5 Alasan Orang Lebih Memilih Mobil Baru

Banyak orang lebih memilih mobil baru, ketimbang mobil bekas. Lantas, alasan apa sajakah yang membuat orang lebih tertarik membeli mobil baru? Inilah 5 alasannya.

Kini, mobil bukan hanya berfungsi sebagai alat transportasi, melainkan juga gaya hidup. Bahkan, menurut hasil survei yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, mobil dijadikan simbol kesuksesan. Cara mendapatkan mobil pun kini begitu mudah, salah satunya karena adanya fasilitas kredit mobil.

Dengan banyaknya jasa kredit mobil, membeli mobil terbaru dengan harga fantastis pun bukan perkara sulit. Anda bisa membayar down payment (DP) yang tergolong ringan. Inilah yang menyebabkan masyarakat lebih memilih membeli mobil baru ketimbang mobil bekas.

Kendati penjualan mobil baru pada 2015 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2014, namun nyatanya total angka penjualan mobil baru masih tergolong tinggi. Sebagai contoh, pada 2015, total penjualan LCGC mencapai 165.434 unit.

Ada begitu banyak alasan mengapa orang lebih memilih mobil baru. Inilah 5 alasan utama yang membuat orang tidak ragu untuk membeli mobil baru.

Promo DP Ringan

Biasanya, pihak produsen atau dealer akan memberikan promo DP murah serta cicilan ringan pada momen-momen tertentu seperti saat pameran.

Sebagai contoh, pada Desember 2015, PT Duta Cendana Mobilindo Authorized Toyota Dealer, dealer resmi mobil Toyota di Cianjur, Jawa Barat, mengadakan pameran sekaligus memberikan program DP murah dan cicilan ringan terhadap para konsumen.

Khusus untuk pembelian mobil Toyota Avanza, dealer tersebut memberikan promo DP murah Rp 15 juta serta cicilan ringan Rp 2 juta per bulan.

Tentu hal ini menjadi faktor yang mempengaruhi minat orang untuk membeli mobil baru. Apalagi bagi mereka yang memiliki kocek terbatas namun berkeinginan membeli mobil baru.Dengan DP ringan, sudah bisa membawa pulang mobil impian.

Suku Bunga Ringan

Di tengah kondisi bunga pinjaman yang tergolong rendah seperti sekarang, lebih baik memang membeli mobil baru. Selain bisa mendapat keuntungan karena total biaya perolehan mobil baru lebih rendah, nilai ekonomis mobil baru juga lebih besar.

Sebagai contoh, salah satu bank penyedia layanan Kredit Pemilikan Mobil (KPM), memberikan suku bunga per tahun lebih rendah untuk pembelian mobil baru, ketimbang mobil bekas. Untuk mobil baru dengan tenor 3 tahun, bank tersebut memberikan suku bunga 5,69% per tahun.

Sedangkan mobil bekas dengan tenor 3 tahun, nasabah dibebankan suku bunga sebesar 8,5% per tahun. Tentu nilai nominal bunga tersebut sangat jauh berbeda.

Servis dan Garansi

Jika membeli mobil baru, Anda tidak perlu repot soal perawatan dan servis kendaraan karena terdapat layanan servis berkala gratis sampai kilometer tertentu. Servis tersebut meliputi penggantian oli dan servis mesin ringan, yang tentunya bertujuan agar performa mobil tetap prima.

Biasanya, produsen akan memberikan garansi selama 3 tahun atau lebih. Selain itu, mobil baru juga didukung mesin dan suku cadang baru sehingga Anda tak perlu menggantinya dalam waktu dekat.

Oleh karenanya, pembeli mobil baru tentu akan merasa lebih aman dengan adanya garansi ini.

Sementara untuk mobil bekas, Anda mungkin akan sering mengganti mesin atau suku cadang.

Premi Asuransi Rendah

Bagi yang membeli mobil secara kredit, sudah pasti memiliki asuransi. Selain melindungi mobil dari risiko buruk yang mungkin terjadi, asuransi juga membantu menjaga kondisi keuangan tetap stabil, karena dapat mengurangi pengeluaran tak terduga, misalnya akibat tabrakan.

Untuk mobil baru, besaran premi asuransinya tergolong lebih rendah dibandingkan mobil bekas. Sebab, salah satu tolak ukur premi asuransi kendaraan adalah ditentukan oleh usia kendaraan itu sendiri. Semakin tua usia mobil, maka tingkat atau suku premi asuransinya juga makin besar.

Fitur Teknologi Terkini

Faktor selanjutnya adalah karena fitur teknologi terkini. Ya, ketika berbicara teknologi keselamatan berkendara, mobil baru jelas menjadi pemenang dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat dari para produsen mobil.

Berbagai fitur keselamatan terbaru seperti backup cameras, electronic stability control, multiple airbags, driver assistance packages, dan blind-spot monitoring, tentu melengkapi beberapa mobil keluaran terbaru.

Itulah 5 alasan mengapa orang lebih tertarik memilih kredit mobil baru, dibandingkan kredit mobil bekas. Namun, semua itu kembali lagi pada diri Anda, apakah lebih tertarik membeli mobil baru ataukah mobil bekas.

Baca juga: 5 Alasan Orang Lebih Memilih Mobil Bekas

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama