Ciri Orang Bijak Adalah Menghemat Pajak

Orang bijak taat bayar pajak. Sesuai dengan slogannya, pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang—sehingga dapat dipaksakan—dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung.

  1. ciri orang bijak adalah menghemat pajak
  2. penting
  3. info

Orang bijak taat bayar pajak. Bukan itu saja. Ciri orang yang taat membayar pajak adalah mampu menghemat pajak. Sesuai dengan slogannya, pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang, sehingga dapat dipaksakan, dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung.

Ini tidak lain bertujuan mengingatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Hal ini penting dalam kehidupan bernegara, khususnya di dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai semua pengeluaran, termasuk pengeluaran pembangunan. Meski dibebani berbagai macam jenis pajak, Anda tidak akan merasa keberatan jika mengetahui salah satu cara untuk menghemat pajak.

1. Bila Anda adalah seseorang yang baru menikah, maka Anda akan mendapatkan pengurangan PPh

Ini dikarenakan besaran pajak yang harus dibayar menyusut, sedangkan take-home pay akan naik. Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) akan naik seiring status pernikahan Anda yang telah berubah. Namun, jika Anda sudah mempunyai anak, itu pun akan kembali berubah.

2. Untuk berhemat, suami dan istri yang sama-sama bekerja disarankan menggabungkan nomor NPWP

Ini akan menihilkan angsuran PPh di setiap bulan. Berdasarkan peraturan perpajakan, setiap individu yang membayar iuran dana pensiun akan mendapatkan fasilitas penundaan pajak. Pemungutan pajak akan tertunda hingga Anda mencairkan dana tersebut.

3. Dana tersebut dapat Anda sisihkan sebagian dari pendapatan bulanan, bonus tahunan, atau tunjangan hari raya

Selain menunda pembayaran pajak, manfaat lainnya adalah Anda telah melaksanakan perencanaan pensiun sejak dini. Untuk meminimalkan kewajiban membayar pajak, Anda dapat menggunakan fasilitas kantor yang bentuknya barang pakai.

Meski begitu, pajak adalah sesuatu hal yang wajib. Anda diwajibkan membayar pajak, karena itu adalah salah satu kewajiban Anda sebagai warga negara Indonesia.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama