5 Aktivitas Keluarga yang Ekonomis

Penasaran, bagaimana menghabiskan waktu luang bersama secara ekonomis? Bahkan, Anda hampir tidak keluar uang. Malah, Anda memiliki waktu berkualitas bersama keluarga.

  1. bersepeda di hari minggu
  2. bareng keluarga besar
  3. nikmati lingkungan anda tinggal
  4. great deals
  5. local fun gathering

Aktivitas keluarga yang ekonomis (murah meriah)

Di keluarga, Anda memiliki lima anggota? Dengan anak tiga, mungkin Anda penasaran bagaimana menghabiskan waktu secara berkualitas bersama mereka. Mungkin Anda juga heran bagaimana ya menghabiskan waktu bersama-sama anak agar menjadi berkualitas? Sebagian besar keluarga, dan pada umumnya, akan menghabiskan waktu kebersamaan mereka dengan pergi ke pusat perbelanjaan, taman hiburan, atau bahkan ke kebun binatang dengan naik mobil. Bukan tidak salah untuk bepergian ke tempat-tempat tersebut, tapi umumnya yang dipertanyakan oleh kepala keluarga adalah: berapa biaya transportasinya? Berapa biaya tiket masuk ke kebun binatang? Atau, biasanya sang ibu malah mengeluh, “sudahlah, malah keluar duit kan?! Mending yang dekat-dekat aja. Kan enggak seberapa jauh.”

Nah, pertimbangan utama sebuah keluarga pada umumnya adalah memikirkan terlebih dahulu biaya yang harus dikeluarkan untuk menghabiskan waktu bersama, bahkan sebelum mereka berangkat! Bayangkan! Lucu, bukan?

Sebagai orang tua yang berpenghasilan pas-pasan, Anda sebenarnya jangan merasa ‘berdosa’ tidak bisa mengajak anak-anak pergi bertamasya ke mana mereka mau. Toh, penghasilan Anda memang segitu-segitunya. Jika Anda berpikir positif dan kreatif, sebenarnya ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu kebersamaan Anda dengan istri/suami yang cintai, plus anak-anak Anda. Kegiatan kreatif pun bisa dilakukan dengan anak-anak kita, seperti kita dulu bermain dengan opa dan oma kita. Berikut adalah ide-ide yang bisa Anda terapkan agar tercipta waktu dengan berkualitas juga ekonomis.

Bersepeda di Hari Minggu

Bagi rumah yang jauh seperti di Bekasi, bersepeda di hari Minggu tampaknya harus membawa mobil dan uang bensin agar bisa mendapatkan waktu santai. Tapi, bukan itu yang saya maksud. Jika Anda dan anak-anak punya sepeda masing-masing, coba ajak mereka bersepeda keliling kompleks perumahan. Coba juga ajak mereka bersepeda lebih jauh. Tidak juga harus ke Jalan Jenderal Sudirman. Jika yakin, dan rumah Anda di masih berada cukup dekat ke sana, ajak saja anak Anda ke Car Free Day. Tapi ingat, coba bawa sepeda dari rumah dan tidak bawa mobil. 

Jika anak Anda cukup dewasa, bawa bekal mereka agar tidak lapar di jalan. Bawa saja beberapa rupiah sebagai uang saku untuk berjaga-jaga, tapi bukan untuk dihabiskan. Aktivitas bersepeda ini biasanya menghabiskan waktu cukup lama, sehingga Anda memiliki rentang waktu cukup banyak hanya untuk ngobrol dan diskusi bersama. Di rentang waktu yang lama itu, Anda bisa bawa keranjang piknik dan alas untuk duduk. 

Bawa saja mainan favorit anak. Siapa tahu, jika anak-anak ingin mampir di taman, mereka bisa main sepuasnya. Itu memori yang tak terlupakan bagi mereka. Pulanglah sebelum sore. Kalau Anda mau, pulanglah stelah matahari terbenam. Ajak anak-anak melihat matahari terbenam sambil bersepeda. Lalu, dorong mereka untuk menulis cerita pendek sehari bersama orang tua mereka. Asyik kan!

bersepeda di hari Minggu

Nikmati Lingkungan Anda Tinggal

Kadang ini menjadi masalah bagi orang yang tinggal di daerah kumuh atau perkampungan. Eits, jangan salah! Wilayah ini justru adalah wilayah yang paling bisa memberikan kebahagian untuk bermain. Mengapa? Itu karena wilayah dengan tingkat sosialisasi tinggi biasanya memberikan keleluasaan bagi warganya untuk bercengkerama. Pada dasarnya, di mana pun Anda tinggal, jadikan itu tempat yang menyenangkan bagi seluruh keluarga kecil Anda. Sekadar tips, jika rumah memiliki garasi belakang atau taman belakang, coba tiap akhir pekan nyalakan kembang api atau berkemah untuk anak. Pasti mereka akan suka!

Bareng Keluarga Besar, Tetangga Dekat, atau Komunitas

Keluarga yang tinggal di kompleks pada umumnya punya tetangga dekat yang bisa diajak curhat tentang tamasya. Atau, Anda masih punya keluarga besar yang tinggal tidak jauh dari lokasi rumah Anda sekarang. Ketika mereka berencana pergi sekeluarga, coba ditanya apakah keluarga Anda bisa ikut atau khusus mereka. Sepengalaman saya, keluarga yang lebih makmur pada khususnya memiliki langganan agen perjalanan tersendiri yang sudah mereka percayai. 

Bepergian bersama keluarga besar hanya di dalam kota, kadang bisa menanggung beban biaya secara bersama-sama. Jika keluarga Anda yang mengelola perjalanan itu, usahakan keluarga lain membawa barang konsumsi, dan keluarga lain urus hal transportasi. Atau, jika Anda punya teras yang cukup luas, buatlah acara kumpul bersama keluarga besar di teras rumah Anda. Kumpul bersama di teras menghemat biaya cukup besar jika dibanding sekadar makan di mal atau ke resto. Jika berminat bakar ikan di teras rumah, beli saja dulu di Pasar Ikan Muara Angke Jakarta Utara.

pasar lelang ikan Jakarta Utara

Local Fun Gathering

Coba cari tahu acara kumpul apa yang lagi seru di kota. Di tempat saya tinggal, daerah Kelapa Gading, ada taman bernama Taman Joging. Di Taman Joging, kadang ada acara kumpul publik yang diadakan oleh NGO tertentu. Ikuti saja yang gratis di antaranya. Di sebuah taman publik, Anda bisa lakukan apa saja bersama anak. Bisa naik sepeda. Bisa olahraga. Bisa piknik. Membaca dan menulis karya sastra bersama anak. Apa pun. Di akhir pekan, kadang ada acara musik akustik di beberapa pusat perbelanjaan atau di taman itu. Entah di taman dekat rumah Anda, adakah local fun gathering di sana? Cobalah mencari tahu.

Great Deals

Setiap keluarga pasti mencari harga barang murah, yang bisa terjangkau kocek, dan bisa dibeli dalam jumlah banyak. Di beberapa brosur minimarket lokal, biasanya ada harga yang jika dibeli dalam jumlah banyak, harganya justru lebih murah. Belum ditambah diskon. Tapi maksud saya bukan belanja lho ya! Ini kan aktivitas keluarga yang ekonomis. Misalnya gini, sebuah taman rekreasi air di Jakarta kadang memberikan penawaran harga yang justru jauh lebih irit dibanding ke pusat perbelanjaan. 

Coba ajak sekeluarga, beserta keluarga besar, untuk berwisata air di tempat wisata itu. Bawa pakaian renang dan perlengkapan yang dibutuhkan. Di beberapa mal di Jakarta bahkan kasih gratis bermain untuk anak-anak jika orang tua mereka minum kopi di kedai kopi tertentu. Jika Anda merasa ke pusat perbelanjaan atau mal cukup mahal, coba beraktivitas bermain senjata laser di Laser Game Indonesia. Atau, ajak sekeluarga main boling. Artha Gading Bowling Centre tempat yang bagus untuk keluar duit 100-150-an ribu, dibanding cuma makan di mal. Tidak masalah kan keluar sedikit uang demi bercengkerama dengan keluarga?!?!

Artha Gading Bowling Center

Hal terpenting utama jika Anda ingin bikin aktivitas bareng keluarga secara ekonomis dan hemat, jadilah kreatif! Jangan hanya karena keuangan yang terbatas, sekeluarga jadi tidak mungkin jalan-jalan. Ambillah kamera digital biasa dan naik bus ke Kota Tua. Itu waktu paling berharga Anda bersama keluarga.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama