Jurus Jitu Merencanakan Mudik Lebaran Hemat

Mudik dengan mobil menjadi pilihan banyak orang, dan sering kali memerlukan biaya yang tidak sedikit. Berikut ini tips merencanakan mudik hemat dengan mobil pribadi.

mudik lebaran

Kendaraan pribadi masih jadi pilihan favorit sebagian besar warga DKI Jakarta untuk Mudik Lebaran. Hasil survei yang dilakukan lembaga survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) menyatakan 40,4 persen warga Jakarta menggunakan kendaraan pribadi.

Moda transportasi yang digunakan untuk mudik mobil pribadi 27,9 persen, sepeda motor 10,2 persen, dan mobil sewaan 2,3 persen. Selebihnya, responden menyatakan memilih mudik dengan moda transportasi umum, seperti pesawat terbang, kereta api, bus, dan kapal laut.

Apabilan Anda adalah salah satu yang memilih mobil untuk sarana tranportasi untuk mudik, sebaiknya perhatikan beberapa tips jitu dalam merencanakan mudik Lebaran agar lebih nyaman dan hemat tentunya.

1. Atur Rincian Biaya Perjalanan

Untuk mudik, pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda akan menggunakan mobil pribadi, sebaiknya perhatikan rincian biayanya agar tetap bisa mengontrol budget yang Anda miliki.

Alternatifnya bisa dengan menyisihkan 10 sampai 30% dari pendapatan Anda per bulan, tergantung besarnya pendapatan. Untuk meminimalisir anggaran, rencanakan berapa anggota keluarga yang akan ikut serta, jenis kedaraan yang digunakan, dan hal-hal detail lainnya.

Selain itu diperjalanan nanti, mungkin ada beberapa biaya tidak terduga yang belum Anda persiapkan. Contohnya seperti uang tip, biaya makan, biaya transportasi tambahan dan lain sebagainya. Pastikan rencana biaya perjalanan Anda ditambahkan 10% untuk biaya tidak terduga.

2. Pilih Waktu yang Tepat

arus mudik tinggi

Memilih waktu yang tepat untuk perjalanan mudik Anda akan sangat membantu menghemat biaya dan tenaga. Anda harus memiliki estimasi waktu yang tepat untuk dipilih. Hindari mudik di waktu H-3 sampai H-1 Lebaran.

Pada waktu-waktu tersebut itulah Anda hanya dapat rasa lelah  dan tentunya boros budget. Pilih waktu yang tepat seperti H-5 agar perjalananmu lebih nyaman dan santai.

3. Siapkan Kendaraan dan Fisik yang Prima

Menggunaka mobil pribadi untuk mudik tentunya harus dalam kondisi yang prima. Anda harus melakukan servis terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik, agar meminimalisir mogok atau masalah apapun di jalan.

Jangan sampai performa mesin turun sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi. Atau kendaraan justru mogok di jalan dan memaksa Anda melakukan perbaikan darurat. Biaya bisa lebih membengkak lagi.

Untuk menyambut Lebaran beberapa bengkel mobil juga bisanya memberikan promo service mobil. Ini bisa Anda manfaatkan untuk mengehemat biaya service. Khusus pemilik mobil KIA ada penawaran menarik untuk Anda yang ingin service mobil jelang Lebaran.

Setiap pemilik kendaraan KIA  yang melakukan servis di setiap bengkel resmi KIA di Indonesia selama periode 20 Juni – 31 Juli 2016 akan mendapatkan penawaran khusus, berupa gratis general check-up, diskon 20% untuk jasa perbaikan, diskon 10% untuk pembelian suku cadang, dan oli mesin.

4. Pilih Rute Tercepat

rute mudik tercepat

Untuk mencapai satu wilayah, tidak hanya ada 1 rute yang bisa ditempuh. Tapi ada beberapa rute yang bisa dilalui. Sebelum berangkat, sebaiknya kamu membuka aplikasi peta untuk menentukan rute tercepat serta mana rute yang tidak terkena macet.

Jika Anda salah memilih rute perjalanan bisa saja terjebak macet dan ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Memilih jalur memutar juga menjadi pilihan tepat, sebab bisa jadi dengan jalur memutar lebih cepat sampai daripada jalur yang lurus atau efektif karena mengeliminasi kemacetan. Jadi, pertimbangkan pemilihan rute dengan baik.

5. Menghemat Bahan Bakar dengan Kartu Kredit

hemat bensin

Cara lain untuk menghemat bahan bakar adalah dengan memanfaatkan kartu kredit Anda. Beberapa kartu kredit memberikan penawaran hemat pengisian bahan bakar di SPBU yang sudah bekerjasama.

Berdasarkan rata-rata, Anda bisa menghemat hingga Rp4,2 juta per tahun jika menggunakan beberapa kartu kredit untuk mengisi BBM. Kartu Kredit Danamon memberikan 5% cashback untuk setiap pengisian bensin, setiap 5x pembelian retail dalam sebulan dengan total transaksi minimal Rp100.000.

Kelima tips mudik Lebaran hemat di atas tentunya bisa Anda terapkan dengan mudah untuk merencanakan mudik bersama keluarag tahun ini. Hati-hati dalam berkendaraan dan jaga kondisi tubuh Anda, selamat mudik!

Baca juga:
Mudik Irit dengan Kartu Kredit!
3 Alasan Mudik Lebih Irit dengan Kendaraan Pribadi

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama