5 Alasan Orang Lebih Memilih Mobil Bekas

Alasan utama orang lebih memilih mobil bekas adalah faktor biaya. Tetapi tidak hanya itu, banyak faktor yang ternyata lebih menguntungkan daripada membeli mobil baru

perawatan mobil

Memiliki mobil impian memang dambaan setiap orang, tetapi kendala biaya selalu menjadi permasalahan utama yang menghambat kebanyakan orang. Kendala keuangan membuat orang lebih melirik mobil bekas untuk mereka beli.

Saat ini mendapatkan mobil keluaran ternbaru dengan harga selangit bukan perkara yang sulit, sebab banyak jasa kredit yang bisa dimanfaatkan. Tetapi masih banyak masyarakat yang lebih memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru.

Hal tersebut ditandai dengan kenaikan penjualan mobil bekas pada tahun 2015, berbeda daripada tahun 2014. Pada akhir tahun 2015 kemarin tercatat rata-rata penjualan mobil bekas bisa naik 10–15 persen.Membeli mobil baru memang memiliki nilai prestise yang tinggi

Tetapi lupakanlah prestise Anda dengan memiliki mobil baru. Jika Anda lebih mengutamakan fungsi daripada prestise, Ada begitu banyak alasan kenapa orang lebih memilih mobil bekas. Anda mungkin tidak akan ragu untuk membeli mobil bekas jika membaca lima alasan berikut ini:

1. Harga Lebih Murah

low price

Sudah jelas mobil bekas memiliki keunggulan di sektor harga. Alasan yang paling umum terjadi ketika seseorang memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas adalah masalah anggaran yang terbatas. Jadi jika kendala anggaran menjadi hambatan Anda makan tepat jika Anda memilih untuk membeli mobil bekas.

Sebab inilah yang paling cocok dengan isi kantong Anda sekarang. Harga yang murah juga akan menguntungkan pembeli jika hendak menjualnya lagi mereka tidak akan mengalami banyak penurunan harga. Dan karena dapet harga yang lebih murah, berarti nilai plusnya adalah berhemat.

2. Depresiasi Harga

Harga Mobil Turun

Depresiasi merupakan salah satu hal yang tak begitu disukai oleh para pemilik kendaraan. Rata-rata sebuah mobil akan mengalami penurunan harga sekitar 15% hingga 25% per tahun selama lima tahun pertama.

Maka dari itu, daripada membeli sebuah mobil baru, lebih baik Anda membeli mobil bekas yang berumur lebih dari lima tahun. Selain harganya lebih murah, setelah berumur lima tahun, penurunan harga mobil tidak terlalu signifikan .

3. Tanpa Inden

Mobil Bekas

Berbeda dengan mobil baru, membeli mobil bekas tergolong lebih cepat karena tidak perlu menunggu atau inden baru bisa memakainya. Seorang pembeli yang tak sabaran, bisa saja berubah pikiran karena waktu inden atau antrian yang terlalu lama untuk bisa mendapatkan mobil yang diidamkan.

Alhasil, pilihan untuk mendapatkan mobil pun jatuh pada mobil bekas yang sudah 'ready' untuk dibeli. Nah, jika pergi ke pameran mobil bekas Anda bisa langsung membeli dan memakainya hari itu juga.

4. Biaya Bulanan

Biaya bulanan

Mobil Baru Cenderung membutuhkan perawatan yang maksimal. Dengan adanya mobil baru, bertambah pula biaya yang harus dikeluarkan. Mobil terbaru tentu membutuhkan premi asuransi yang lebih mahal.

Selain itu, mobil keluaran terbaru juga wajib menggunakan bahan bakar non subsidi pemerintah, yang berarti biayanya lebih mahal lagi. Pajak kendaraan baru, terutama kendaraan mewah, jelas sangat mahal jika dibandingkan pajak kendaraan bekas.

5. Fungsi dan Kualitas tidak Beda Jauh

Bengkel mobil

Jika Anda jeli dalam melihat kulitas mobil tersebut, maka Anda akan mendapatkan mobil bekas dengan kondisi masih sangat bagus. Saat ini banyak dealer yang menjual mobil bekas dengan kondisi mobil masih prima.

Dari tampak luar pun terlihat seperti mobil baru. Karena itu, Anda harus pintar-pintar mencari mobil bekas yang berumur masih muda dan jarak tempuh masih sedikit. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang bagus.

Apabila yang Anda perlukan adalah mobil yang berfungsi untuk mengangkut barang, daripada mencari mobil baru lebih ekonomis jika memilih untuk membeli mobil bekas sebab Anda dapat lebih berhemat dalam pengeluaran.

Jadi mobil bekas tidak terlihat buruk jika dibandingkan mobil baru, fungsinya pun tak berbeda banyak dengan mobil baru, harganya tentu lebih murah dibanding mobil baru dengan merek yang sama. Yang bekas tidak selalu buruk bukan.

Baca juga:  6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama