Pilih Bisnis yang Cocok dengan Kepribadian

Hobi dan kepribadian seseorang bisa menjadi penentu awal dalam memilih bisnis untuk dijalankan. Sifat apa yang paling kuat di diri Anda dan cari tahu usaha yang tepat!

Setelah bekerja selama bertahun-tahun untuk suatu perusahaan, mungkin memulai usaha sendiri menjadi resolusi tahun baru Anda untuk 2017 ini.

Namun, Anda masih bingung memilih bisnis yang tepat? Pernahkah Anda menimbang untuk memilih bisnis sesuai karakter atau kepribadian Anda?

Temukan Hasrat Dalam Mulai Usaha

Percaya atau tidak, karakter Anda bisa menentukan jenis bisnis untuk Anda. Layaknya memilih jurusan kuliah, apabila mengerjakan sesuatu yang tidak sesuai passion dalam mengerjakannya, semuanya akan terasa berat.

Bukan tidak mungkin pula bisnis yang selama ini banyak berjalan sukses merupakan hasil dari rasa nyaman dan passion sang pemilik.

Jadi, usaha apa yang cocok untuk Anda tekuni? Mari kita telaah bersama, mulai dari mengenal kepribadian Anda.

1. Kreatif

Apabila Anda termasuk orang yang kreatif, Anda mungkin tidak perlu khawatir dalam menentukan bisnis yang ingin Anda mulai

Anda bisa mulai sebagai freelancer yang mahir mengerjakan berbagai hal, lalu kemudian mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar dengan kemampuan Anda.

Bukan tidak mungkin juga, Anda bisa membuat bisnis lebih dari satu dengan kemampuan unik yang Anda miliki.

Kemampuan Anda untuk berpikir kreatif juga bisa membantu menjaga kelangsungan bisnis Anda, misalnya dengan memikirkan jasa atau produk terbaru yang bisa terus memancing minat para pelanggan setia dan membuat bisnis Anda semakin besar di kalangan masyarakat luas.

Contoh bisnis yang bisa Anda jalankan berdasarkan sifat kreatif ini misalnya bisnis kuliner, bisnis desain baju ekfklusif, atau freelance interior designer.

2. Supel

Selain karakter kreatif, orang dengan kepribadian supel bisa mudah akrab dengan banyak orang. Sifat itu sangat membantu dalam membangun suatu bidang usaha.

Sebab, mereka biasanya mampu menjalin interaksi baik dengan banyak orang untuk mencari informasi dan menemukan jaringan rekan kerja, dua hal yang cukup penting untuk memulai bisnis.

Karakter supel akan membawa Anda bertemu banyak orang. Lebih baik lagi, jika Anda ‘melebarkan sayap’ hingga ke beberapa daerah bahkan negara dan menjalin kerjasama dengan mereka.

Ini kan menjadi aset yang sangat berharga untuk memulai bisnis travel Anda sendiri.

3. Pendiam

Apabila Anda termasuk orang yang pendiam, tidak perlu merasa rendah diri untuk memulai bisnis.

Pendiam bukan berarti tidak bisa melihat kesempatan atau tidak pintar dalam menjalankan bisnis, mungkin Anda hanya ingin meminimalisir interaksi dengan orang lain.

Hal ini bisa diakali dengan menjalin kerja sama dengan rekan kerja yang lebih terbuka dan senang mengobrol dengan orang lain, yang akan menjadi pihak yang membantu Anda mencarikan klien.

Beberapa contoh bisnis yang cocok untuk Anda yang kurang nyaman berinteraksi terlalu banyak dengan orang lain adalah beberapa jasa pekerja lepas, seperti penulis, penerjemah, atau ilustrator.

Anda yang hobi mengutak-atik komputer juga bisa menjadi pereparasi komputer. Lagipula bisnis yang sedikit berbeda dari usaha yang sudah banyak tersedia bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda.

4. Romantis

Anda termasuk sebagai seseorang yang romantis? Ini mungkin waktu yang tepat untuk memulai bisnis Anda sendiri.

Anda yang romantis memiliki kemampuan untuk menjadikan sesuatu yang biasa menjadi menarik, karena mereka bisa menemukan keindahan dari hal-hal di sekitar Anda.

Lagipula, sekarang adalah masa-masa generasi muda untuk menyukai hal-hal yang bernuansa cinta dan romantisme, ini bisa menjadi sumber bisnis yang baik untuk Anda.

Saat ini adalah masa anak-anak muda merasa kalau mereka ingin menikah muda, sedangkan untuk yang sudah lebih senior merasa ini adalah saat yang tepat untuk berhenti ‘bertualang’ dan mulai berkeluarga.

Kombinasi gaya hidup dua tingkat usia ini dan jiwa romantis Anda akan menjadi hal menguntungkan bagi Anda.

Cobalah untuk menawarkan jasa sebagai wedding planner, atau bahkan personal shopper untuk kebutuhan pernikahan mereka.

Teman Anda Dalam Berbisnis

Setelah Anda mengenali karakter Anda dan jenis bisnis yang tepat, langkah selanjutnya adalah mencari lokasi dan modal untuk memulainya. Anda perlu memertimbangkan juga darimana dana untuk bisnis baru ini berasal, mungkin dari pemasukan yang selama ini Anda kumpulkan atau dari peminjaman dana.

Banyak bank menyediakan berbagai tawaran peminjaman dana KTA untuk mereka yang ingin memulai bisnis, misalnya HSBC yang menawarkan pinjaman sampai Rp125 juta rdengan bunga mulai dari 14,4% per tahun, atau BNI dengan program BNI Fleksi KTA yang menawarkan pinjaman senilai 100 juta rupiah dengan periode kredit sampai 60 bulan dan bunga mulai dari 10,5% per tahun.

Selamat menikmati bisnis baru Anda!

#BisnisUKM

Baca juga:
Jadi Pengusaha, Harus Berani Beda!
Alvin Tjitrowirjo: Furnitur Lokal Jadi Raja di Tanah Air

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama