Bolehkah Berutang untuk Resepsi Pernikahan?

Resepsi pernikahan lumrah diadakan setelah akad nikah. Pernikahan yang diidamkan-idamkan tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu pun, pasangan muda bahkan rela berutang demi resepsi yang mereka idamkan.

  1. Bolehkah berhutang untuk resepsi pernikahan
  2. Tips

vector wedding expense

Resepsi pernikahan lumrah diadakan setelah akad nikah. Untuk beberapa orang, tentu mereka menginginkan pesta yang meriah karena tak mau melewatkan salah satu momen bersejarah itu.

Lebih dari itu, tidak sedikit dari pasangan muda merogoh kocek dalam-dalam, bahkan hingga rela berutang demi sebuah resepsi yang diidamkan.

Faktanya, pesta pernikahan dapat diadakan sesuai kemampuan finansial masing-masing, bukan memaksakan kehendak untuk mengada-ada agar terlihat kesan mewah. Ini masih bisa dilaksanakan, asalkan dengan kondisi keuangan yang sudah direncanakan secara matang.

vector wedding

Bayangkan jika sebuah resepsi mewah didapatkan dari hasil dengan berutang, pinjaman, dan kredit. Hasilnya, selepas pernikahan, pengantin baru harus dipusingkan dengan pembayaran utang.

Sebagian besar penasihat keuangan, bahkan perencana keuangan sekalipun, tidak menyarankan Anda untuk membuat pesta pernikahan tanpa utang. Namun, jika memang anggaran masih kurang tetapi Anda mampu melunasinya, utang bisa menjadi sahabat yang baik. Berikut beberapa kemungkinan jika Anda ingin mengajukan KTA untuk resepsi pernikahan.

1. Pengajuan nilai KTA jangan terlalu tinggi

2. Pastikan riwayat kredit si kreditur cukup baik

3. Belum memiliki kewajiban lain, sehingga kemampuan mencicil Anda tidak berkurang. Cicilan utang biasanya tidak boleh melebihi 1/3 pendapatan

Untuk mengadakan pesta pernikahan, ukurannya bukanlah dari segi finansial, melainkan mengenai hidup mandiri setelah pernikahan. Berutang untuk resepsi pernikahan? Pernikahan lengkap yang Anda idamkan sebenarnya dapat terwujud, jika Anda mampu mengatur keuangannya.

Boleh saja meminta dana darurat ke bank agar pernikahan tetap berjalan, selama Anda masih mampu membayarnya. Kami pun memiliki beberapa referensi yang mungkin dapat Anda gunakan untuk melakukan pinjaman pribadi. 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!