Manfaat Online Payment Buat Pengeluaran Lebih Hemat

Pemanfaatan online payment pada jasa transportasi publik terbukti bikin hemat pengeluaran bulanan lho. Mari kita selidiki keuntungan dan pengaruhnya terhadap keuangan Anda.

Permasalahan keuangan tidak akan pernah ada habisnya. Jika tidak pintar berhemat, maka uang Anda bisa habis begitu saja tanpa ada hasilnya.

Sebenarnya, ada banyak cara mudah yang bisa Anda aplikasikan untuk mengatur keuangan. Salah satunya, dengan memanfaatkan online payment.

woman with laptop

Online payment merupakan metode pembayaran yang sifatnyacashless atau sama dengan pembayaran non-tunai.

Metode online payment saat ini sedang marak digunakan, terutama sebagai model pembayaran transportasi online.

Online Payment Pada Layanan Transportasi Online

Bagi Anda para pengguna transportasi online tentunya sudah sangat familiar dengan GrabPay, Go-Pay, dan juga Uber Credit Card.

Beberapa metode online payment tersebut menjadi sistem pembayaran yang dipopulerkan oleh tiga penyedia jasa transportasi online di Indonesia. Meski sama-sama menggunakan online payment, tapi ketiganya memiliki beberapa perbedaan.

go-pay

Go-Pay yang diadopsi Go-Jek bisa digunakan untuk semua pembayaran fitur layanan yang tersedia di dalam apps-nya. Batas nominal saldo yang bisa Anda simpan adalah Rp2 juta.

Untuk mengisi saldo Anda hanya perlu melakukan top-up melalui rekening tabungan konvensional, baik lewat ATM atau mobile banking.

Baca juga: Wah, Asyiknya Menggunakan Uang Elektronik

Cara penambahan saldo tersebut tidak berbeda jauh dengan GrabPay. Namun, Grab juga menerapkan sistem pembayaran lewat kartu kredit seperti yang diaplikasikan terlebih dahulu oleh Uber sebagai opsi pembayaran Anda. Pembayaran lewat kartu kredit ini dihadirkan agarAnda tak perlu khawatir ketika saldo dompet digital Anda habis dan lupa top-up saldo.

Bayar Tunai Lebih Untung dibanding Online Payment?

online payment vs cash

Sebenarnya, Anda justru mendapat benefit yang lebih besar apabila menggunakan online payment. Keuntungan terbesarnyaadalah banyak diskon yang diberikan khusus untuk penggunanya dan tidak diberikan jika Anda melakukan pembayaran cash.

Contoh, Anda yang menikmati jasa ojek dari Go-Jek (Go-Ride) dan Grab (GrabBike) bisa mendapatkan diskon hingga 25%. Potongan harga yang lebih besar lagi, yakni hingga 40%, juga sering diberikanuntuk layanan mobil Go-Car dan GrabCar.

Baca juga: Untungnya Punya Kartu Kredit Lebih Dari Satu

Tak hanya bisa digunakan pada fitur layanan transportasi online, tapi Anda juga bisa memanfaatkan online payment untuk kebutuhan lifestyle yang ada pada fitur layanan pesan antar makanan, salon, hingga belanja.

Fitur-fitur ini tentunya memiliki banyak diskon jika Anda membayar dengan online payment, seperti tidak perlu membayar biaya antar saat memesan makanan dengan Go-Food. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda pun sudah menghemat pengeluaran.

Mungkin Anda dampaknya tidak terlalu Anda rasakan karena nominal uang yang tersisih tidak langsung besar. Akan tetapi, coba akumulasikan selama satu bulan dan hitung berapa banyak keuntungan yang Anda peroleh.

Online Payment Pakai Kartu Kredit

credit card for online shop

Bagi Anda yang memilih metode online payment dengan kartu kredit dibebaskan dari batas maksimum saldo. Saldo Anda akan menyesuaikan dengan limit kartu kredit Anda.

Di luar itu, Anda pun tidak perlu khawatir akan mengalamikekurangan saldo, terutama bagi Anda yang sering lupa top-up isi dompet digital.

Jenis kartu kredit yang bisa digunakan pada online payment ini adalah semua jenis kartu kredit berlogo Visa/ MasterCard. Tetapi, ada beberapa kartu yang memberikan Anda privilege lebih.

Baca juga: Cerdas Atur Pengeluaran Bulanan dengan Sistem 50-30-20

Misalnya, kartu kredit Citibank Rewards Visa Platinum yang point reward­-nya dapat ditukar untuk membayar biaya perjalanan Grab.

Selain Citibank, pemegang kartu kredit Standard Chartered juga bisa mendapatkan cashback 25% untuk transaksi perjalanan dengan Uber.

Sudah menghemat biaya akomodasi sehari-hari, dapat tambahan pemasukan pula.

Pengeluaran Anda setiap bulan pun akan jadi lebih hemat, bukan? Jika Anda sudah merasakan manfaatnya, share pengalaman Anda pada kami melalui kolom komentar di bawah ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama