4 Strategi Rintis Bisnis Camilan Online

Bosan jadi karyawan? Ingin meraup keuntungan manis dari bisnis camilan online? Pastikan 4 Strategi ini sudah ada dalam pikiran dan hati Anda.

Bagi Anda yang selalu menggunakan layanan online shop dalam mencari beragam produk kebutuhan, tentu sudah terbiasa dengan aneka makanan ringan yang bermunculan. Ragam makanan ringan kini menjadi tren usaha yang menggiurkan.

Hal itu terlihat dari banyaknya inovasi para pebisnis makanan ringan dalam membuat cita rasa, kemasan yang menarik dan merek produk yang unik. 

Anda tertarik memulai bisnis makanan ringan? Yuk, mulai atur strategi untuk memulai bisnis camilan online dari hal-hal yang sederhana

# Target market pelanggan

Cobalah melirik dengan membuat perbandingan dari menu-menu ‘ringan’ yang tengah digandrungi di pasar jajanan online. Seperti camilan-camilan dengan berbagai varian rasa, kemasan yang trendy, dan harga yang terjangkau. Dengan begitu Anda dapat lebih mudah menentukan produk makanan ringan yang akan Anda jual.

# Memilih Produk atau Membuat Produk?

Jika Anda belum ada ide untuk menciptakan sebuah produk makanan yang akan dijual, begitu banyak peluang yang ditawarkan para agen makanan ringan yang mencari reseller. Ini merupakan pintu bagi Anda untuk memulai berbisnis. Hal sederhana yang bisa Anda mulai dari tahap ini adalah, memilih produk dari budget yang sudah dipersiapkan.

Anda bisa memulai mencari agen yang menawarkan persyaratan bermitra dengan syarat-syarat yang mudah. Seperti tidak adanya deposit dana, harga ongkos kirim dengan lokasi yang terjangkau dan tentunya produk tersebut memang banyak diminati karena soal rasa dan kualitas produk. 

Jika Anda adalah orang yang memiliki kemampuan dalam memasak, jangan pernah ragu dalam membuat eksperimen membuat produk makanan ringan sebelum hasil kreasi dari dapur Anda rilis.

# Pemasaran dan Promosi yang Menarik

Yup, poin ini akan menentukan seberapa besar keinginan Anda dalam mulai berbisnis. Ini merupakan arena Anda dalam mencari pelanggan. Begitu banyak cara promosi yang bisa Anda bentuk. Mulai dari promosi online dan offline.

Dalam hal promosi online, buatlah deskripsi produk yang lengkap. Seperti bahan baku, sedikit gambaran cara pembuatan, serta harga yang sudah Anda bandingkan terlebih dahulu dengan kompetitor dengan begitu harga yang akan Anda pasang merupakan harga yang mampu bersaing. 

Dalam hal look and mood produk, foto produk sangat menentukan minat pelanggan. Jangan gunakan filter dari aplikasi ponsel untuk sekedar membuat tampilan gambar menarik. Buatlah foto produk yang asli dengan angle dan tatanan yang menarik. 

Disini juga Anda akan berkreasi dalam mencintai produk yang akan Anda jual. Untuk lebih memperkenalkan bisnis Anda, Jangan pelit memberi diskon, karena ini salah satu poin yang buat pelanggan terus melirik produk Anda.

# Pembeli itu Tamu Istimewa

Yup, sambutlah calon pembeli Anda dengan pelayanan yang baik dan cepat tanggap. Begitu banyak kompetitor pada jual-beli online makanan ringan, jadi kecepatan Anda dalam merespon pertanyaan calon pembeli ataupun pelanggan merupakan nilai plus bagi kemantapan bisnis Anda. 

Pastikan packing produk Anda akan aman dalam perjalanan saat proses pengiriman, ini adalah hal yang akan sangat berpengaruh pada kualitas produk makanan ringan Anda hingga sampai ditangan pembeli. Tetaplah menjadikan setiap pembeli Anda adalah tamu istimewa tanpa pilih kasih meski begitu banyak ‘tamu’ yang memesan produk Anda saat area toko online Anda banjir order. Selamat berbisnis!

Baca juga : Entrepreneur Yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama