat Anda akan mengambil fasilitas kredit untuk mobil maksimum cicilannya adalah Rp 1 juta.

Jadi sebelum menyusun resolusi untuk membeli mobil perhatikanlah 5 hal diatas untuk mewujudkan target memiliki mobil ditahun 2016

Baca juga: Daftar Diskon Mobil Jelang Akhir Tahun 2015

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama