4 Alasan Mengapa Belanja Bulanan Lebih Untung

Belanja bulanan memiliki beberapa keuntungan salah satunya adalah dapat menekan pengeluaran yang tidak diperlukan dengan memaksimalkan daftar belanja Anda.

Kita sering bertanya-tanya, sebetulnya mana yang lebih menguntungkan belanja secara bulanan atau belanja harian? Sebagian besar masyarakat Indonesia, memanfaatkan waktu awal bulan untuk belanja rutin bulanan. Ada juga yang melalukannya setiap minggu.

Banyak yang bilang dengan belanja setiap hari sesuai kebutuhan akan bisa bikin hemat. Namun ada pula yang bilang belanja sekaligus dalam jumlah besar bisa lebih irit, karena akan dapat diskon dari ritel atau supermarket.

Mungkin kedua opini ini diatas ada benarnya, tidak ada yang bisa diklaim lebih baik. Dan kedua opini tersebut jika dilakukan juga tidak bisa dibilang lebih irit atau hemat. Semua itu tergantung dari bagaimana menata keuangan agar lebih efisien dan tidak boros.

Namun dibawah ini ada beberapa alasan yang bisa disimpulkan jika belanja secara bulanan akan memberikan keuntungan lebih. Berikut ini adalah alasan mengapa belanja bulanan dinilai lebih menguntungkan.

1. Mudah Mengatur Pengeluaran

Khusus bagi karyawan yang mendapatkan penghasilan bulanan keputusan belanja bulanan sesuatu yang wajar. Dengan cara itu Anda menjadi tidak mudah tergoda untuk pergi ke tempat-tempat perbelanjaan sehingga terhindar dari kemungkinan membeli barang yang tidak bermanfaat.

Selain itu dengan belanja bulanan akan memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran. Di Awal bulan Anda dapat menyiapkan anggaran belanja sesuai dengan daftar kebutuhan yang ingin dibeli. Ini karena awal bulan adalah masa-masa dimana gaji masih terkumpul.

Dengan cara demikian, Anda dapat berbelanja barang kebutuhan bulanan selagi uang belum banyak berkurang. Anda sudah menempatkan uang sesuai dengan posnya masing-masing.

2. Mencegah Belanja Berlebihan

Belanja bulanan dilakukan hanya sekali sehingga ini akan mencegah Anda belanja berlebihan. Jika Anda belanja harian maka semakin sering Anda berbelanja semakin banyak produk yang dibeli, termasuk produk-produk yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Belanja bulanan akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran karena frekuensi belanja berkurang dari setiap hari atau seminggu sekali menjadi sebulan sekali.

Jika ingin belanja bulanan buatlah daftar belanja, pastikan Anda sudah memiliki semua daftar kebutuhan yang akan dibeli dan usahakan tidak keluar dari daftar tersebut. Anda harus jeli dalam memilah barang atau bahan yang bisa dibeli bulanan, tidak semua barang atau bahan kebutuhan pokok bisa dibeli sekaligus.

Baca juga: Berbelanja Bijak, Agar Kondisi Keuangan Sehat

3. Banyak Promo yang Bisa Dimanfaatkan

Supermarket atau ritel biasanya memberikan potongan atau diskon bila membeli lebih besar atau banyak. Banyak promo yang bisa Anda manfaatkan jika belanja bulanan dengan membeli produk dengan sistem promo atau diskon dapat menjadi alternatif untuk Anda menghemat biaya belanja bulanan

Perhatikan apakah supermarket favorit Anda sedang melakukan promo atau diskon tertentu, misalnya promo kupon atau voucher belanja gratis jika melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Ataupun promo gratisan seperti beli 2 bungkus susu bubuk 1 kilo, gratis 1 botol sirup. 

Ada juga promo buy one get one, seperti beli 1 bungkus tisu basah isi ulang gratis satu produk yang sama.Untuk mendapatkan promo berikut akan lebih mudah mencapai jumlah nominal tertentu itu jika Anda belanja bulanan daripada belanja harian atau mingguan. 

Misalnya, untuk setiap pembelian di atas Rp 500 ribu dan kelipatannya, maka akan mendapatkan voucher belanja Rp 50 ribu.

4. Harga Jauh Lebih Murah

Dengan memanfaatkan banyak promo diskon dan voucher secara otomatis harganya jauh lebih murah. Anda bisa menghemat jauh lebih banyak dibandingkan belanja harian. Memang bila dilihat membeli borongan dalam jumlah besar sekaligus akan mendapatkan potongan yang lumayan dari supermarket atau ritel.

Kadang bisa mendapatkan bonus, misal belanja lebih 100 ribu akan mendapatkan diskon 10 persen. Belum lagi jika Anda pengguna kartu kredit biasanya banyak program belanja yang bekerja sama dengan kartu kredit.

Berbagai macam promosi dilaksanakan, ada yang mengadakan bersama dengan promo kartu kredit atau debit, maupun promo cashback atau reward poin. Jika Anda memiliki kartu kredit Citibank Cash Back Visa Platinum, Anda dapat memanfaatkannya untuk membayar belanjaan sekaligus mendapatkan diskon atau program promo reward poin maupun cashback.

Belanja bulanan bisa menjadi lebih menguntungkan jika Anda cermat dalam mengatur anggaran dan daftar belanja. Jadi keuntungan didapat bukan pada poin belanja dilakukan bulanan, mingguan ataupun harian tetapi tergantung bagaimana Anda mengatur pengeluaran.

Baca juga: 5 Kartu Member yang Memberikan Kemudahan Belanja

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama