9 Negara Tujuan Wisata yang Ramah Kantong

Jalan-jalan ke luar negeri tidak selalu mahal. Karena ada beberapa negara tujuan wisata yang ternyata sangat ramah pengeluaran. Apa saja? Ini dia.

Ingin liburan ke luar negeri tapi anggaran perjalanan yang dimiliki sangat terbatas? Terkadang, ngeceng ala backpacker sering menjadi pilihan para traveler. Masalahnya, biaya hidup di negara tujuan sangat tinggi, sehingga pengeluaran yang harus disiapkan akan sangat tinggi. Namun, tidak semua negeri mempunyai biaya hidup yang mahal, ada juga yang murah untuk urusan itu.

Tidak cuma murah, Lifehack mencatat, terkadang ada beberapa negara yang memberikan kebebasan khusus yang belum tentu ditemui di negara asal. Nah, apa sajakah negara-negara itu? Cekidot!


1. Kolombia

Kolombia merupakan sebuah negara di Amerika Selatan. Di sana terdapat pegunungan Andes yang menjulang tinggi, hutan Amazon yang membentang luas, hingga banyak bangunan berarsitektur ala kolonial. Hal ini tentunya membuat negara ini menjadi salah satu negara yang paling eksotis dan memikat di Amerika Selatan.

Budaya yang ada di Kolombia merupakan hasil penggabungan dari Karibia, Spanyol dan Adat lokal. Makanan di sana juga sangat lezat, dan jangan lupa, bagi Anda para lelaki, wanita-wanita di Kolombia sangat terkenal dengan kecantikannya. Dengan segala keunggulan itu, ternyata, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk hidup di sana.

Lifehack mencatat, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar USD 35.69 atau sekitar Rp 447.000 per hari untuk hidup dsana. Mahal? Tidak juga. Karena situs itu menyebutkan, jumlah itu sudah lebih dari cukup, karena sudah dimasukan dana untuk hiburan.

2. Ekuador

Hampir sama seperti Kolombia, Ekuador adalah salah satu negara di Amerika Selatan yang dikenal memiliki banyak bangunan tua berarsitektur zaman kolonial, mal plaza indah, serta jalan yang berkelok-kelok.

Dari segi alam, negara ini juga tidak jauh berbeda dengan tetangganya itu. Sebab di sana juga terdapat hutan hujan Amazon yang membentang luas dan memiliki gunung berapi yang membuat Anda merasa sedang melakukan petualangan di negeri dongeng. Menurut Lifehack, di Ekuador, hampir setiap kota memiliki banyak hal yang gratis dan murah untuk dilakukan. Seperti tempat wisata, yang rata-rata bebas dikunjungi tanpa memungut biaya apapun.

Untuk masalah biaya hidup, dalam sehari, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar USD28.5 atau sekitar Rp 357.000 per hari. Jumlah itu sudah termasuk makan 3 kali sehari, ongkos jalan-jalan, dan hiburan.

3. Bolivia

Banyak orang mengatakan, Bolivia adalah sebuah negara kecil dengan banyak daerah yang masih sangat tertinggal. Namun, bagi sebagian orang, negara ini justru sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang menyukai petualangan di alam liar.

Mengapa begitu? Seperti yang sudah disebutkan, banyak daerah di Bolivia yang masih sangat tertinggal pembangunannya. Namun, itulah hal yang ternyata diburu para petualang ketika berkunjung ke sana. Karena, negara ini menawarkan berbagai gunung dan puncak yang menjulang serta hutan-hutan lebat yang masih sangat perawan.

Satu hal yang pasti, ada banyak hal gratis di Bolivia, terutama yang berhubungan dengan tempat wisata. Untuk hidup di sana, biaya yang dibutuhkan hanya sekitar USD 23.33 atau sekitar Rp 292.000 per hari. Menurut Lifehack, sebagian besar jumlah itu lebih banyak dikeluarkan untuk makan sebanyak 3 kali sehari. Karena memang harga kebutuhan di sana relatif tinggi.

4. Nikaragua

Negara ini berada di semenanjung Karibia, dan memiliki gunung berapi yang sangat eksotis. Keunggulan utama Nikaragua terdapat pada sektor pariwisatanya, karena di sana terdapat berbagai pantai yang indah. Layaknya negara di Karibia lain, Anda akan sangat menikmati pemandangan laut yang bersih dan angin semilir yang menenangkan ketika berada di sana.

Bila Anda tertarik datang ke sana, siapkanlah uang sebesar USD 43.3 atau sekitar Rp 542.000 untuk kebutuhan per hari di sana. Jumlah itu sebagian besar dibutuhkan untuk biaya penginapan, sementara untuk makanan, harganya bisa dibilang sangat bersahabat.

5. Costa Rica

Satu lagi negara eksotis yang sangat menarik untuk dikunjungi di semenanjung Karibia. Kosta Rika adalah negara yang sangat tepat untuk dikunjungi oleh Anda para penyuka liburan pantai. Anda akan sangat menikmati kegiatan berjalan, berenang, hingga berselancar yang ada di sana.

Berbeda dengan Nikaragua yang mematok harga penginapan lebih tinggi. Di Kosta Rika, harga penginapan relatif terjangkau, namun makan di sana lebih tinggi. Total, biaya yang dibutuhkan tiap harinya berkisar USD 50.99 atau sekitar Rp 637.000. Tertarik untuk ke sana?

6. Rumania

Jalan-jalan di Eropa butuh biaya besar? Tidak semua kok, sebab masih ada beberapa negara di benua itu yang cukup bersahabat untuk dikunjungi wisatawan dengan kocek terbatas. Salah satunya adalah Rumania, negara yang terkenal dengan kastil drakulanya itu memang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kenapa? Sebab di negara ini masih banyak tempat atau daerah yang memiliki bangunan ala zaman abad pertengahan. Di sana juga terdapat bukit-bukit yang sangat hijau dan menarik untuk dikunjungi. Bahkan, banyak wisatawan yang pernah ke sana menyebutkan, kalau Anda ingin menikmati liburan seperti di negeri dongeng, datanglah ke Rumania.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana, biaya untuk memenuhi kebutuhan harian berada di kiasaran USD 38.62 atau Rp 483.000. Cukup rendah untuk ukuran negara Eropa.

7. Albania

Tidak cuma Rumania, negara ini juga cukup direkomendasikan untuk Anda yang ingin berkunjung ke Eropa, namun dengan budget terbatas. Selain biaya hidup yang relatif murah, Albania juga dikenal sarat dengan keindahan alam yang luar biasa. Banyak traveler menyebutkan negara ini sebagai permata kecil di benua biru.

Alasannya, meski memiliki potensi keindahan alam yang menakjubkan, nyatanya belum banyak yang mengenal Albania. Belum banyak orang yang berkunjung ke sana. Sehingga tidak salah kalau dia disebut sebagai permata kecil.

Nah, untuk Anda yang mau ke sana, siapkanlah kocek sebesar USD 40.59 atau Rp 508 ribu untuk hidup sehari-hari di sana. Biaya itu sebagian besar akan jatuh untuk kebutuhan makan.

8. Thailand

Negara ini dikenal dengan keunggulan budaya, sejarah, bangunan, keingahan alam, serta makanan yang luar biasa. Tidak cuma itu, masyarakat di sana juga sangat murah senyum. Dengan segala keunggulan itu, apa kita mesti menyiapkan kocek dalam-dalam untuk datangan ke sana? Tidak.

Karena, untuk kebutuhan sehari-hari, Anda hanya perlu menyiapkan dana sekitar USD 21.69 atau sekitar Rp 272.000. Sangat bersahabat untuk wisatawan berkantong tipis.

9. Indonesia

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, negara yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan berbudget rendah adalah negeri kita sendiri, yaitu Indonesia. Siapa yang bisa menyangkal kalau negara ini memiliki ribuan pulau, ratusan bahasa, pantai yang jernih, serta bentang alam yang luar biasa indah.

Bagi kita orang Indonesia, mungkin sudah hafal dengan destinasi liburan yang murah. Namun, menurut Lifehack, standar hidup sehari-hari untuk liburan di sini berada di kisaran USD 31.06 atau sekitar Rp 389.000. Dengan nilai segitu, Anda sudah bisa puas menikmati liburan di tempat yang diinginkan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama