Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Bandung

Entah darimana asal-usulnya, namun acara buka bareng ini seakan menjadi tradisi yang enggan hilang dalam setiap bulan puasa. Kami mempunyai tempat-tempat favorit yang bisa Anda kunjungi ketika acara buka puasa bersama.

Wisata Kuliner Bandung

Bukber (buka bareng) di rumah makan, cafe, restoran menjadi menu yang wajib untuk dihadiri ketika bulan puasa tiba oleh umat Islam pada umumnya. Ini juga seringkali dijadikan sebagai ajang reuni mulai dari teman-teman sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, maupun tingkatan universitas. Kegiatan ini memang tidak salah, karena selain akan mempererat tali silahturahmi, ini juga dapat menjadi hobi Anda baru, yaitu wisata kuliner. Ya, siapa sih yang tidak suka makanan, apalagi kita hidup di Indonesia, yang notabene terdapat berjuta rempah-rempah yang dapat meramu berbagai macam kuliner dengan berbagai cita rasa. Maka tak heran bila di Negara kita ini banyak sekali ditemukan berbagai macam makanan yang lezat, dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Bandung

Bandung

Kota Bandung sebagai surga kuliner

Contohnya adalah kota Bandung. Ibukota Jawa Barat itu memiliki berbagai macam kuliner yang sayang jika dilewatkan. Mempunyai aneka ragam makanan yang tak terbatas variasinya, selalu menemukan terebosan baru ketika menciptakan sebuah menu. Sudah tentu Anda ingat Kripik Ma Icih, sebuah snack pedas yang legendaris itu, atau seblak basah. Fyi, seblak pada awalnya adalah sebuah makanan yang hanya dikonsumsi oleh orang yang tidak mampu membeli lauk, namun sekarang keadaannya berubah 180 derajat, makanan itu makin digandrungi oleh masyarakat. Berbuka puasa memang tak ayal sering dijadikan waktu pertemuan sambil menjamu makanan. Rasanya sah-sah saja jika kegiatan ini ada lakukan 3-5 kali dalam bulan Ramadhan. Maka dari itu kami rekomendasikan berbagai macam tempat yang tepat bagi Anda yang berencana untuk buka puasa bersama keluarga, kerabat, maupun teman.

Batagor Riri

Batagor Riri disebut-sebut sebagai salah satu pelopor yang membuat nama Batagor menjadi kondang sebagai kuliner khas kota Bandung. Batagor sendiri merupakan akronim dari Baso Tahu Goreng, jadi tentu isinya adalah baso ikan, tahu, pangsit yang digoreng. Terkenal karena bumbu saus kacangnya yang khas, sehingga tidak ada pedagang yang dapat menyerupai. Oh, iya selain digoreng, batagor ini juga dapat disajikan dengan kuah baso. Hmmm, nikmat.

Batagor Riri

Jika Anda tertarik, bisa mendatangi Batagor Riri di jalan Burangrang No. 41 Bandung. Untuk satu porsi Anda bisa mendapatkan 10 buah batagor atau siomay yang bisa kita pilih sendiri variannya. Kita pun bisa memesannya 1/2 matang, sehingga kita dapat menggorengnya kembali ketika sampai rumah. Tapi ingat, karena tidak menggunakan bahan pengawet, batagor ini hanya tahan 24 jam saja, kecuali jika dimasukkan ke dalam kulkas bisa tahan 3-4 hari. Harga satu buahnya Rp. 7000.

Misbar

Apa jadinya apabila Anda menyantap makanan sambil ditemani tontonan film Indonesia tahun 1970an, seperti Benyamin S, Warkop DKI, sampai action movies Barry Prima, dan Advent bangun. Wah, seru kayanya, maka lebih baik Anda tidak melewatkan Warung Misbar yang terletak di jalan R.E. Martadinata No. 28A, atau lebih ngetop disebut Jl. Riau. Tempatnya juga gampang ditemuin. Konsepnya kayak bioskop zaman baheula, di depannya ada poster-poster ala film jadul ukuran besar. 

Rumah makan ini dibuat konsep seperti warung, sehingga makanannya juga dipilih dan diambil sendiri. Disini terdapat 3 pilihan nasi putih, liwet dan merah, sedangkan untuk lauknya sangat Indonesia sekali, alias aneka olahan daging dan jeroan ayam, sapi, kambing, seafood, ikan asin, tumisan, sayuran, juga gorengan. Anda tidak akan rugi makan disini, karena untuk satu porsi akan menghabiskan sekitar 30.000-50.000 (tergantung dari lauk yang Anda makan). 

Warung Misbar

Zombie Cafe

Anda ingin mencoba makan ditemani mayat-mayat hidup? Datangin saja Zombie Cafe di jalan Braga No. 3 niscaya Anda akan terkejut melihat suasananya yang gelap dan menyeramkan, tapi tetap exicited, karena tempat ini menyediakan makanan yang wajib di icip-icip. Anda wajib mencoba Butterfly Grill Chicken Valdostana dan minuman Zomboni Smoothies yang memang menjadi rekomendasi. Anda pun hanya cukup mengeluarkan kocek tidak lebih dari Rp. 100.000 untuk satu orang saja. Silakan, kakak.

Bebek Garang

Anda penyuka bebek goreng? Maka jangan Anda lewatkan kuliner yang satu ini dari Bebek Garang. Ini dapat menjadi alternatif pilihan Anda apabila sedang menunjungi Bandung. Setidaknya ada 8 menu olahan yang berbeda dengan bahan dasar bebek yang tersaji di tempat makan ini. Salah satunya yang banyak di beli orang adalah Bebek Kagok Negro Bakar, bebek yang dibakar dengan bumbu kecap sehingga menghasilkan sajian bebek bakar yang rasanya cakep dengan bumbu yang merata dan meresap sampai ke bagian paling dalam. 

Harga yang ditawarkan pun untuk bebek ukuran besar adalah Rp. 23.000 dan untuk ukuran sedang adalah Rp. 21.000. Namun, jika Anda lebih menyukai makanan yang digoreng, maka coba saja Bebek 70. Merupakan bebek yang digoreng renyah dengan taburan serundeng di atasnya. Untuk harga, ukuran besar Rp. 23.000 dan sedang Rp. 21.000. Jangan lupa makan dengan sambalnya, ya, karena Bebek Garang pun terkenal pedas.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama