Ayo Amankan Tabungan Anda

Menabung, sebuah kegiatan untuk menyisihkan pendapatan yang terdengar mudah untuk dilakukan. Namun, terkadang hal ini bisa sangat sulit dipraktekan bila kita tidak mampu mengatur keuangan sendiri.

Amankan tabungan Anda

Pernah mendengar pepatah yang mengatakan “hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin”? Hampir semua orang pasti sudah mengetahuinya. Ungkapan ini berarti apabila kita rajin menabung dan hidup sederhana, maka akan memberikan banyak keuntungan.

Menabung dapat dilakukan setiap saat dan memiliki banyak manfaat. Karena itu, sejak kecil biasanya orang tua sudah mengajarkan hal ini kepada anak-anaknya.

Mengapa begitu? Karena menabung merupakan salah satu cara merancang masa depan anak dan bisa menentukan sikapnya di kemudian hari. Jika rajin melakukan hal tersebut di masa kecil, biasanya seseorang akan memiliki sifat hemat, simpati, dan menghargai apa yang dimilikinya ketika dewasa.

Ayo Menabung!

Sayangnya, bagi segelintir orang, kehadiran barang-barang konsumsi yang bertebaran di mana-mana sering membuat mereka gelap mata. Sehingga melupakan apa yang ia usahakan untuk mendapatkan uang hanya untuk memenuhi hasrat berbelanja.

Hasilnya, mereka hanya membeli barang yang kebanyakan tidak dibutuhkan dalam hidupnya. Bahkan yang lebih parahnya, orang-orang tersebut sampai harus berutang dalam jumlah besar. Tentunya, itu adalah sikap yang benar-benar buruk dalam bidang finansial.

Agar tidak mengalami hal tersebut, mulailah rencanakan keuangan Anda dengan baik dengan cara sebagai berikut.

1. Tentukan target

Maksudnya adalah Anda harus mempunyai keinginan jangka pendek dan panjang. Hal ini dimaksudkan agar uang yang sudah ditabung memiliki target penggunaan yang jelas.

Sebagai contoh, menabung untuk mewujudkan rencana liburan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, dan menyimpan uang yang nantinya akan digunakan sebagai pembayaran DP rumah setelah menikah.

2. Prioritaskan pembayaran utang

Utang adalah salah satu hal yang bisa membuat Anda tidak bisa menabung. Karena sesungguhnya, dua hal ini berbeda dan tidak bisa dilakukan bersamaan.

Karena itulah, bila memiliki tunggakan pembayaran, cepatlah lunasi ya.

3. Tabungan otomatis

Bila kantor Anda memiliki program tabungan melalui potongan gaji, jangan ragu untuk mengikutinya. Sebab hal ini akan berguna di masa depan nanti

Sebagai contoh, perusahaan memiliki program subsidi tabungan pensiun sebesar 5 persen yang berasal dari potongan gaji bulanan untuk dana pensiun. Ikutilah kegiatan tersebut, karena bisa memberikan keuntungan ketika sudah berhenti bekerja.

4. Konsisten dengan program keuangan

Hal ini berhubungan dengan cara nomor satu. Bila sudah merencanakan pengeluaran jangka pendek dan panjang, usahakan untuk tetap konsisten dan tidak keluar dari apa yang sudah dicanangkan.

Periksa jumlah belanja Anda dalam laporan pengeluaran agar jelas penggunaannya.

5. Jauhi sifat konsumtif

Ini dia yang harus diwaspadai, karena sifat konsumtif bisa membuat siapapun menjadi gelap mata menggunakan uang. Jangan mudah tergiur tawaran promo atau diskon yang ujung-ujungnya akan membuat diri kalap berbelanja.

Jangan Boros Dalam berbelanja

Karena itu, utamakanlah belanja barang yang dibutuhkan lebih dulu, baru barang yang diinginkan.

6. Efektifkan pengeluaran Anda

Maksudnya adalah, cobalah untuk tidak menggunakan uang hanya untuk bersenang-senang dan belanja yang hanya memberikan kepuasan semu.

Sebagai contoh, cobalah untuk tidak menghabiskannya untuk makan di restoran mahal. Memang, sah-sah saja bila ingin makan enak di tempat tersebut, namun jangan sampai menyulitkan kondisi finansial sendiri. Makanlah dirumah atau di tempat lain yang lebih murah dan mampu memberikan kepuasan bagi perut Anda namun tidak menghambur-hamburkan banyak duit.

7. Jangan anggap remeh kembalian

Seringkali kita meremehkan duit kembalian karena nilainya yang tidak seberapa. Namun, cobalah untuk menyimpannya di celengan layaknya waktu kita belajar menabung sewaktu kecil.

Setelah setahun, bukalah celengan tersebut dan lihat seberapa banyak jumlahnya. Berapapun hasilnya, uang tersebut bisa dimanfaatkan kembali bukan.

Ingat ya, uang memang mampu memberikan kita kesenangan, namun itu bisa terjadi bila kita mampu memanfaatkannya dengan baik. Karena itu, gunakan sebaik mungkin, karena tidak mudah untuk menghasilkannya.

Jadi, bang bing bung yuuk, kita nabung Sobat.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama