Persiapan Biaya Kuliah Anak 10 Tahun Mendatang

Anda yang baru memiliki keluarga kecil akan merasakan mahalnya biaya pendidikan saat ini. Lalu bagaimana caranya mempersiapkan biaya kuliah anak sepuluh tahun lagi.

Generasi millennial yang sudah menjadi orangtua barangkali merasakan mahalnya biaya pendidikan saat ini. Sebuah survei The Value Education 2015: Learning of Life yang digagas HSBC mencatat, sekitar 47% orangtua di Indonesia mengakui pendidikan saat ini makin mahal.

parents teach childern to save money

Walaupun begitu, sebanyak 96% responden tetap ingin memberikan pendidikan setinggi mungkin bagi anak-anaknya. Kebanyakan anak akan melewati 16 tahun masa sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga lulus kuliah.

Saat menikah dan punya anak, Anda semua tahu bahwa waktunya sudah tiba untuk menyiapkan biaya kuliah anak. Tapi, tidak semua orang bisa melakukannya karena uang yang seharusnya disimpan justru habis untuk susu bayi, biaya masuk playgroup atau kursus bahasa inggris.

graduate from school

Di Indonesia biaya pendidikan itu bisa berubah tinggi tanpa terkendali dan masuk menjadi bisnis. Di Indonesia biaya pendidikan itu mengalami inflasi sekitar 10-15% per tahun. Apabila usia anak pertama Anda saat ini 6 tahun waktu yang tersisa untuk menabung hanya tinggal 10 tahun lagi. Kira-kira apakah cukup hanya sekadar menabung?

“Estimasinya, biaya kuliah saat ini uang pangkal Rp300 juta, Untuk mempersiapkan masuk kuliah 10 tahun mendatang maka dengan inflasi 10% akan dibutuhkan dana Rp1,2 miliar,” jelas Farah Dini, konsultan keuangan dari Janus Financial kepada KreditGoGo.

Yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan biaya kuliah adalah menentukan tempat kuliah. Di dalam atau luar negeri? Karena ini akan menyangkut persiapan biaya. Perlu diperhatikan juga apabila anak itu akan masuk sekolah swasta atau negeri .

Kalau merencanakan sekolah anak ke luar negeri perlu diperhatikan negara tujuannya. Ada beberapa negara seperti Jerman, yang memberikan beasiswa sekolah tetapi ternyata mempunyai biaya hidup lebih mahal. Kalaupun di dalam negeri maka perlu dilihat apakah anak akan tinggal di rumah orang tua atau perlu ke kota lain misalnya untuk kost.

Pentingnya Investasi

Melihat tingginya biaya anak kuliah nanti, karena itu orang tua membutuhkan planning matang agar anak lancar sekolah. Caranya bisa dengan berinvestasi mulai dari sekarang. Untuk jangka pendek 1-2 tahun pilihannya adalah deposito, jangka menengah 3-4 tahun obligasi, dan jangka panjang 5-10 tahun investasi saham.

“Untuk berinvestasi bisa dimulai dengan jumlah kecil saat ini. Jangan sampai tidak mempersiapkan dana dan kebingungan saat anak akan masuk kuliah. Bila saat ini seseorang mempunyai uang Rp1miliar maka dalam 10 tahun mendatang, value uang akan menyusut hanya menjadi Rp385 juta. Karena itu perlu cara akan tetap mengembangkan uang agar untung dan tidak rugi,” jelas Farah.

Pilih Produk Jangka Panjang

Karena kebutuhan biaya ini bersifat jangka panjang, Anda perlu memilih pilihan investasi yang tepat, pilihlah produk yang menghasilkan imbal hasil paling tinggi dengan rentang investasi jangka panjang yakni 10 tahun. Dengan produk investasi long term, Anda juga tidak perlu khawatir dengan gejolak naik-turun nilainya dalam jangka pendek.

Alternatif Lain: Pinjaman Menjadi Solusi Cepat

Melakukan sebuah investasi memang kadang sulit untuk kebanyakan orang, selain itu ada nilai resiko untuk setiap investasi. Apalagi yang bisa menghasilkan imbal hasil cukup besar, Anda harus memiliki pengetahuan dan informasi yang cukup. 

Langkah yang satu ini bisa menjadi alternatif lain untuk mempersiapkan biaya kuliah anak sepuluh tahun mendatang. Pinjaman menjadi pilihan solusi cepat untukmendapatkan dana tambahan, Anda bisa menkombinasikannya dengan deposito berjangka ataupun tabungan.

Pinjaman ini bisa berfungsi untuk dana tambahan memenuhi kenaikan biaya pendidikan. Selama anak masih tumbuh menuju dewasa Anda bisa melakukan investasi minim resiko seperti emas, ataupun properti. Apabila hasilnya setelah sepuluh tahun belum terpenuhi maka Anda bisa mengajukan pinjaman dana tunai seperti KTA dari bank-bank terbaik di Indonesia.

Produk pinjaman KTA yang tepat adalah Standard Chartered KTA, dengan plafon yang cukup besar hingga Rp200 juta tentu akan membantu Anda mempersiapkan biaya kuliah anak. Keunggulan lainnya adalah proses pengajuan yang cepat hanya membutuhkan 3 hari kerja setelah dokumen dan persyaratan lengkap. 

Suku bunga yang rendah dengan metode pembayaran cicilan tetap sehingga debitur tidak diberatkan dengan suku bunga berjalan. Bahkan kredit tanpa agunan (KTA) dari Standard Chartered ini memberikan waktu yang fleksibel untuk jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun.

Pinjaman dana tunai cepat cair dari Standard Chartered KTA dapat menjadi solusi tepat dan cepat untuk membantu mempersiapkan biaya kuliah anak di masa depan. Silahkan ajukan secara online melalui KreditGoGo dan nikmati keuntungan lebih dengan hadiah spesial.

Baca juga:
Dapatkan Dana Tambahan untuk Biaya Pendidikan Anak
Investasi untuk Biaya Pendidikan Anak Dasar dan Menengah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama