Panduan Lebih Kaya 2017

Selamat Tahun Baru 2017! Lebih cemerlang dalam segala hal, terutama finansial, adalah resolusi wajib. Jadi lebih kaya tentu harapan semua orang. Simak panduan ini!

Uang makin tak bernilai di tengah perekonomian yang sulit seperti saat ini. Harga berbagai kebutuhan pokok terkerek naik tak terkendali. Sementara, gaji stagnan. Jika pun naik nilainya tak signifikan dengan lonjakan harga-harga.

“Gaji hanya numpang lewat. Uang mengalir seperti air, sementara berbagai kebutuhan tak bisa ditunda,” demikian keluhan banyak orang.

Uang, memang misterius. Dikejar dia lari, terkadang tak dikejar malah datang sendiri. Begitu pun dalam memenuhi kebutuhan, uang sedikit cukup tetapi uang banyak malah kurang.

Nah, jika sudah begitu tentu ada yang salah dengan keuangan Anda. Mengapa bisa terjadi uang sedikit cukup sementara uang banyak kurang? Berarti ada titik-titik pengeluaran yang harus disaring, bahkan disumbat. Harus segera dilakukan langkah-langkah pengamanan agar perekonomian makin tertata, tahun depan.

Kekayaan Vs Utang

Pertanyaan pertama paling penting adalah apakah selama ini Anda gemar menabung? Artinya, di tengah sulitnya perekonomian dan tingginya kebutuhan, Anda masih mampu menyisihkan penghasilan untuk ditabung. Nah, berapa tabungan Anda hingga pengujung tahun ini?

Setelah itu, data kekayaan Anda seperti rumah, mobil, dan investasi lainnya seperti deposito, emas, dan piranti finansial lainnya. Hitung nilai aset tersebut sesuai pasaran saat ini.

Jangan buru-buru suka cita setelah menghitung kekayaan. Pasalnya, itu bukan kekayaan bersih selama Anda belum menghitung berapa besar utang-utang yang Anda miliki. Segera data seluruh utang, baik kepada perorangan atau pun lembaga kredit seperti KPR, kartu kredit, mobil, dan lainnya.

Simak, apakah track record Anda baik terkait pelunasan utang-utang tersebut? Jika catatan pelunasan segala cicilan itu baik, berarti keuangan Anda cukup baik tahun ini. Tahun depan pun harapan lebih baik terbuka lebar.

Anda boleh lega jika kekayaan bersih Anda masih berada di angka aman setelah menghitung teliti seluruh aset kekayaan dikurangi berbagai utang. Ingat, rasio total cicilan utang yang sehat tidak lebih dari 30% penghasilan. Jika lebih, waktunya Anda harus segera menyiasatinya jika ingin lebih kaya tahun ini.

Evaluasi Berbagai Pengeluaran

Langkah selanjutnya harus dilakukan agar keuangan tak makin amburadul pada 2017 adalah menggelar berbagai evaluasi terkait pengeluaran. Analisa berbagai titik pengeluaran dan seberapa penting pengeluaraan-pengeluaran tersebut bagi Anda dan keluarga.

Simak dengan teliti manakah pengeluaran yang bersifat wajib, sunah, mubah, makruh, bahkan haram. Yang bersifat wajib, tentu tak bisa diganggu gugat, harus dilakukan.

Yang bersifat sunah, harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Demikian juga dengan yang bersifat mubah dan makruh, bisa dilakukan dengan menghitung teliti untung dan rugi jika melakukannya. Sedangkan yang bersifat haram, sudah pasti hukumnya jangan dilakukan!

Dengan konsep berpikir berdasarkan azas manfaat dan mudarat tersebut, niscaya kondisi keuangan Anda tahun depan akan lebih rapi. Jika masih tetap kurang, padahal Anda sudah memangkas berbagai pengeluaran tak perlu, berarti waktunya Anda harus menambah penghasilan. Caranya?

Rintis Usaha, Gandeng KTA

Selain bergantung pada gaji, tak ada pilihan lain Anda harus berani memulai sebuah usaha untuk menutup kekurangan yang ada. Tanya pada diri Anda, kemampuan menonjol apa yang masih bisa dioptimalkan.

Bisa saja membuka les privat jika Anda memiliki kemampuan lebih seperti jago matematika, bahasa Inggris, atau pelajaran lainnya. Atau, Anda bisa mencoba membuka bisnis franchise dengan modal kecil namun banyak dicari orang seperti kuliner.

Kedengarannya konyol jika Anda harus mengambil pinjaman untuk memulai sebuah usaha di tengah situasi finansial yang kurang menguntungkan. Namun, jika benar peruntukan dan dengan perhitungan matang, tak ada salahnya menggandeng produk-produk kredit tanpa agunan (KTA). Toh, ini utang produktif.

Bisa Anda pertimbangkan untuk mengambil HSBC Personal Loan. HSBC tercatat sebagai produk KTA sangat bersahabat. Tak hanya mudah dalam pengajuan, HSBC Personal Loan juga hadir dengan bunga ringan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin merintis usaha untuk menambah penghasilan.

Investasi di Ragam Sektor

Dengan perhitungan tepat dan kontrol usaha yang baik, niscaya usaha yang Anda rintis akan berbuah hasil sesuai harapan. Selain disiplin dalam pengeluaran, Anda juga harus disiplin menyisihkan pendapatan untuk pos-pos penting seperti tabungan dan menyiapkan dana darurat.

Jika Anda termasuk orang yang berani mengambil berbagai risiko dan cerdik menyiasati keuangan, Anda bisa mencoba berinvestasi ke sejumlah instrumen seperti deposito, reksadana, logam mulia, atau bahkan bermain saham.

Selain investasi jangka pendek, Anda bisa berinvestasi ke sejumlah instrumen untuk jangka menengah dan panjang. Ini penting sebagai tabungan Anda di masa depan. Nah, jadilah kaya pada 2017 dan tahun-tahun mendatang. Be brave!

#Finansial

Baca juga:
Tepat Atur Keuangan Saat Unpaid Leave
Gelombang PHK 2016, Rintis Wirausaha 2017

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama