4 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Kredit Mobil Bekas

Kredit mobil bekas menjadi solusi bagi sebagian orang untuk memiliki mobil. Agar tidak salah langkah dalam mengambil kredit terlebih dahulu perhatikan hal-hal berikut ini

kendaraan seken alias bekas

Kredit mobil menjadi solusi bagi sebagian orang untuk memiliki mobil. Dengan harga mobil yang sangat mahal, membelinya secara tunai tentu sangat berat. Itulah kenapa kredit mobil sangat diminati banyak orang, lantaran sistem kredit mempermudah individu untuk mendapatkan mobil.

Untuk itu solusi pembelian mobil ini meningkatkan permintaan kredit terhadap benda bergerak tersebut. Data yang diolah dari berbagai sumber bahkan menyebutkan jika 70 persen masyarakat Indonesia membeli kendaraan secara kredit.

Kredit mobil tak hanya dilakukan untuk mobil baru saja, kendaraan seken alias bekas pun kini juga banyak yang dikreditkan. Hal ini tentunya memberikan peluang lebih besar orang untuk memiliki mobil. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli mobil bekas dengan sistem kredit.

Berikut ini adalah tiga hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas dengan sistem kredit:

1. Pilihan Penyedia Kredit

kredit mobil bekas melalui leasing

Terdapat dua pilihan penyedia kredit mobil bekas, yaitu melalui bank ataupun leasing. Anda bisa memilih diantara keduanya. Jika Anda memilih mengambil kredit mobil bekas pada leasing atau lembaga pembiayaan lebih menguntungkan dari pada bank dalam segi efisiensi waktu.

Proses persetujuan kredit mobil dengan menggunakan lembaga pembiayaan bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan bank, apalagi jika leasing memiliki hubungan langsung dengan dealer mobil tertentu. Anda bisa mendapatkan semua informasi seputar kredit langsung dari dealer mobil tanpa perlu bolak-balik ke bank.

Namun pelayanan kredit mobil bekas melalui leasing bukan tanpa kelemahan. Inilah yang harus Anda perhatikan, pada leasing suku Bungan kredit jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bank. Belum lagi dengan beban cicilannya, jika sewaktu-waktu Anda telat membayar kemungkinan mobil Anda akan diambil pihak leasing.

Berbeda dengan bank, kredit mobil bekas melalui bank kecenderungannya suku bunga bank lebih rendah ketimbang di lembaga keuangan lain, walaupun prosesnya lebih lama. Selain itu bank juga lebih fleksibel dalam hal negosiasi ketika Anda tidak mampu membayar cicilan. Jadi sebaiknya dahulukan kredit mobil di bank daripada leasing.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa DP Kredit Kendaraan Harus Besar

2. Uang Muka dan Besar Cicilan

DP kendaraan

Ketika Anda membeli mobil dengan sistem kredit maka yang harus dipersiapkan adalah uang muka. Besarnya uang muka berkisar antara 20% – 30% dari harga mobil. Uang muka ini bergantung pada besarnya cicilan yang Anda bayarkan.

Jika uang muka yang Anda bayarkan lebih besar maka jumlah cicilan per bulan akan lebih ringan. Untuk menentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup Anda bayar, patokannya adalah jumlah cicilan tidak lebih dari 1/3 penghasilan Anda per bulan.

Selain itu perhatikan pula biaya adminisatrasi dan biaya lainnya. Seperti asuransi, setoran dari kredit mobil juga akan ditambah dengan premi asuransi. Besaran premi asuransi mobil salah satunya ditentukan oleh usia kendaraan.

3. Jangka Waktu Kredit

Jangka Waktu Kredit

Dalam kredit mobil penting sekali menentukan jangka waktu cicilan yang Anda inginkan. Hal ini berkaitan dengan besarnya cicilan Anda. Secara umum jangka waktu kredit mobil adalah satu tahun sampai tiga tahun, namun ada juga lembaga pembiayaan yang menawarkan sampai lima tahun

Sebaiknya pilihlah jangka waktu cicilan sesingkat mungkin walaupun jumlah cicilan perbulannya lebih besar. Sebab semakin lama jangka waktu kreditnya, jumlah uang yang harus Anda bayarkan akan semakin besar. Jika Anda mengambil jangka waktu kredit yang singkat semakin murah yang harus Anda bayar.

Apabila Anda mengambil jangka waktu yang lebih lama maka biaya yang dikeluarkan lebih besar. Seperti yang Anda ketahui, nilai mobil dari waktu ke waktu akan semakin turun. sehinggga rugi sekali jika total yang dibayarkan lebih banyak padahal harganya saat cicilan lunas sudah jauh lebih rendah.

4. Suku Bunga

Suku Bunga

Kredit mobil bekas dinilai lebih mahal dari mobil baru, penyebabnya adalah tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Kredit mobil bekas memiliki bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan kredit mobil baru. Jika kredit mobil baru memiliki bunga cicilan 3% per tahun, maka untuk kredit mobil bekas dapat mencapai 9% per tahun.

Bank Indonesia (BI) sudah menentukan suku bunga yang mempengaruhi besar kecilnya setoran kredit di berbagai sektor, namun perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan memiliki kebijakan untuk mengikuti atau menahan tingkat bunga kredit.

Kebijakan tersebut tergantung pada kondisi perusahaan pembiayaan. Untuk itu kenapa sangat penting memilih perusahaan pembiayaan atau pemberi kredit yang mapan dan baik. Karena dengan ketahanan keuangan perusahaan yang baik, Anda dapat terhindar dari setoran cicilan yang mahal.

Baca juga: 6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama