Yang Mana Ya: Mobil Baru Vs Mobil Seken?

Baru pertama beli mobil? Kita biasanya dihadapkan pada dua pilihan: beli baru atau beli seken? Saran berikut ini kita rangkum agar Anda bisa ambil keputusan.

  1. DP kendaraan baru tinggi? mobil bekas solusinya
  2. Tips memilih kendaraan bekas
  3. Penting! survey sebelum membeli kendaraan bekas

Beli mobil di Indonesia susah-susah gampang. Kenapa? Itu karena transportasi publik kita belum beres. Makanya, pilihan konsumen ya akan beli mobil sebagai pilihan transportasi mereka. Tapi, pajak kendaraan pun serasa di langit ketujuh. Mahalnya pajak kendaraan roda empat ini membuat miris isi dompet sebagian orang.

Bagi sebagian konsumen lainnya, punya mobil adalah keharusan. Apalagi mobil mewah. Gimana coba kalau mau ke pesta keluarga besar pilihannya cuma naik bus umum? Untuk ibu-ibu, sanggul bisa copot ke mana-mana. Untuk bapak-bapak, jasnya yang rapi bisa kotor. Repot kan? Konsumen jenis ini biasanya akan bangga bila punya mobil besar dengan merek terkenal. Mereka selalu servis rutin, bahkan memodifikasi tampilan mobil mewahnya menjadi lebih keren.

Pertanyaannya begini, mana sih yang lebih cocok bagi saya; beli mobil baru atau beli mobil seken? Mana sih yang lebih ekonomis?

Baru Vs Seken

Mobil seken memang belum menjadi pilihan utama orang beli kendaraan roda empat. Tapi coba dipikir dulu, jika Anda beli mobil baru, nilai ekonomi benda itu cepat turun dibanding mobil seken. Tergantung perawatan Anda. Mobil seken bahkan bernilai ekonomi tinggi jika kondisinya masih bagus. Malahan, mobil seken bahkan bernilai lebih ‘mewah’ kalau dirawat secara rutin oleh pemilik sebelumnya. Pastikan kendaraan yang akan Anda jual telah diinspeksi secara fisik, juga riwayat kepemilikan yang jelas/tidak ilegal.

Lakukan juga test drive. Mulai dari mesin hingga ban. Sedikit tips, lakukan test drive dengan menutup semua jendela dan matikan radio. Dengar, apakah ada suara yang mengganggu kinerja mobil tersebut atau tidak.

Kredit Kendaraan Bermotor, DP, dan Asuransi

Jika dimungkinkan, minta izin untuk melakukan pengecekan terhadap mobil Anda dengan mekanik yang Anda pilih. Cek apakah mobil tersebut memiliki potensi kerusakan atau masih mulus. Tanyakan juga perihal asuransi yang ada pada mobil itu.

Jika Anda sudah cocok dengan mobil yang dipilih, cara yang jitu adalah mengajukan aplikasi kredit kendaraan bermotor. Tanyakan secara detail berapa besar DP untuk mobil yang Anda inginkan. Negosiasikan juga besaran cicilan kredit. Cobalah untuk menawar harga dan besaran cicilan yang sesuai keuangan Anda.

So, mana sih yang lebih tepat bagi saya?

Itu tergantung pada Anda. Kedua jenis mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa orang ada yang condong memilih mobil seken. Itu karena memang sesuai keuangan mereka. Namun, jika keuangan Anda memungkinkan, mobil baru pun tidak masalah. 

Di KreditGoGo, kami memberikan opsi yang bisa Anda pilih. Ajukan saja kredit kendaraaan Anda. Tunggu apalagi!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama