4 MPV Favorit untuk Pulang Kampung

Lazim mudik membutuhkan membutuhkan kendaraan besar (MPV) untuk menampung seluruh anggota keluarga. Inilah empat review MPV favorit saat pulang kampung.

Mudik dengan mobil pribadi menjadi alternatif ketika harga tiket semakin mahal. Nah, jika Anda ingin berlebaran di kampung halaman dengan mengendarai kendaraan sendiri bersama keluarga, maka ada baiknya menyimak sejumlah model mobil keluarga yang cocok untuk mudik.

 mobil keluarga

Saat perjalanan mudik biasanya memang membawa beberapa anggota keluarga. Tidak mengherankan banyak orang memilih jenis mobil keluarga atau MPV (multi-purpose vehicle) sebagai tunggangan mereka.

Selain kabin luas berkapasitas tujuh orang, mobil kelas ini juga memiliki spesifikasi cukup mumpuni untuk mudik. Berikut ini adalah beberapa varian mobil yang cocok untuk mudik keluarga dengan harga di bawah Rp200 juta :

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza

Sudah kita ketahui secara umum, Avanza dikenal sebagai pelopor mobil keluarga yang banyak dijadikan pilihan. Dengan dimensi panjang 4.150 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm serta wheellbase 2.655 mm mobil ini dapat menampung banyak penumpang hingga tujuh orang.

Mobil dengan mesin 4 cylinder, 16 V, DOHC, VVT-I yang mampu menampung 45 liter bahan bakar, sehingga konsumsi bahan bakarnya tergolong hemat BBM.

Pada kabin baris ketiga kursi dapat diatur untuk penumpang ataupun barang, sehingga Anda bisa membawa semua barang bawaan dengan mudah.

Mobil ‘sejuta umat’ besutan Toyota ini hampir selalu digunakan masyarakat Indonesia untuk pulang kampung. Harga mobil ini dibandrol mulai dari Rp184 juta (Grand New tipe 1.3 M/T) - Rp230 juta (Grand Veloz tipe 1.5 A/T).

2. Honda Mobilio

Honda Mobilio

Mobil keluaran Honda ini pertama kali diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HMP) pada tahun 2014 dan langsung disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Mobilio dirancang sebagaikendaraan multi-purpose, artinya tetap nyaman dikendarai di dalam kota maupun perjalanan keluar kota.

Hadir dengan konsep mobil keluarga, Honda Mobilio memiliki dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm, dan wheelbase 2.650mm. Dengan ground clearance terbilang tinggi, mobil ini dapat menampung kapasitas penumpang hingga 8 orang.

Honda mengklaim bila Mobilio merupakan mobil paling hemat bahan bakar di kelasnya dengan konsumsi BBM hanya 26,7 km/liter. Inilah yang terpenting ketika anda memilih mobil untuk mudik. Untuk harganya, Honda Mobilio dijual dengan harga mulai dari Rp180 juta-Rp235,5 juta.

3. Daihatsu Xenia

 Daihatsu Xenia

Kembaran Toyota Avanza ini hadir dengan desain tidak jauh berbeda. Namun Daihatsu mendesain Xenia dengan menggusung tiga keunggulan. Mobil ini diklaim Daihatsu lebih stylish, lebih efisien, dan nyaman.

Daihatsu Xenia hadir dengan dimensi panjang 4,140mm, lebar 1,660mm dan tinggi 1,695mm serta memiliki bobot kosong 1425kg, sehingga mampu menampung hingga 7 penumpang dengan komposisi tiga baris kursi.

Kabin yang didesain lebih atraktif dan nyaman bagi keluargaketika melakukan perjalanan. Ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih mobil agar mudik menjadi lebih menyenangkan.Untuk harganya Daihatsu Xenia dibandrol mulai dari Rp155juta-Rp209 juta.

4. Suzuki Ertiga

 Suzuki Ertiga

Jenis mobil terakhir yang bisa Anda pilih adalah Suzuki Ertiga. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4,265 mm, lebar 1,695mm, tinggi 1,685 mm serta wheelbase 2,740mm. Dengan dimensi desain tersebut, Suzuki Ertiga mampu menampung 7 penumpang ini memiliki kapasitas tangki hingga 45 liter.

Pada bagian kabin di sisi bangku tengah dan belakang dapat diubah split 50:50. Fungsi ini dapat memungkinkan pengendara membawa barang bawaan yang lebih banyak dengan cara melipat kursi pada bagian belakang. Untuk harganya, Suzuki membandrol varian Ertiga dengan harga mulai Rp183 juta- Rp236juta.

Apabila Anda berencana membeli atau kredit mobil untuk dibawa pulang kampung nanti, empat pilihan merek mobil diatas dapat menjadi referensi. Biasanya menjelang Idul Fitri ada banyak promo diskon yang bisa Anda manfaatkan. Selamat mempersiapkan rencana pulang kampung Anda!

Baca juga: Manakah yang Lebih Untung Kredit Mobil Baru atau Bekas?
5 Pertimbangan Mengganti Mobil Lama dengan Mobil Baru

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama