Panduan Wiraswasta Sukses Untuk Anak Muda

Dunia usaha semakin menarik minat anak muda. Kini, mereka tak lagi tertarik jadi pegawai, meski terlihat keren dengan jas dan dasi. Anak muda kini pilih tampil keren dengan menjadi wiraswasta.

Jika Anda adalah anak muda dengan karakter berani ambil risiko, tak suka rutinitas, dan suka mencoba tantangan baru, mungkin harus berpikir ulang untuk jadi karyawan. Apalagi, kerja kantoran terpaku pada jam kerja yang telah ditetapkan.

Pada saat bersamaan, ledakan jumlah anak muda dan makin sedikitnya lapangan pekerjaan menciptakan trend wiraswasta di kalangan generasi muda.

panduan anak muda berbisnis franchise sukses

Sadar persaingan menjadi pegawai sangat berat atau dari sananya memang tak berminat jadi pegawai, muncul anak-anak muda kreatif mencari jalan hidupnya sendiri.

Hebatnya, justru banyak dari kelompok ini yang merengkuh sukses dan jadi kaya raya.

Kenali Bakat Wiraswasta

Saat ini, generasi muda usia 20 – 45 tahun saling berlomba jadi wiraswasta. Pilihan bidang usaha yang dijalani pun beragam.

Mulai kuliner, pariwisata, arsitektur, kerajinan (craft), video, film, fotografi, musik, seni pertunjukan atau showbiz, layanan komputer dan piranti lunak (software), televisi dan radio (broadcasting), hingga riset dan pengembangan.

Dunia usaha memerlukan banyak sosok muda dengan ide-ide brilian. Singkat kata, generasi muda yang siap bersaing dalam dunia wirausaha adalah mereka yang mampu think out of the box.

Juaranya adalah mereka yang mampu menciptakan inovasi baru dan mengikuti alur perkembangan teknologi informasi.

Seandainya tak bisa melahirkan ide baru, kesuksesan bisa diraih lewat kepemilikan bisnis franchise (hak waralaba) kreatif.

Contohnya, Velwin Wibowo, pemilik gelar Master di bidang komputer dari Australia yangakhirnya pilih mengelola berbisnis franchise Crepe Signature.

Ia mengambil tantangan alih profesi tersebut dan bertekad menciptakan lapangan kerja. Hasilnya, cuma butuh waktu 3.5 bulan dan Velwin sudah memetik modalnya kembali.

Apa yang menjadi kunci sukses Velwin? Pria yang juga mantan dosen ini jeli dalam melihat peluang. Ia mampu mengenali produk yang memiliki karakteristik unik dan tergolong baru.

Saat itu, crepes adalah jenis kuliner yang belum ada di kota Pontianak yang merupakan domisilinya.

Tips Menjalankan Bisnis Franchise

Bisnis Franchise sukses

Ada begitu banyak brand yang dikembangkan secara franchise. Biasanya, produk dengan brand awareness tinggi yang sudah teruji di pasaran.

Itulah patokan yang harus jadi pertimbangan, apakah sebuah franchise layak dipilih atau tidak. Sebab, orang cenderung membeli produk yang akrab di telinganya.

Meski begitu, beberapa orang juga tidak secara otomatis membeli produk dikarenakan merek. Untuk itu, tetap harus dilakukan upaya-upaya kreatif agar membuat orang-orang tertarik.

Setelah mengambil alih franchise popular, wajib hukumnya bagi Anda untuk membangun kepercayaan konsumen.

Bagaimana caranya? Tak ada pilihan lain, promosi mesti dilakukan sebagai langkah pertama. Handito Joewono selaku Chief Strategy Consultant Arrbey, pernah mengatakan bahwa kunci sukses membangun awareness adalah lewat brand communication.

Setelah brand Anda dikenal luas, langkah kedua adalah mempertahankan ketertarikan konsumen terhadap produk. Terutama, jika Anda bergabung dengan franchise yang belum begitu dikenal.

Ada banyak cara membuat konsumen terus terpikat. Selain menjaga kualitas produk, harus dilakukan berbagai terobosan. Misalnya, kemasan yang unik atau menambah value berbeda terhadap produk tersebut.

Upaya mengikat konsumen dengan ide-ide kreatif tersebut bakal lebih sempurna dibarengi langkah ketiga, yakni memanfaatkan teknologi digital semaksimal mungkin. Di era serba digital seperti sekarang ini, penggunaan social media dinilai sebagai sarana promosi paling efektif.

Selain gratis, promosi bisa dilakukan secara masif, bahkan viral. Para pebisnis sukses saat ini adalah mereka yang mampu mengembangkan strategi promosi melalui social media secara spartan dan pas.

Dalam membangun bisnis, peran karyawan tak bisa dianggap sepele. Pemilihan staf yang loyal dan mampu menjaga kualitas produk jadi syarat mutlak. Ini menjadi langkah keempat yang sifatnya krusial. Jika tidak, masalah justru akan datang dari dalam ‘rumah’ Anda sendiri.

Langkah kelima adalah mengambil hak franchise utama atau memonopoli wilayah. Dengan begitu, Anda akan menjadi satu-satunya pada bisnis yang Anda pilih.

Bahkan, nantinya Anda bisa bertindak sebagai pemilik franchise utama jika ada pemain baru di kawasan sama. Pertimbangan ini, khususnya, berlaku bagi Anda yang memiliki modal besar.

Ukur Kekuatan Modal

bisnis franchise dengan pinjaman KTA

Selain mempelajari detail aplikasi franchise, menakar kekuatan modal adalah paling utama. Itu juga terkait dengan harga lisensi franchise. Waralaba yang sudah tenar tentu ditawarkan dengan harga tinggi. Bagi pemodal kuat, tak jadi masalah.

Jika Anda calon pewaralaba dengan modal kecil, sebaiknya pilih franchise berharga miring tapi memilikiprospek cerah.

Selain itu, Anda harus meyakini jika produk tersebut benar-benar dibutuhkan di kawasan Anda akan membuka usaha.

Pertimbangan lainnya, jika produk tersebut bukan sesuatu yang baru, apakah produk itu memiliki syarat unik dan beda hingga memancing minat konsumen?

KTA Solusi Keuangan

Saat ini, musuh utama anak muda kreatif adalah kesulitan modal. Banyak anak muda terpaksa putar arah kendati memiliki gagasan-gagasan brilian karena alasan ini. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Mengapa tidak menggandeng produk pinjaman bersahabat untuk mendukung segala gagasan bisnis yang Anda miliki? Ingat, kesempatan tak datang dua kali. Keberanian menangkap momentum, itulah kunci sukses.

Standard Chartered Bank KTA pantas dipertimbangkan. Dengan suku bunga flat dan tenor hingga 60 bulan, plafon yang ditawarkan mencapai Rp200 juta. Yang lebih istimewa, dana bisa cair dalam tiga hari asal persyaratan lengkap.

Jika Anda mengajukan aplikasi melalui KreditGoGO akan lebih bersahabat lagi. Bonus powerbank xiaomi 10400 mAh menanti jika aplikasi disetujui. Nah, tunggu apalagi? Sudah siap meraih momen dan jadi pemenang?

#TipsBisnis

Baca juga:
Bisnis Produk Kecantikan, Perlu Tahu Triknya
Pilih Bisnis yang Cocok dengan Kepribadian

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama