Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Kuliah ke luar negeri menjadi impian bagi setiap orang. tetapi jika terkendala dana apa yang harus dilakukan? Mendaftar beasiswa menjadi solusi utama.

Kuliah di luar negeri adalah impian setiap orang, tetapi kadang kendala biaya menjadi hambatan bagi Anda. Salah satu cara yang dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan biaya kuliah adalah dengan memperoleh beasiswa.

Saat ini banyak sekali lembaga atau instansi yang memberikan bantuan berupa beasiswa baik itu dari pemerintah ataupun swasta. Kalau Anda bayangkan, mungkin untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri tidaklah mudah. 

Banyak sekali prosedur dan persyaratan yang harus dilalui. Lalu bagaimana sebetulnya beasiswa itu bisa diraih? Apa yang harus dipersiapkan dan seperti apa langkahnya? Berikut adalah beberapa tips cara mendapat beasiswa sekolah di luar negeri

1. Manfaatkan Bantuan Universitas

Universitas

Cara paling mudah adalah dengan memanfatkan bantuan dari Universitas tempat Anda belajar. Dengan bantuan sekolahmu atau melalui beasiswa yang universitas tersebut sediakan. Anda bisa mencari informasi melalui situs universitas sediakan. 

Ataupun Anda dapat juga menanyakan petugas sekolah dan bidang tata usaha untuk mencari tahu apakah Universitas menyediakan beasiswa yang Anda butuhkan.

2.Cari Informasi dari Kedutaan di Indonesia

Penawaran beasiswa yang paling terpercaya dan secara nominal cukup besar adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah suatu negara. Anda harus rajin mencari informasi, biasanya situs kedutaan besar luar negeri di Indonesia selalu mengupdate program beasiswa ke negara mereka.

Jadi, setelah Anda menentukan negara tujuan belajar, pastikan untuk mengecek website kedutaan negara tersebut di Indonesia. Pastikan juga untuk tidak melewatkan bagian "Scholarship" atau "Grants", di mana di dalamnya biasanya berisi informasi tentang beasiswa yang disediakan untuk pemerintah negara tersebut bagi pelajar Indonesia, lengkap dengan ketentuan dan persyaratan aplikasinya.

3. Persiapkan Sertifikat Bahasa Asing

 Sertifikat Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing yang paling umum adalah bahasa inggris. Untuk bersekolah di negara manapun, Anda pasti memerlukan sertifikat kelancaran berbahasa inggris dalam bentuk IELTS atau TOEFL.

Jika memang anda berniat belajar ke luar negeri, apapun negaranya sertifikat TOEFL atau IELTS wajib dimiliki dan pasti akan berguna. Setelah memiliki sertifikat itu, pastikan juga untuk mengecek persyaratan bahasa di negara anda mengajukan beasiswa.

Beberapa negara seperti Jerman dan Prancis mengharuskan anda untuk memiliki sertifikat standar bahasa mereka seperti ZD untuk bahasa Jerman atau DALF untuk bahasa Prancis.Biasanya, tes-tes tersebut bisa anda ambil di pusat kebudayaan asing di Jakarta dengan membayar sejumlah uang.

4. Pilihlah Bidang yang Paling Dikuasai

Ketika Anda mencarai program beasiswa pastikan Anda melamar beasiswa di bidang yang paling anda kuasai. Sebab kemungkinan untuk sukses memperoleh beasiswa akan lebih besar apabila Anda melamar di bidang yang sebelumnya memang sudah anda kuasai dengan baik.

Sebagai contoh, jika anda adalah mahasiswa S-1 jurusan Ilmu Komunikasi, akan lebih mudah memperoleh beasiswa di disiplin ilmu yang linear seperti Media & Journalism, Public Relation, atau mengambil lagi Ilmu Komunikasi; daripada melamar jurusan yang belum pernah anda pelajari seperti Bisnis atau Manajemen.

Walaupun ada kemungkinan untuk tetap diterima walau jurusan tersebut tidak berhubungan, namun akan lebih aman dan peluangnya akan lebih besar jika Anda mendaftarkan diri ke bidang yang sejenis dengan yang Anda kuasai saat ini.

5. Siapkan CV yang Menarik

 CV yang Menarik

Mempersiapkan curriculum vitae yang berkualitas akan sangat membantu Anda mendapatkan beasiswa. Pelajarilah bagaimana membuat CV dengan format yang baik dan menarik. Jabarkan juga prestasi-prestasi yang pernah Anda raih.

Contohnya seperti pengalaman berorganisasi, pengalaman kerja, pengalaman mengikuti seminar/ event internasional, serta kemampuan berbahasa asing akan menjadi nila tambah. Universitas tentu akan tertarik dengan pelajar yang mempunyai banyak prestasi dan pengalaman.

6. Ketahui Persyaratan Untuk Beasiswa

Beasiswa

Ketika Anda akan mendaftar beasiswa ke luar negeri tentu harus mengetahui dulu apa persyaratan untuk bisa mendapatkan beasiswa ke negara tujuan tersebut. Anda bisa bertanya kepada agen yang mengirim pelajar Indonesia ke luar negeri atau bisa juga dengan melihat langsung persyaratan di website sekolah yang dituju.

Baca juga:  4 Langkah Investasi Reksadana untuk Mahasiswa

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama