Digital Marketing Mudahkan Strategi Penjual Jaring Konsumen

Dunia digital dan media sosial memegang peranan besar dalam kehidupan, termasuk untuk bisnis. Manfaatkan teknologi ini dengan cermat dan nikmati hasil besarnya untuk bisnis Anda!

Ada satu hal yang nyaris tak luput dari kehidupan sehari-hari, yaitu menjelajah dan memanfaatkan fasilitas di dunia maya. Mulai dari mencari berita, mencari informasi hiburan, bertukar sapa dengan teman dan kerabat. Bahkan, memesan makanan pun sekarang bisa melalui jasa pesan online.

social media marketing strategy

Sekarang memang sudah banyak pengusaha bisnis yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk memasarkan produknya. Salah satu fitur yang digunakan adalah platform media sosial.

Sejauh mana platform ini bisa membantu bisnis, bahkan yang masih baru?

Peran Media Sosial

Berdasarkan data dari We Are Social di tahun 2016, Indonesia memiliki sekitar 88 juta pengguna internet aktif, yang 79 juta di antaranya aktif di media sosial. Dari data ini, hampir 30% di antaranya pernah melakukan transaksi belanja online. Atau setidaknya pernah browsing di online shop.

Dari grafik informasi di atas, menunjukan jika media sosial merupakan salah satu lahan subur untuk menjaring konsumen. Tiga besar media sosial yang terbukti sangat bermanfaat bagi bisnis: Facebook, Instagram, dan Twitter.

Ketiga platform ini tercatat oleh portal Statista menjaring banyak pengguna dari Indonesia, mulai dari usia 16 hingga 35 tahun. Range usia ini termasuk dalam usia produktif yang juga konsumtif.

ecommerce by active mobile user

Pilih Media yang Sesuai Konten

Facebook dan Instagram sangat tepat untuk menjaring pelanggan melalui post bergambar. Calon konsumen bisa melihat produk dan jasa yang ditawarkan. Biasanya, konsumen akan lebih tertarik saat melihat foto yang mengutamakan estetika.

Hal itu pun ditunjukkan dengan tingkat responsif konsumen yang tinggi terhadap produk secara visual. Alhasil, kini Instagram menjadi platform jualan nomor satu.

Bagi penjual, Instagram - yang mengandalkan fitur album foto digital - merupakan bentuk modern sebuah katalog. Mereka dapat dengan mudah mempromosikan produk-produknya secara lengkap dan detail.

Semakin menarik konten penawaran yang ditampilkan, akan semakin banyak konsumen yang datang. Perlu diingat, konsumen cenderung tertark akan jasa dan produk yang akrab dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Di sinilah penjual perlu cermat mengambil foto dan menyusun kalimat untuk caption, sehingga menarik perhatian konsumen. Tidak sedikit konsumen yang langsung scroll ketika melihat caption yang berjualan secara membabi buta.

Sedangkan, Twitter sangat tepat untuk sarana berinteraksi dengan konsumen. Pergerakan di Twitter lebih cepat jika dibandingkan Facebook dan Instagram, sehingga akan lebih cepat bagi penjual untuk terhubung dengan sang konsumen.

Optimalkan Media Sosial

konsumen online shop

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis tahun ini, mulailah dengan mencari tahu lebih banyak mengenai media sosial. Facebook, Twitter, dan Instagram hanya tiga contoh platform yang bisa Anda manfaatkan. Masih banyak platform lain yang juga bisa Anda pelajari, dan bisa cocok dengan target pasar Anda.

Setelah Anda menentukan platform apa yang akan Anda manfaatkan, mulailah memikirkan konsep untuk ‘katalog’ Anda. Dari foto hingga penempatan akun, apakah sebagai teman, mentor, atau yang lainnya.

Gunakan gaya bahasa yang akrab dan jangan terlalu menggurui. Tidak semua pengguna media sosial senang dengan gaya bahasa yang terlalu tinggi, kecuali jika Anda menawarkan berita. Sebagian pengguna media sosial ingin mencari hiburan.

Dalam membangun bisnis online, mungkin Anda tidak membutuhkan biaya sebesar bisnis dengan kantor fisik. Untuk modalnya, jika belum mencukupi, bisa Anda dapatkan dengan mengajukan pinjaman ke bank, dengan jumlah tertentu dan bunga bersaing.

Misalnya Bank Mandiri KTA Payroll, yang akan memberikan pinjaman hingga Rp200 juta selama tiga tahun, dengan suku bunga senilai 11.76% per tahun, dan benefit asuransi jiwa.

ANZ juga memiliki program pinjaman dana dengan jumlah hingga Rp200 juta, yaitu ANZ MoneyLine. Dana pinjaman yang diberikan dalam bentuk kartu, dan jangka panjang sampai lima tahun dengan suku bunga 11.88% per tahun.

Setelah membaca artikel ini, kira-kira platform media sosial mana yang akan Anda pakai untuk membantu meluaskan jaringan konsumen bisnis Anda? Yuk, berbagi pengalaman berjualan melalui media sosial di kolom Komentar di bawah ini!

Baca juga:
Virtual Office, Cara Kerja Baru di Era Digital
Lindungi Bisnis Dari Risiko Bangkrut, Siapkan Hal Ini

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama