Gaji Pertama, Sebaiknya untuk Apa Saja

Terlalu senang menerima gaji pertama menyebabkan seorang freshgraduate tidak dapat mengontrol pengeluaran. Lalu hal apa saja yang sebaiknya dilakukan dengan gaji pertama?

hand hold wollet

Menerima gaji pertama adalah hal yang istimewa dan merupakan kepuasan tersendiri bagi setiap orang. Namun yang terjadi pada kebanyakan orang ketika menerima gaji pertama adalah cenderung ingin membeli berbagai hal sehingga gaji pertama habis begitu saja tanpa perencanaan.

Membelikan apa yang Anda inginkan dengan gaji pertama memang tidak ada salahnya karena hal tersebut menjadi kepuasan tersendiri. Tetapi selain merayakan jerih payah dari pekerjaan pertama, Anda juga dapat memikirkan strategi untuk megelola keuangan pribadi.

Nah, bagi Anda yang baru saja merasakan gaji pertama, berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan dan tidak dilakukan ketika menerima gaji pertama.

Hal yang Harus Dilakukan

Perencanaan keuangan praktis

1. Membuat Perencanaan

Saat menerima gaji pertama adalah waktu yang tepat untuk belajar menjadi lebih dewasa dalam mengelola keuangan. Anda akan belajar bagaimana bertanggung jawab atas apa yang dimiliki. Buatlah perencanaan keuangan dengan mengidentifikasi seluruh kebutuhan Anda. 

Tentukan skala prioritas dengan berdasarkan pada jenis kebutuhan seperti primer, sekunder, atau tersier. Setelah itu buatlah anggaran rutin bulanan dengan menyisihkan maksimal 60% dari gaji untuk kebutuhan primer seperti transportasi, makanan, atau sewa kamar. 

Dengan belajar membuat perencanaan Anda akan menyadari betapa pentingnya memastikan pengeluaran tidak melebihi pendapatan.

2. Menabung dan Berinvestasi

Lalu setelah membuat perencanaan keuangan, hal berikutnya yang baik dilakukan adalah menabung atau berinvestasi. Biasanya yang terjadi pada kebanyakan orang adalah sering terlena dengan penghasilan yang dimiliki sehingga lupa untuk menabung. 

Padalah itu adalah waktu yang tepat untuk Anda mempersiapkan bekal masa depan. Jadi Anda bisa memulainya dengan menyisihkan 10% dari gaji untuk tabungan. 

Namun secara bertahap Anda bisa meningkatkan persentase tersebut seiring dengan kenaikan pendapatan. Fungsinya tabungan ini bisa digunakan ketika kebutuhan mendesak atau bahkan untuk liburan.

3. Membayar Utang

Membayar utang memang bukan merupakan suatu hal yang menyenangkan tetapi baik dilakukan karena membayar utang dapat memberi Anda kebebasan untuk meraih tujuan finansial. 

Jika Anda tidak memiliki utang, Anda bisa membantu orang tua melunasi beberapa tagihan rumah tangga seperti air ataupun listrik. Ini akan sangat bermanfaat bagi mereka bukan.

4. Belanja Bulanan

Setelah gaji pertama sudah disisihkan untuk ketiga hal diatas, sebagai ucapan syukur terhadap gaji pertama yang diterima Anda juga harus menyisihkannya untuk bersedekah 5 – 10% dari gaji. Dengan bersedekah akan membuka pintu rezeki yang lain, yang tidak akan Anda duga.

Hal yang Harus Dihindarkan

wanita dan belanja

Ada beberapa hal yang sering dilakukan orang ketika mendapatkan gaji pertama, bukan hal yang tidak boleh dilakukan tetapi harus dihindari.

1. Belanja Barang-Barang Mahal

Ketika mendapatkan gaji pertama betapa senangnya Anda bisa membeli barang-barang yang dulu Anda inginkan dengan uang sendiri. Jadi tanpa berfikir panjang Anda langsung memborong baju, tas, aksesoris dan lainnya sampai gajimu habis. 

Anda akan merasa puas tetapi apa yang setelahnya terjadi Anda akan kewalahan karena gaji sudah habis sebelum waktunya. Jadi aturlah perencanaan untuk belanja Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan. 

Prioritaskan yang memang paling diperlukan. Membeli barangpun tidak harus mahal dan bermerk masih banyak barang yang memiliki kualitas bagus walaupun harganya murah.

2. Teraktir Teman

Sebagai perayaan mendapatkan gaji pertama biasanya teman-teman dekat ingin ditraktir makan atau hal lainnya untuk bersenang-senang. Hal ini tidak bisa dipungkiri dalam setiap pertemanan pasti ada saat untuk saling mentraktir. 

Bukan hal ini tidak boleh dilakukan tetapi bisa dihindari, Anda bisa mengalihkan ke kebutuhan bulan berikutnya. Catatlah di rencana anggaran bulanan Anda.

3. Beli Barang Tanpa Pertimbangan

Selain membeli barang-barang mahal beberapa orang juga sering tidak mempertimbangkan dahulu barang yang ingin dibeli ketika mendapatkan gaji pertama. Seperti membeli motor padahal dananya belum mencukupi, kemudian Anda memilih untuk membeli kredit.

Hindarilah mengajukan kredit di saat Anda menerima gaji pertama, jangan langsung terburu-buru pertimbangkan dahulu beberapa hal seperti tipe kendaraannya, besarnya cicilan, dan bunga yang harus dibayar sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika Anda sudah membaca mana hal yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari semoga tidak salah langkah dalam mengatur keuangan ketika menerima gaji pertama yah.

Baca juga: Perencanaan Keuangan bagi Para Lajang

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama