Arisan, Cara Menabung yang Menyenangkan

Arisan menjadi budaya yang umum di Indonesia. Arisan juga bisa menjadi sarana menabung, bagi yang kesulitan mengumpulkan uang arisan menjadi cara yang menyenangkan.

Arisan

Pasti Anda sudah mengenal apa itu arisan, ajang kumpul-kumpul rutin yang sangat popular di Indonesia. Mulai dari ibu-ibu sosialita sampai ibu-ibu rumah tangga. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, arisan mempunyai arti pengumpulan uang atau barang yang nilainya sama oleh beberapa individu yang kemudian diundi secara berkala hingga semua anggota arisan memperolehnya.

Bagi masyarakat Indonesia, kegiatan arisan memang sudah melekat, terutama bagi para kaum wanita. Selain sebagai ajang menjalin silaturahmi, arisan terkadang juga dianggap sebagai bentuk lain dari menabung. 

Arisan dapat diandalkan sebagai wadah perencanaan finansial jangka pendek. Terutama bagi Anda yang baru belajar menabung.

Keuntungan Arisan

Arisan yang berkembang di masyarakat sangat beragam jenisnya, diantaranya ada arisan uang, arisan barang, arisan emas, arisan haji, arisan lebaran dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki keuntungan tersendiri. Tetapi secara umum arisan memiliki keuntungan-keuntungan finansial yang bisa Anda pertimbangkan, berikut ini keuntungannya:

1. Pinjaman tanpa bunga


bayar arisan

Jika yang Anda ikuti adalah arisan dalam bentuk uang tunai dan nama Anda keluar di periode awal arisan artinya Anda sama saja mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Nantinya Anda akan rutin membayar dengan mencicilnya pada bulan-bulan berikutnya.

Hal ini lebih berguna bagi Anda ketimbang harus meminjam di bank atau menggunakan kartu kredit yang diberikan bunga tinggi.

2. Berlatih Menabung

Banyak sekali orang yang sulit menabung walaupun hanya sedikit. Dengan mengikuti arisan Anda sama saja dengan berlatih menabung. Jika tadinya Anda kesulitan mengumpulkan uang dengan arisan menabung jadi lebih menyenangkan.

Melalui arisan, kita diwajibkan menyisihkan sebagian uang kita setiap bulan. Uang tersebut dapat diambil kembali jika kita menang arisan yang dilakukan lewat undian. Ketika arisan dikocok Anda bisa berkumpul bersama-sama dengan teman, keluarga, atau tetangga di lingkungan rumah. Menabung tidak lagi sulit bukan.

3. Ajang Bersosialisasi dan Memperluas Jaringan


Friendship

Arisan merupakan wadah bagi Anda untuk bersosialisasi dan memperluas jaringan. Melalui kegiatan ini Anda akan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Anda bisa menjalin relasi baru, membuka jaringan pertemanan, dan mempererat tali silaturahim bersama para sahabat.

4. Ajang untuk Berbisnis

Anda bisa memanfaatkan arisan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk atau jasa. Tak jarang ada juga yang menjadikan arisan sebagai ajang untuk menjalankan bisnis mereka. Apabila anda mempunyai barang-barang yang bisa dipasarkan, jangan segan untuk membawanya. 

Hal ini sudah sangat umum dilakukan saat arisan berlangsung. Biasanya produk yang ditawarkan berupa pakaian, tas, make-up, pernak-pernik, bahkan alat-alat rumah tangga. Bagi yang bekerja di perusahaan atau lembaga jasa, Anda dapat memberikan penawaran khusus berupa voucher yang tentunya akan sangat digemari para peserta arisan. 

Teman baru bisa jadi klien baru jika Anda memang sedang mengembangkan usaha.

 Ajang untuk Berbisnis

Tips Memilih Arisan yang Tepat

1. Tentukan Tujuan

Ketika mengikuti arisan tetukan dahulu tujuan dari hasil arisan untuk apa. Jika hanya digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, seperti belanja tas, gadget atau pakaian tentunya Anda tidak bisa merasakan manfaatnya hanya sekedar mengumpulkan uang saja.

Tentukanlah tujuan jangka pendek yang lebih bermanfaat seperti menginvestasikan kedalam bentuk deposito atau reksadana. Ataupun seperti target finansial seperti naik haji, beli kendaraan dan lain sebagainya.

2. Pilih Jenis Arisan Sesuai Kemampuan

Bila memang memiliki kemampuan finansial, sebaiknya pilihlah jenis arisan yang menguntungkan. Misalnya, arisan emas atau berlian. Keduanya memiliki nilai investasi meskipun tidak besar. Arisan ini bisa lebih baik daripada arisan uang tunai yang tidak memberikan profit.

Tetapi jika kemampuan Anda minimal jagan memaksakan diri untuk ikut arisan agar terlihat ‘wow. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Misalnya untuk mengantisipasi kebutuhan pokok saat hari raya yang melonjak, Anda bisa mengantisipasi dengan ikut arisan barang.

Jangan memaksakan mengikuti arisan yang di luar kemampuan Anda. Sebab akan berujung menjadi berhutang karena tidak mampu membayar arisan dan gaya hidupnya. Usahakan uang yang disisihkan untuk arisan tidak melebihi dua hingga lima persen dari penghasilan.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Orang Sulit Menabung

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama