Peluang Kerja Perawat yang Menjanjikan Selain di Rumah Sakit

Pendapatan profesi perawat di Indonesia masih tergolong cukup rendah dibandingkan negara lainnya. Namun, ada beberapa peluang pekerjaan menjanjikan bagi perawat selain di rumah sakit.

Pendapatan seorang perawat tidak sebanding dengan jam kerja yang diberikan. Dibalik tuntutan perawat yang tinggi ternyata tidak sebanding dengan gaji dan kesejahteraan perawat. Terutama yang kerja di rumah sakit swasta.

Masih banyak perawat yang bergaji di bawah upah minimum kabupaten/kota (UMK). Mereka saat ini bekerja di rumah sakit, Puskesmas, dan klinik kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta. Berbeda dengan di negara maju, kesejahteraan perawat lebih baik dan terjamin.

Profesi perawat di negara lain menjadi profesi yang dibayar tinggi. Di negara lain seperti Belanda dan Spanyol, mereka diupah paling tidak USD 22 atau Rp 250.000 per jam. Jika dibandingkan di Indonesia, gaji perawat mungkin sekitar Rp3-4 juta per bulan, namun jam kerja dan tuntutan kerja mereka lebih besar dari dokter yang gajinya bisa 10-100 kali lipat dari mereka.

Prospek kerja jurusan Ilmu Keperawatan umumnya memang terfokus pada dunia kesehatan dan bekerja di rumah sakit, Puskesmas, ataupun klinik. Namun sebenarnya, lulusan keperawatan memiliki peluang yang luas untuk menjalani karier, tidak hanya sebatas di lingkungan rumah sakit saja.

Berikut ini adalah empat contoh peluang kerja lainnya yang bisa digeluti oleh perawat.

1. Perawat Homecare

Pelayanan Perawat Home Care belakangan ini sudah menjamur di beberapa negara berkembang. Di Indonesia sendiri, sudah banyak klinik-klinik Home Care di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Namun, nyatanya di lapangan masih kurang minat untuk menjadi Perawat Home Care

Namun, pendapatan yang ditawarkan sangat menjanjikan dan waktu yang relatif lebih fleksibel. Jadi, waktu luang Anda bisa untuk meneruskan jenjang pendidikan, pelatihan atau kursus, karena tidak sesibuk dibanding bekerja di rumah sakit.

Baca juga: 10 Profesi Bergaji Murah di Indonesia, Tapi Mahal di Luar Negeri

2. Medical Representative

Medical representatives adalah petugas lapangan produsen farmasi yang merupakan ujung tombak perusahaan di pasar. Melalui petugas lapangan ini, perusahaan dapat mengetahui keinginan dan tuntutan yang sedang berkembang di dunia kesehatan dan praktisi kedokteran.

Profesi ini bisa menjadi peluang kerja lain bagi lulusan keperawatan. Asalkan Anda memiliki kualifikasi ilmu pemasaran sebagai dasar. Pendapatannya pun terbilang cukup tinggi. Di luar gaji pokok, masih ada tunjangan, uang harian, transportasi, dan komisi.

3. Petugas Asuransi

Dengan memiliki latar belakang di dunia kesehatan, itu menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan perawat untuk bergelut di dunia asuransi. Anda bisa menjadi salah satu staf asurasi seperti bagian klaim.

Pekerjaannya bisa berupa menganalisis klaim mengenai kecelakaan dan kesehatan, hingga membuat laporan klaim yang akurat. Selain itu, mengkaji ulang klaim yang telah diproses oleh bagian analis serta memberikan pandangan medis sebagai dasar untuk memproses suatu kasus.

4. Penulis Buku Kesehatan

Apabila Anda suka menulis atau memiliki kemampuan penulisan yang baik, bekerja di penerbit buku kesehatan dapat menjadi pilihan. Anda akan terlibat dalam semua aspek penulisan dan proses penyuntingan dari sebuah buku teks, publikasi penelitian, dan artikel-artikel lain yang berkaitan erat dengan profesi keperawatan.

Beberapa perawat penulis juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai konsultan bagi acara televisi dan pembuatan film yang berkaitan dengan profesi perawat. Perawat lulusan diploma atau sarjana keperawatan boleh melakoni profesi ini. Selain itu, Anda juga direkomendasikan untuk menjalani pendidikan di bidang kepenulisan.

5. Klinik Kecantikan

Apabila Anda tidak ingin bekerja di rumah sakit, klinik kecantikan dapat menjadi salah satu pilihan. Klinik kecantikan memberikan layanan kesehatan sekaligus kecantikan yang berhubungan dengan membuat penampilan menjadi lebih baik.

Salah satu contohnya adalah perawatan yang dilakukan untuk mencegah penuaan, membuat kulit nampak lebih cerah, dan banyak lagi perawatan lainnya.

Nah melihat beberapa peluang kerja di atas, membuktikan bahwa lulusan perawat tidak hanya bekerja di rumah sakit saja. Anda bisa memilih jenis profesi lain yang masih berkaitan dengan bidang kesehatan.

Baca juga: 8 Profesi yang Tahan Terhadap Krisis Ekonomi

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama