Peluang Bisnis UKM yang Menjanjikan di 2016

Meski berskala kecil, Terjun menjadi pebisnis UKM merupakan langkah awal Anda untuk menjadi wirausaha. Simak ulasan 5 peluang bisnis UKM yang Menjanjikan di 2016.

Usaha kecil menengah (UKM) merupakan salah satu kegiatan perdagangan di Indonesia yang dapat mendongkrak laju pertumbuhan perekonomian. 

Bagi Anda yang menyukai dunia wirausaha, organisasi UKM dapat menjadi sarana bagi para wirausahawan untuk memperkenalkan produk dagang ke pasar. 

Menyambut 2016, apakah Anda sudah siap terjun ke dunia bisnis?

Meski berskala kecil, namun kegiatan perdagangan UKM sangat dilindungi keberadaannya. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: 

“Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat."

Beberapa wilayah biasanya memiliki organisasi UKM untuk dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran produk dan pembinaan sumber daya manusia.

Nah bagi yang sudah mulai merintis bisnis, bergabung di dalam organsisasi UKM sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis berskala kecil. Atau masih bingung untuk menentukan pilihan jenis untuk berwirausaha? 

Berikut ini rekomendasi 5 peluang bisnis UKM yang Menjanjikan di 2016.

1. Kuliner

Bisnis ini tak akan pernah redup. UKM dalam jenis kuliner dapat menjadi beberapa bagian. Seperti, membuat produksi makanan dan minuman ringan, frozen foods, kantin, menu makanan pokok. 

Potensi bisnis ini masih begitu amat menjanjikan, tergantung bagaimana cara memproduksi, mengemas dan mempromosikan dengan cara menarik.

2. Packaging

Begitu banyak menu makanan ringan di pasaran dengan beragam rasa dan keunikan tampilannya. Hadirnya online shop membuat banyak para pebisnis cemilan, menggunakan kemasan yang menarik untuk menarik mata pembeli.

Kemasan sangat menentukan nilai produk sebuah makanan ataupun minuman. 

Memiliki kemampuan desain secara manual ataupun menggunakan software seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, merupakan kesempatan bagi Anda untuk mulai mempertimbangkan bahwa UKM di bidang packaging tengah menjadi bisnis yang menguntungkan.

3. Fashion

Banyak pilihan dalam merintis UKM di sektor bisnis fashion. Mulai dari pakaian, tas, sepatu hingga aksesoris menjadi incaran pria dan wanita. Anda dapat memilih dari beberapa jenis bisnis fashion. 

Dan sebaiknya untuk mengawali langkah pertama, pilihlah satu jenis terlebih dahulu. 

Jika membidik UKM jenis bisnis pakaian, sekedar informasi berikut ini adalah lokasi tempat grosir yang bisa Anda kunjungi untuk wilayah Jakarta, seperti, Pasar Tanah Abang, ITC Mangga Dua, Pasar Cipulir, Pusat Grosir Senen. 

Untuk hal promosi, Anda harus dapat menggunakan dua cara yaitu promosi offline dan online.

4. Jasa Sablon

Ada dua kategori dalam berbisnis sablon. Yaitu secara manual dan digital. UKM jenis jasa sablon merupakan peluang berbisnis yang menjanjikan. Memulai UKM untuk kategori jenis bisnis sablon, bisa memulai untuk membeli mesin sablon digital untuk pemula dengan kisaran harga Rp 4.000.000. 

Bila belum berpengalaman, namun tertarik memilih jenis UKM ini, belilah mesin sablon digital untuk pemula. Biasanya penjual mesin sablon juga akan memberikan waktu training untuk pembeli, agar dapat mempergunakan mesin tersebut.  

Namun apabila ingin melakukan pelatihan sablon manual dan digital, itu akan lebih bagus lagi.

5. Budidaya Ternak Ayam

Tentukan jenis UKM Anda dalam bisnis ternak unggas. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memulai ternak ayam kampung beberapa puluh ekor sebagai permulaan, ini penting dilakukan bisa digunakan sebagai media pembelajaran beternak ayam kampung.

Kegiatan UKM beternak ayam kampung bisa dilakukan sepanjang tahun karena memang permintaan akan ketersediaan ayam kampung cukup stabil, begitupun dengan harganya terus melonjak naik. 

Namun faktor cuaca sangat mempengaruhi kondisi ternak. Bagi pemula, sebaiknya dana yang Anda rogoh cukup bertahap. Jangan berinvestasi besar dalam bisnis ini, sebelum Anda memang sudah mempelajari teknik mengelola ternak ayam yang baik.

Baca Juga: Pengusaha Sukses Berusia Muda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama