Tingkatkan Laba Bisnis Franchise dengan 8 Cara Ini

Bisnis franchise tak bisa cuma mengandalkan nama besar sebuah brand. Tetap perlu trik khusus agar lebih unggul dari para saingan. Pelajari tipsnya di sini!

Banyak pengusaha pemula yang tergiur dengan bisnis waralaba aliasfranchise. Perlu Anda ketahui,usahafranchise bukan sekedar terima untung.

Lihat saja 7-Eleven yang perlahan gulung tikardanakhirnya resmi menutup seluruh gerainya di Indonesia pada akhir Juni 2017.

Hal ini membuktikan, bisnis franchise juga bukan bisnis yang mudah meski menyandang nama besar yang telah sukses.Perputaran uang yang keluar dan masuk akan tetap berjalan layaknya usaha pada umumnya, ada untung dan rugi.

Selain itu, masih ada gempuran persaingan yang kuat dari kompetitor. Agar tidak kalah di tengah jalan dan laba terus meningkat, mari kita pahami bersama strategi membangun bisnis franchise.

Fokus Jangka Panjang

Saat memutuskan untuk membeli bisnis franchise, Anda jangan berharap langsung cepat mendapat laba yang berlimpah. Dalam bisnis franchise, jaminan uang banyak bukanlah janji yang pasti.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Siap Hadapi Persaingan MEA

Tingkat popularitas brand tidak ada korelasinya dengan banyaknya uang yang akan diperoleh. Bisnis franchise yang Anda jalani tergantung dari seberapa besar ketekunan bisnis yang dijalani. Oleh karena itu, Anda perlu mengelola uang dengan baik.

Selain itu, ,sebaiknya Anda juga tidak bergantung pada nama besar brand yang sudah populer. Branding tetap dibutuhkan untuk mengembangkan usaha Anda.

Perhatikan Lokasi

lokasi wirausaha yang menguntungkan

Dalam konsep Marketing Mix 4P (Price, Place,Product, Promotion), pemilihan lokasi dalam berjualan harus dijadikan prioritas. Kuncinya dengan memahami pasar yang ada.

Banyak kasus produk franchise tidak laku di tempat keramaian. Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh tidak cermat memahami pasar. Untuk mengevaluasi pasar, Anda membutuhkan waktu setidaknya 6 bulan. Cara ini akan menentukan apakah lokasi yang Anda pilih strategis untuk bisnis franchise.

Perhatikan Konsep Manajemen Franchise

Sebelum memulai bisnis, Anda perlu memahami konsep manajemen yang digunakan oleh franchise yang akan Anda pilih. Bagaimana gaya kepemimpinan pemilik franchise tersebut? Apakahsesuai dengan etos kerja Anda atau tidak?

Baca juga: Pilih Bisnis yang Cocok dengan Kepribadian

Diluar itu, jangan tertarik pada satu merek saja. Cobalah untuk mempertimbangkan brand lain sebelum menentukan yang paling tepat.

Segera Beli Hak Utama

Saat sudah menentukan bisnis franchiseyang diinginkan, disarankan untuk segera membeli hak utama. Cara ini bisa membantu untuk mengontrol persaingan di tempat yang Anda pilih untuk membangun bisnis franchise.

Melalui cara ini Anda akan lebih leluasa dalam mengembangkan bisnis franchise yang lebih sehat dan kompetitif. Namun, untuk melakukan langkah ini, Anda perlu menyiapkan dana yang lebih besar.

Ketahui Biaya Operasional

Anda harus selalu teliti terkait besaran biaya operasional yang digunakan. Biaya operasional bisa dimulai dari biaya pembelian gas, uang bensin untuk belanja, biaya listrik, hingga gaji karyawan.

Anda harus bisa memprediksi jumlah penghasilan yang dijanjikan apakah sesuai dengan biaya operasional yang dibutuhkan.

Peningkatan Pelayanan

Selalu optimalkan usaha Anda dengan terus meningkatkan mutu pelayanan. Ini memberikan nilai mutu dan kualitas yang lebih tinggi tentang Anda di mata konsumen.

Baca juga: Kartu Kredit Punya Fitur Andalan Saat Butuh Dana Tunai Cepat

Terlebih lagi, jika franchise yang Anda pilih sudah tersedia di beberapa kota besar lainnya. Usaha di bawah kendali Anda bisa jadi yang terbaik di antara yang lain.

Berpikir Positif

Berusaha untuk selalu berpikir positif dalam memulai bisnis. Artinya, Anda harus selalu optimis jika bisnis yang dijalankan akan berhasil. Kalau berpikiran negatif maka bisa saja Anda terjebak pada hal-hal negatif.

Lakukan Inovasi

Dalam berbisnis, Anda harus bisa menciptakan inovasi. Inovasi yang digunakan bisa saja dalam pembuatan varian produk baru atau promosi yang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.

Manfaatkan dana pinjaman untuk mengembangkan kreativitas yang mengembangkan usaha Anda.

Baca juga: Pilih Pinjaman Pribadi yang Sesuai Gaji

Nah, sudah semakin jelas cara sukses membangun bisnis franchise, bukan? Kini, sudah saatnya Anda untuk memulai bisnis franchise dari sekarang.

Kuncinya, selalu berusaha untuk konsisten dalam menjalani bisnis ini. Selamat mencoba!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama