8 Profesi yang Tahan Terhadap Krisis Ekonomi

Mencari pekerjaan memang tidak mudah. Ditambah dengan situasi krisis ekonomi saat ini. Berikut adalah daftar pekerjaan yang tahan terhadap krisis ekonomi.

looking for a job

Mencari pekerjaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti persaingan para job seeker, situasi ekonomi negara yang tidak stabil, belum lagi faktor berkepanjangan. Sebab, ada beberapa pekerjaan yang rentan dengan situasi eksternal seperti krisis ekonomi. Jenis pekerjaan seperti ini biasanya tidak bisa bertahan begitu ada krisis.

Dilansir dari CNBC, berikut adalah 8 profesi yang bisa tahan terhadap krisis ekonomi.

Ahli Farmasi

pharmacy apoteker

Selama masih ada orang yang sakit, ahli farmasiakan bertahan lama dan tidak akan terganggu oleh krisis ekonomi. Kebanyakan orang yang sakit tidak cukup hanya dengan istirahat di rumah. Di sinilah peran ahli farmasi sangat dibutuhkan oleh dokter untuk menyiapkan obat yang tepat. Peran dokter hanya akan memberitahukan obat yang tepat, sedangkan ahli farmasi yang meramu dan menyiapkan obatnya.


Ahli Matematika

mathematics expert

Profesi ini sangat menjanjikan. Sebab, seorang ahli matematika sangat dibutuhkan untuk konsultasi di banyak bidang, termasuk komputer dan fisika. Biasanya gaji seorang ahli matematika tidaklah besar, tapi biasanya uang yang dihasilkan dari penelitian cukup besar.

Perencana Keuangan

financial planner

Tak sedikit orang membutuhkan bantuan dari pihak lain untuk berkonsultasi mengenai keuangan. Seorang perencana keuangan akan membantu kliennya untuk mengatur aset, kewajiban, asuransi, investasi bahkan sampai ke dana pensiun dan arus kas. Dengan demikian, ini menjadi garansi bahwa berkarier di perencana keuangan akan bertahan lama.

Akuntan

accounting

Akuntan adalah profesi yang memiliki izin untuk mencari tahu berapa banyak uang yang harus di setor ke pemerintah. Penghasilan seorang akuntan tergantung kepada klien yang ia pegang, berdasarkan kuantitas dan kualitasnya. Namun, selama pemerintah masih menerapkan pajak, pekerjaan ini tidak akan hilang ditelan zaman.

Penulis

writer

Penulis yang siap tahan banting terhadap kritikan biasanya punya masa depan yang cerah. Karena dengan berbagai kritikan tersebut, maka bisa diubah menjadi penyempurnaan tulisan. Ada banyak bidang penulisan yang bisa dilakukan penulis, mulai dari penulis teknikal hingga novel. Semakin kreatif si penulis, maka semakin tinggi bayaran yang diterima.

Programmer

web programmers

Seorang ahli program komputer tidak akan terlalu terpengaruh terhadap krisis ekonomi. Selama komputer masih menjadi bagian dari pekerjaan dan kehidupan umat manusia, maka ahli program komputer selalu dibutuhkan, tidak peduli situasi ekonominya seperti apa.

Guru

beautiful teacher

Memilih karier menjadi seorang guru atau dosen akan mendapatkan kepastian gaji dan stabilitas jangka panjang. Meski karier sebagai guru tidak memberikan kesejahteraan yang cukup, terutama di Indonesia, tapi jika Anda menjadi seorang dosen, itu cukup menjanjikan.

Pekerja Konstruksi

Terlepas dari peran arsitek dan kontraktor, kunci paling penting dalam sebuah pembangunan adalah pekerja konstruksi. Namun, jenis pekerjaan seperti ini cukup rentan terhadap krisis. Jika ekonomi sedang turun, maka pembangunan akan melambat. Namun demikian, tanpa adanya pembangunan gedung baru, tetap saja banyak bangunan yang membutuhkan renovasi dan perawatan. Sehingga, tidak perlu takut untuk kehabisan pekerjaan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama